Cara Sederhana Membuat Kran Air Lebih Nyaman Digunakan

Cara Sederhana Membuat Kran Air Lebih Nyaman Digunakan

Cara Sederhana Membuat Kran Air Lebih Nyaman Digunakan

Pelbagai model kran air kini banyak kita jumpai. Disamping dapat memberikan keindahan dengan desainnya, model tertentu juga dapat lebih dapat memberikan kenyamanan ketika digunakan. Tentu saja dengan harga yang berbeda dari model yang biasa untuk mendapatkannya.


Kran dengan model biasa merupakan yang paling umum digunakan oleh masyarakat, mungkin karena lebih mudah untuk mendapatkannya dan tentu saja karena harganya yang lebih murah. Selain itu, juga dapat diaplikasikan dimana saja karena memang bentuknya yang biasa. Namun untuk model tertentu, untuk penerapan pada bangunan hendaknya disesuaikan dengan fungsi, tempat, dan tema dari bangunan itu sendiri.


Misalnya saja untuk kran air dengan model yang melengkung biasanya dipasang pada wastafel, entah itu berfungsi untuk cuci tangan ataupun digunakan sebagai tempat cuci peralatan dapur.


Model ini sepertinya kurang pas apabila diterapkan pada bak kamar mandi, tempat wudu, apalagi tempat cuci kaki yang terletak pada halaman rumah, walaupun sebenarnya juga tidak masalah apabila diterapkan pada tempat-tempat tersebut. Hanya saja akan membutuhkan biaya yang lebih dan terkesan kurang indah.


Dalam hal kenyamanan, memang desain kran air dengan model tertentu sudah semestinya dapat memanjakan penggunanya. Akan tetapi kran air dengan model yang biasa kadang tidak dapat memberikannya. Namun tentu saja tidak semuanya begitu. Hal ini juga akan dipengaruhi oleh kualitas dari produk itu sendiri.


Ketidaknyamanan itu seperti air menyebar kesegala penjuru saat kran dibuka sedikit, jadi air tidak dapat mengalir pada satu titik. Apabila ini terjadi tentu saja dapat membuat basah pakaian Anda.


Mungkin ini terjadi karena adanya tekanan yang kuat oleh arus air, hal ini terbukti ketika kran dibuka secara penuh maka air yang keluar akan sangat kuat dan deras sekali.


Pemasangan yang terlalu dekat dengan dinding juga dapat menjadi faktor yang menyebabkan ketidaknyamanan ketika menggunakannya, karena akan terasa tidak leluasa. Sedangkan jika pipa penghubung antara kran air dengan dinding terlalu panjang, maka juga akan terkesan kurang indah.


Lalu bagaimana agar kran air dengan model yang biasa dapat memberikan kenyamanan ketika digunakan?


Sebenarnya caranya cukup sederhana dan pastinya tidak membutuhkan biaya yang banyak. Cara sederhana yang saya maksud yaitu dengan memasang potongan selang pada kran air, seperti yang tampak pada foto di atas.


Sediakanlah selang yang lubangnya sesuai dengan ukuran kran, silakan potong selang tersebut dengan panjang antara 10 cm - 20 cm (tergantung dari keinginan Anda).


Apabila ukuran selang lebih kecil, untuk dapat memasangnya maka Anda harus memanaskan ujung selang dengan api. Namun jangan sampai terbakar, karena tujuannya agar selang menjadi lentur. Kemudian ketika selang dalam keadaan lentur, segera pasang selang tersebut pada kran dan biarkan hingga suhu kembali seperti semula.


Akan tetapi jika perbedaan ukuran antara selang dengan air terlalu besar maka hal ini juga sulit dilakukan, maka sebaiknya Anda menggunakan selang yang sesuai ukurannya dengan kran airnya. Dan langkah terakhir, jika ingin lebih kuat silakan eratkan dengan menggunakan klem.


Bagaimana mudah bukan?


Dengan cara sederhana yang telah saya uraikan di atas, Anda akan lebih leluasa ketika menggunakan kran air walaupun letaknya terlalu dekat dengan dinding.


Sekarang tidak perlu khawatir lagi pakaian menjadi basah yang disebabkan karena tidak fokusnya aliran air yang keluar dari mulut kran. Kenyamanan lainnya yaitu dapat mengarahkan aliran airnya sesuai dengan kebutuhan Anda.


Semoga bermanfaat...

Load comments