Ayo Kenali Arti Warna pada Rumah Anda

Ayo Kenali Arti Warna pada Rumah Anda

Ayo Kenali Arti Warna pada Rumah Anda

Rumah sepertinya memang tak akan lepas dari pewarnaan, ya karena dengan memberikan satu atau beberapa jenis warna itu untuk membuatnya tampak lebih indah atau untuk memunculkan kesan tertentu pada bangunan. Sehingga dengan begitu pewarnaan ini menjadikannya sesuatu yang teramat penting.


Dalam mewarnai rumah dapat dilakukan dengan cara pengecatan, baik secara dominan maupun dengan adanya penambahan warna aksen.


Sedangkan cara lainnya adalah dengan memilih warna tertentu pada elemen pembentuk ruang, seperti memilih warna tertentu untuk keramik lantai, keramik dinding, kaca, kusen, daun pintu, daun jendela, korden, seprai, furniture, dan lain-lain. Termasuk juga pemilihan warna pada pernak-pernik dekorasi rumah.


Dalam pemilihan warna, baik cat rumah, elemen pembentuk ruang pada rumah, serta pernak-pernik yang dijadikan sebagai dekorasi rumah akan dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti: untuk mengikuti trend, disesuaikan denagn warna favorit, untuk memunculkan kesan tertentu, dan lain-lain.


Faktor-faktor di atas kadang juga belum tentu dapat menjadi pewarnaan yang serasi, karena untuk menyatukannya bukanlah hal yang mudah. Sehingga bisa saja menjadi pewarnaan yang kontras, namun hal itu sebenarnya juga tidaklah mengapa asalkan saja dengan penempatan yang pas dan tidak berlebihan.


Sebagai contoh saat Anda membeli pernak-pernik untuk dekorasi rumah, ini kadang bukan memilih karena warnanya namun karena bentuknya yang Anda sukai. Dengan demikian itu berarti warna bukan menjadi pertimbangan, akan tetapi bentuk dari benda itu yang Anda sukai.


Terlepas dari itu semua, warna tetaplah mempunyai arti yang berbeda-beda antara yang satu dengan yang lainnya. Walaupun dalam pemilihan warna itu ada tujuan maupun tidak ada sama sekali. Jadi apakah arti dari warna yang terdapat pada rumah Anda?


Berikut ini adalah arti dari beberapa warna yang sering diaplikasikan untuk rumah, yaitu:


Putih

Berarti suci, pemilihan warna putih agar rumah tampak bersih dan terang. Warna putih adalah warna yang netral sehingga cocok untuk dipadukan dengan berbagai warna.


Hitam

Berarti tegas dan kuat, warna hitam terkesan simple dan sunyi, namun elegan sehingga cocok untuk diaplikasikan pada rumah yang bertema minimalis. Baik pada tiang, pagar, dan juga teralis. Juga cocok sebagai warna baik pada bingkai foto maupun bagroundnya.


Krem

Berarti kelembutan, biasanya diaplikasikan pada dinding baik eksterior maupun interior. Sehingga cocok untuk ruang untuk berkumpul keluarga serta ruang untuk beristirahat. Warna krem juga baik untuk elemen pembentuk bangunan, seperti pada lantai, korden, sofa, dan lain-lain.


Hijau

Berarti penuh harapan, warna hijau adalah warna alam yang menenangkan dan menyegarkan. Cocok diaplikasikan pada ekserior maupun berbagai ruang di rumah. Namun untuk interior akan lebih baik jika memilih warna hijau muda.


Kuning

Berarti muda, ceria, gembira, dan juga persahabatan. Pemilihan warna ini dapat membuat ruang tampak terang dan ceria. Warna ini juga dapat membuat ruang tampak menjadi luas.


Biru

Berarti kesetiaan, kepercayaan, ketenangan. Dengan sifatnya yang menenangkan itu maka warna ini cocok untuk diaplikasikan pada ruang yang berfungsi sebagai tempat untuk beristirahat. Bukan hanya warna cat dindingnya saja, namun juga cocok untuk diaplikasikan pada elemen pembentuk ruang seperti korden dan seprei misalnya.


Biru juga identik dengan air sehingga dapat diaplikasikan pada kamar mandi, seperti pada warna keramik lantai dan dinding.


Merah

Berarti berani, warna merah akan membuat cerah dan semangat yang membara. Warna ini dapat digunakan sebagai aksen atau garis pada bangunan, sehingga dapat memunculkan kesan tertentu.


Abu-abu

Berarti serius, bisa diandalkan, dan stabil. Warna ini identik dengan alam yaitu batu dan karang. Sehingga cocok untuk pewarnaan pada bangunan yang ingin menonjolkan sifat alami.


Coklat

Berarti kaya dan hangat, biasanya diaplikasikan pada pintu, jendela, dan furniture. Juga cocok diaplikasikan pada elemen pembentuk ruang lainnya yang terbuat dari kayu, kain, dan kulit.


Ungu

Berarti keagungan dan keindahan. Warna ini cocok diaplikasikan pada kamar perempuan, terutama pada elemen pembentuk ruang.


Itulah warna-warna yang biasanya untuk pewarnaan rumah, baik yang diaplikasikan pada warna cat dinding maupun pada elemen pembentuk ruangnya.


Semoga bermanfaat...

Load comments