Antara Pagar Rumah yang Nyata dan Ghaib

Antara Pagar Rumah yang Nyata dan Ghaib

Antara Pagar Rumah yang Nyata dan Ghaib
Pada dasarnya fungsi pagar rumah adalah untuk melindungi rumah dari segala hal-hal yang dapat merugikan. Pagar rumah juga berfungsi sebagai pembatas antara area rumah dengan area luar, juga untuk menjaga privasi penghuni rumahnya.

Jadi tujuan memasang pagar nyata dan pagar ghaib pada rumah sebenarnya adalah sama, yaitu untuk menjaga keamanan rumah dari segala bentuk yang dapat merugikan. Namun secara keseluruhan tidaklah sama, karena memang ada perbedaan di antara keduanya.

Terlepas dari percaya atau tidak percaya pada pagar yang bersifat ghaib, namun inilah fenomena yang terjadi pada masyarakat. Bahwasanya pagar ini dibuat sebagai bentuk upaya dari penjagaan keamanan rumah beserta isinya itu memang ada, tentu saja bagi mereka yang mempercayainya. Walaupun zaman memang sudah modern, tapi itulah kenyataannya.


Lalu apakah perbedaan dan persamaan dari kedua pagar itu?

Pagar Nyata ( bukan Ghaib )

Pagar ini dibuat dengan material seperti bangunan pada umumnya, yaitu dapat berupa besi, batu bata, pasir, semen, dan lain-lain. Sehingga dapat dilihat oleh orang biasa, karena yang membuatnya yaitu tukang bangunan.

Ketika pagar dibuat dengan ketinggian tertentu dan tertutup, maka akan berfungsi juga sebagai penjaga privasi penghuni rumah. Karena area di dalam rumah tidak akan terlihat.

Tujuan pemasangan pagar ini adalah sebagai pembatas antara area rumah dengan area luar ( publik / tetangga ), menjaga keamanan area rumah dan untuk memperindah bangunan. Sehingga dapat disesuaikan dengan tema bangunan rumahnya.

Orang yang berniat jahat dapat masuk dan beraksi di dalamnya, besar kemungkinan dapat berhasil dalam aksinya. Begitu juga mahkluk halus juga dapat memasukinya dengan mudah.

Pagar ini dibuat bukan sebagai alat untuk menangkal serangan ghaib.


Pagar Ghaib

Biasanya dibuat dengan menggunakan media tertentu, seperti do'a tertentu atau benda-benda khusus. Yang membuatnya pun adalah orang-orang tertentu yang mempunyai keahlian yang berhubungan dengan hal-hal yang ghaib.

Karena pagar ini adalah pagar ghaib maka tidak dapat terlihat oleh kasat mata, tidak dapat disentuh dan dipegang oleh orang biasa. Jadi memerlukan ilmu khusus untuk dapat melihat, menyentuh, dan memegangnya.

Pagar ghaib bukanlah media yang dijadikan untuk memperindah bangunan, karena memang tak terlihat oleh kasat mata.

Bukan merupakan penjaga privasi penghuni rumah, karena rumah masih tampak oleh orang biasa yang tidak mempunyai niat jahat.

Jadi biasanya orang yang mempunyai niat jahat kadang tidak dapat melihat bangunan rumah, sehingga akan tampak seperti kebun atau hutan misalnya. Dengan demikian kecil kemungkinan jika rumah dapat dimasuki oleh orang yang mempunyai niat tidak baik tersebut, seperti hendak mencuri misalnya. Kalau pun dapat memasukinya, kemungkinan tidak akan berhasil dalam aksinya. Begitulah informasi yang saya dapatkan.

Pagar ini juga berfungsi untuk menangkal serangan ghaib dan masuknya mahkluk halus ke dalam rumah.


Simpulan

Persamaan dari kedua jenis pagar di atas adalah sama-sama untuk menjaga keamanan, namun ada perbedaan seperti dalam hal siapa yang pembuatnya, media untuk membuatnya, cara kerjanya, dan lain-lain.

Itulah beberapa perbedaan dan persamaan dari pagar yang nyata dan ghaib, apa pun jenis pagarnya bukanlah menentukan aman dan tidaknya rumah beserta isinya dari siapa saja yang hendak berbuat tidak baik. Karena yang menentukan semua itu adalah Allah SWT, jadi apa pun jenis pagarnya itu hanya merupakan bentuk usaha kita untuk menjaga keamanan rumah beserta isinya.

Semoga bermanfaat...
Load comments