Nama-Nama Papan Sejenis Triplek

Nama-nama papan sejenis triplek untuk bangunan, furniture, kerajinan yaitu multipleks, blockboard, melaminto, particle board, MDF, dan teakblock.
Nama-Nama Papan Sejenis Triplek

Triplek yang dikenal juga dengan nama kayu lapis atau disebut juga plywood merupakan material berbentuk papan kayu dibuat dari tumpukan lembaran sayatan atau serutan kayu atau yang disebut dengan nama Vinir (veneer), direkatkan menggunakan lem khusus dan dipres dengan tekanan tinggi kemudian dikeringkan lalu dipotong dengan ukuran tertentu sesuai yang diinginkan.

Triplek merupakan material pabrikan serba guna yang sering dimanfaatkan untuk bangunan, furniture, kerajinan, dan masih banyak lagi keperluan lainnya.

Dalam upaya peningkatan daya guna papan triplek, dewasa ini tercipta produk-produk sejenis papan triplek namun dengan karakteristik berbeda sehingga pemanfaatannya juga berbeda.

Bahan dasar yang digunakan juga semakin berkembang sehingga bukan hanya memberi lapisan triplek menggunakan melamin atau sintetis saja, tetapi benar-benar ada yang menggunakan bahan dasar berbeda seperti menggunakan serbuk kayu misalnya.

Berikut macam-macam papan sejenis triplek yang ada di pasaran:

MULTIPLEKS

Merupakan papan yang berbahan dasar kulit kayu yang disusun secara berlapis-lapis dan direkatkan, kemudian dipres dengan tekanan tinggi.

Multipleks memiliki tekstur yang rapat, berpori-pori kecil, kuat, dan tahan air, sehingga dengan perawatan yang baik akan membuatnya awet hingga bertahun-tahun.

Nama-Nama Papan Sejenis Triplek

BLOCKBOARD

Triplek jenis ini terbuat dari 3 susunan yaitu lapisan luar menggunakan vinir sedangkan tengah terdiri dari balok-balok kayu lunak, lapisan dalam lebih tebal daripada lapisan luar.

Untuk lapisan tengahnya, biasanya menggunakan kayu akasia atau meranti, jadi untuk bagian tengahnya diisi dengan potongan kayu bukan lembaran papan seperti vinir (venner).

Ketiga lapisan itu disusun menjadi satu dan dipres, sehingga terbentuklah lembaran papan.

Papan triplek jenis blockboard ini cocok digunakan untuk pembuatan furniture atau kitchen set.

MELAMINTO

Nama-Nama Papan Sejenis Triplek

Merupakan papan sejenis triplek yang sering digunakan untuk mempercantik tampilan papan kayu maka sering disebut juga dengan decorative plywood.

Permukaannya dilapisi kombinasi melamin dan polyester, sehingga memiliki tekstur permukaan yang halus dan licin.

Bukan hanya dibuat untuk melapisi dinding dan untuk membuat papan tulis saja, tetapi juga diaplikasikan untuk furniture dan kitchen set.

PARTICLE BOARD / LOW DENSTIY FIBERBOARD (LDF)

Nama-Nama Papan Sejenis Triplek

Merupakan papan sejenis triplek yang dibuat dari serpihan-serpihan kayu seperti pecahan kayu, sisa gergajian kayu, atau serbuk kayu yang dipadatkan (dipres) sehingga menjadi papan.

Particle board merupakan papan triplek yang paling ringan dan lunak, memiliki kualitas padat tetapi tidak kuat.

Untuk penggunaan pada furniture, permukaan dan sisinya biasanya dilapisi mengunakan vinyl.

Dengan demikian particle board menjadi lebih kuat dan tahan lama.

MEDIUM DENSITY FIBERBOARD (MDF)

Nama-Nama Papan Sejenis Triplek

Merupakan papan pabrikan sejenis triplek yang terbuat dari campuran serat kayu lunak dan keras yang ditempelkan menggunakan lem atau lilin, dicetak menggunakan temperatur dan tekanan tinggi.

MDF memiliki kualitas satu tingkat lebih baik bila dibandingan dengan LDF.

Papan MDF sering digunakan untuk dinding, membuat kabinet, alas meja kecil, boks loudspeaker, dan sebagainya.

TEAKBLOCK

Nama-Nama Papan Sejenis Triplek

Merupakan triplek yang terbuat dari papan kayu jati, tetapi bukan kayu jati solid.

Masih sama dengan prinsip dalam pembuatan triplek, teakblock dibuat dengan proses merekatkan beberapa lembaran/potongan kayu jati menjadi satu kemudian dipres sehingga terbentuklah lembaran papan.

Daya tahan dan kekuatan teakblock sangat baik dan memuaskan, dari segi estetika juga terlihat elegan dan memiliki motif yang beragam.

Maka teakblock sering digunakan sebagai pelapis papan kayu atau floring desain lantai karena memiliki tampilan elegan dan tahan terhadap benturan serta cuaca.

Teakblock juga sering digunakan untuk alas meja, kitchen set, talenan, dan lain-lain.

Itulah nama-nama papan sejenis triplek, semoga bermanfaat...

Baca juga :
Menulis dan berbagi sesuatu yang dapat bermanfaat itu menyenangkan.