Seharusnya Air Pamsimas dapat Dinikmati secara Merata

Seharusnya Air Pamsimas dapat Dinikmati secara Merata

Seharusnya Air Pamsimas dapat Dinikmati secara Merata

Melanjutkan dari artikel sebelumnya yaitu tentang program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat atau Pamsimas. Dimana telah saya uraikan tentang bagaimana cara pembuatan saluran air bersih dari mulai mata air hingga sampai kepada konsumen.


Maka yang tidak kalah pentingnya adalah bagaimana cara mengelolanya agar Pamsimas tersebut dapat terus digunakan secara berkelanjutan. Sehingga dapat selalu memenuhi akan kebutuhan air bersih dalam masyarakat secara baik. Artinya baik perawatan serta pasokan airnya dapat berjalan dengan baik, lancar, adil, dan merata.


Dengan kata lain, bagaimana caranya agar sarana yang telah dibuat dapat selalu berfungsi dengan baik, sehingga apabila ada kerusakan dapat segera dibenahi. Juga bagaimana agar semua konsumen dapat mendapatkan pasokan air dengan tekanan yang sama besar. Jadi seharusnya air yang diperuntukkan untuk masyarakat itu dapat dinikmati secara merata.


Solusinya adalah dengan memasang peralatan seperti PDAM, yaitu alat yang digunakan untuk mengukur seberapa banyak volume air yang telah digunakan. Kemudian warga diharuskan membayar atas air yang telah digunakannya tersebut. Pada dasarnya adalah sama dengan cara penggunaan fasilitas PDAM, namun tentu saja dengan harga yang jauh lebih murah agar masyarakat tidak terbebani.


Jadi bukan berarti ini akan dijadikan sebagai lahan bisnis, namun semua itu hanya merupakan cara bagaimana agar selalu tersedia dana yang digunakan untuk perawatan, perbaikan, dan biaya operasional dalam rangka pengelolaan dari Pamsimas yang telah ada.


Dan yang lebih penting lagi adalah agar konsumen menggunakan air secara wajar sesuai dengan kebutuhannya, sehingga volume air akan selalu terjaga. Dengan demikian pasokan air akan selalu stabil karena tidak banyak yang terbuang.


Hal ini juga seharusnya dikelola dengan baik dan tidak menggunakan cara konvensional. Jadi seharusnya dikelola dengan SDM yang berkualitas dan didukung oleh peralatan yang memadai. Jadi dalam pengelolaannya menggunakan komputer, tentu saja dengan menggunakan sistem yang sengaja dibuat khusus untuk hal tersebut. Sehingga data-data dapat tersaji dengan cepat dan akurat.


Dengan cara di atas maka konsumen akan mempergunakan air secara wajar sesuai dengan kebutuhannya. Karena akan berbeda jika air dapat digunakan secara gratis dengan sepuasnya. Mungkin warga akan mempergunakan air dengan seenaknya tanpa memperdulikan warga yang lainnya. Bukankah di dunia ini sifat orang berbeda-beda?


Dan yang paling diuntungkan jika digratiskan adalah mereka yang dekat dengan bak induk. Karena mereka akan mendapatkan pasokan air secara penuh, sedangkan konsumen yang terletak paling jauh mungkin akan mendapatkan sedikit pasokan air. Atau mungkin dapat tidak mendapatkan pasokan air sama sekali pada waktu-waktu tertentu.


Sampai pada saat artikel ini ditulis, memang ada perbedaan tentang bagaimana cara kontribusi masyarakat sebagai konsumen dari Pamsimas. Ada yang gratis dan ada yang telah menerapkan cara seperti PDAM dengan harga yang sangat murah.


Menurut informasi yang saya dapatkan, memang belum ada aturan tentang bagaimana cara kontribusi dari konsumen terhadap air yang telah mereka gunakan. Sepertinya hal tersebut memang diserahkan kepada masyarakat.


Jadi hadirnya Pamsimas pada masyarakat sangatlah bermanfaat, apalagi bagi mereka yang selama ini mengalami kesulitan untuk memenuhi kebutuhan air bersih. Namun perlu juga ada pemikiran tentang bagaimana cara pengelolaan yang baik dan profesional, agar dapat digunakan secara berkelanjutan. Karena memang program pengadaan air bersih ini sangatlah baik, itu terbukti dengan manfaat yang telah dirasakan oleh masyarakat sebagai konsumennya.


>

Saran saya, buatlah tandon atau penampung air di rumah agar pemenuhan kebutuhan air untuk keluarga dapat lancar dan terkendali. Namun juga gunakanlah air tersebut dengan bijak, karena warga yang lainnya juga membutuhkannya.


Dan bagi Anda yang sebelumnya telah mempergunakan sumur atau fasilitas dari PDAM, janganlah untuk mematikan sumur tersebut atau memutuskan layanan dari PDAM. Karena apabila suatu saat ada kerusakan atau gangguan yang mengakibatkan air tidak mengalir. Maka Anda masih dapat menggunakan sumur atau layanan PDAM untuk memenuhi kebutuhan air bersih.


>

Semoga bermanfaat...

Load comments