Pamsimas menjadi Solusi Pemenuhan Kebutuhan Air Bersih bagi Masyarakat

Pamsimas menjadi Solusi Pemenuhan Kebutuhan Air Bersih bagi Masyarakat

Pamsimas menjadi Solusi Pemenuhan Kebutuhan Air Bersih bagi Masyarakat

Air sangat dibutuhkan untuk kelangsungan hidup bagi makhluk hidup di bumi ini. Namun pada daerah tertentu kadang airpun juga sulit untuk didapatkan, apalagi saat musim kemarau. Mereka akan mendapatkan air yang dipasok oleh pemerintah, namun bukankah kebutuhan akan air bersih bukan hanya untuk minum dan memasak saja. Hingga merekapun rela untuk menempuh perjalanan yang jauh untuk mencukupi kebutuhan air bagi keluarga.


Dengan demikian, tercukupinya kebutuhan air bersih bagi masyarakat secara mudah, lancar, murah, dan dengan kualitas air yang baik itu sangatlah penting. Karena memang tidak bisa dipungkiri bahwasanya air adalah merupakan kebutuhan dasar bagi mahkluk hidup yang harus terpenuhi.


Pamsimas yang merupakan kependekan kata dari Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat, program dari pemerintah ini menjadi solusi bagi masyarakat dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan air bersih.


Cara Pembuatan Saluran Air Bersih


Untuk mendapatkan fasilitas ini, maka warga harus memiliki sumber mata air yang akan dijadikan sumber air bersih. Apabila tidak memilikinya, maka harus mencari sumber mata air kemudian membelinya. Yang dimaksud membeli di sini adalah dapat membeli hanya mata airnya saja, jadi tidak beserta lahannya.


Akan tetapi janganlah sembarang memilih mata air, pilihlah yang mempunyai kualitas air yang baik dengan volume yang sekiranya kebutuhan air bersih itu dapat terpenuhi. Atau dengan kata lain, pilihlah mata air yang mempunyai volume yang besar. Agar selain mendapatkan air dengan kualitas yang baik, juga dapat mencukupi kebutuhan air bersih untuk semua warga yang menggunakan fasilitas Pamsimas ini.


Setelah dana tersedia, maka pengerjaan saluran air bersih dapat dilakukan. Yaitu apabila terdapat banyak mata air, maka dibuatlah bak penampung air yang berfungsi untuk menyatukan aliran air yang berasal dari beberapa mata air tersebut.


Sebelum membuat saluran, sebaiknya membuat peta dari pemasangan pipa. Usahakanlah untuk membuatnya selurus mungkin, agar tekanan air benar-benar kuat. Apabila memang harus ada belokan, pada titik belokan pipa tersebut sebaiknya dibuat bak kontrol. Selain berfungsi untuk menjaga tekanan air, bak tersebut juga berfungsi untuk memudahkan perbaikan jika suatu saat saluran air mampet karena adanya kotoran yang menyumbat.


Setelah peta dari rencana pemasang pipa telah jadi maka kemudian pekerjaan selanjutnya adalah memasang pipa yang digunakan untuk mengalirkan air pada bak induk penampung air bersih. Bak induk ini digunakan untuk menampung air yang berasal dari mata air sebelum disalurkan pada konsumen. Selanjutnya adalah memasang pipa untuk mengalirkan air pada konsumen, yaitu dari bak induk menuju pemakainya.


Itulah langkah-langkah dalam membuat saluran air yang berasal dari mata air hingga kepada konsumen. Namun mungkin juga pada tempat lain akan menggunakan cara yang berbeda.


Pengerjaan dengan Cara Gotong Royong


Untuk pengerjaannya dapat dilakukan secara gotong royong, yaitu dengan cara dijadwal. Karena pengerjaan saluran air bersih ini tidak mungkin satu hari dapat terselesaikan. Maka dari itu haruslah dijadwal atau digilir.


Lama pengerjaannya akan sangat dipengaruhi oleh seberapa jauh jarak antara mata air dengan konsumen dari air tersebut dan waktu yang dibutuhkan untuk pengerjaan dari bak penampung juga akan mempengaruhinya.


Maka selain pengerjaan yang dilakukan secara gotong royong dan terjadwal, juga harus ada pembagian tugas antara yang membuat bak penampung air dan memasang pipa salurannya.


Jadi Pamsimas ternyata juga sebagai sarana untuk menumbuhkan gotong royong dalam masyarakat, ini tentunya dapat menambah bilai positif.


Hanya sekedar saran, walaupun pengerjaan dilakukan secara gotong royong namun sebaiknya tetap mempekerjakan beberapa tukang. Karena tidak semua orang mengerti dan paham tentang bagaimana cara membuat bangunan yang baik. Agar sarana air bersih yang dibuat dapat memiliki kualitas yang baik dan dapat dipergunakan secara berkelanjutan.


Semoga bermanfaat...

Load comments