Cara Basmi Jamur di Lemari Partikel Board dan Mencegahnya Tumbuh Kembali

cara menghilangkankan jamur di lemari pakaian, cara menghilangkan jamur di lemari olympic, cara menghilangkan jamur di lemari partikel board

Lemari pakaian berbahan dasar partikel board banyak menjadi pilihan bagi banyak orang. Di pasaran banyak sekali merek-merek lemari yang terbuat dari partikel board dengan harga dan kualitas yang beragam, namun entah mengapa banyak orang menyebutnya dengan lemari Olympic.

Cara Basmi Jamur di Lemari Partikel Board dan Mencegahnya Tumbuh Kembali

Lemari berbahan kayu olahan ini memiliki model dan warna yang beragam bahkan terkesan modern sehingga dapat menambah estetika pada kamar tidur, harganya juga terjangkau ketimbang lemari pakaian yang terbuat dari kayu solid.

Kayu solid adalah kayu alami, yang digunakan dalam bentuknya yang utuh, termasuk setelah diolah menjadi balok, papan, atau dibubut.

Partikel board adalah papan sejenis triplek yang dibuat dari serpihan-serpihan kayu seperti pecahan kayu, sisa gergajian kayu, atau serbuk kayu yang dipadatkan (dipres) sehingga menjadi papan. Untuk penggunaan pada furniture, biasanya seluruh atau sebagian permukaannya dilapisi vinyl sehingga particle board menjadi lebih kuat dan tahan lama.

Harganya memang lebih murah ketimbang lemari dari kayu solid, namun masalah yang sering ada ketika menggunakan lemari pakaian berbahan partikel board adalah tumbuhnya jamur baik di area luar atau bagian dalam lemari.

Kelembaban mungkin bisa saja menjadi biang kerok dari pertumbuhan jamur di lemari pakaian itu, namun sepertinya pertumbuhan jamur juga dipengaruhi oleh kualitas produk. Semakin berkualitas kemungkinan lemari tak mudah ditumbuhi jamur.

Apapun penyebabnya, hadirnya jamur-jamur di lemari pakaian perlu segera diatasi dan dicegah agar sebisa mungkin tidak tumbuh kembali. Jika dibiarkan tentu dapat menjadi masalah yang serius, mulai pemandangan yang tak nyaman, merusak pakaian, hingga bagi sebagian orang mungkin dapat mempengaruhi kesehatan.

Tips cara menghilangkan dan membasmi jamur di lemari pakaian partikel board

Cara Basmi Jamur di Lemari Partikel Board dan Mencegahnya Tumbuh Kembali

Meletakkan kamper atau kapur barus di dalam lemari

Bersihkan dahulu jamur yang ada di lemari, lalu letakkan kamper atau kapur barus di dalam lemari. Selain dapat mencegah pertumbuhan jamur, kamper atau kapur barus dapat mengharumkan lemari loh!

Mengoleskan alkohol 70% pada permukaan lemari

Alkohol 70% merupakan cairan yang dapat berfungsi sebagai antiseptik maupun disinfektan untuk membunuh atau menghambat pertumbuhan jamur dan bakteri pada kulit, membersihkan luka, membersihkan alat-alat medis, menghilangkan bau sepatu, dan sebagainya.

Untuk menghilangkan jamur pada lemari, bersihkan terlebih dahulu jamur yang ada di lemari lalu oleskan secara merata pada permukaan lemari khususnya yang ditumbuhi jamur. Caranya teteskan alkohol 70% pada kapas, lalu oleskan pada permukaan atau sisi-sisi lemari.

Menggunakan obat pembersih dan penghilang jamur kayu

Menggunakan produk yang memang diformulasikan membersihkan dan menghilangkan jamur kayu sepertinya lebih efektif untuk membasmi jamur yang tumbuh di lemari partikel board.

Seperti Seroxil Wood Clean and Polish misalnya, produk ini difromulasikan untuk membersihkan debu, kotoran, noda, serta jamur pada kayu gergajian dan mebel. Formula khususnya bukan hanya dapat membasmi jamur, namun juga efektif membersihkan sekaligus mengkilapkan produk-produk dari semua finishing furniture kayu.

Cara Basmi Jamur di Lemari Partikel Board dan Mencegahnya Tumbuh Kembali

Cek harga di Shopee

Cek Harga

Seroxil Wood Clean and Polish dapat diaplikasikan pada berbagai jenis perabot rumah yang terbuat dari kayu seperti lemari, pintu, meja, kursi, tempat tidur, rak buku, dan sebagainya.

Cara penggunaannya cukup mudah, anda hanya perlu menyemprotkannya pada permukaan lemari yang ditumbuhi jamur dari jarak sekitar 10 cm kemudian seka menggunakan lap lembut dan kering. Untuk pencegahan sebaiknya aplikasikan pada seluruh permukaan lemari.

Melapisi permukaan lemari menggunakan pernis

Pernis biasanya digunakan pada tahap akhir dalam pembuatan furniture berbahan kayu solid. Nah ternyata pernis tersebut terbukti dapat mencegah dan menghilangkan jamur pada lemari berbahan partikel board, bahkan penggunaan pernis ini dapat mempercantik tampilan lemari hingga tampak seperti baru lagi loh!

Cara Basmi Jamur di Lemari Partikel Board dan Mencegahnya Tumbuh Kembali

Cek harga di Shopee

Cek Harga

Cara Mencegah Jamur Tumbuh Kembali di Lemari Pakaian Partikel Board

Sirkulasi udara yang lancar belum tentu dapat menjamin jamur tidak tumbuh kembali pada lemari partikel board, karena kualitas produk juga memiliki peranan terhadap munculnya jamur.

Nah untuk mencegah jamur agar tak datang kembali, anda dapat membersihkan lemari menggunakan produk yang diformulasikan untuk membersihkan dan menghilangkan jamur kayu seperti Seroxil Wood Clean and Polish misalnya. Setelah itu lapisi permukaan lemari menggunakan pernis secara merata, lalu letakkan kamper atau kapur barus di dalam lemari.

Semoga bermanfaat...

Baca juga :
Menulis dan berbagi sesuatu yang dapat bermanfaat itu menyenangkan.