Ukuran Minimal untuk Garasi Mobil dan Sepeda Motor yang Jadi Satu

Pada umumnya garasi mobil difungsikan juga sebagai garasi sepeda motor. Ukuran garasi menjadi penting agar dapat menampung kedua jenis kendaraan bermotor itu.
Ukuran Minimal untuk Garasi Mobil dan Sepeda Motor yang Jadi Satu

Jangan asal membuat garasi di rumah, utamanya terkait dengan ukurannya. Salah perhitungan bisa membuatnya tidak berfungsi secara maksimal. Lahan perumahan yang sempit tidak tepat jika dijadikan alasan hingga ruang garasi hanya dibuat dengan ukuran seadanya saja.

Terutama untuk garasi mobil, bukan hanya pertimbangan bagaimana setelah kendaraan berada di dalam garasi saja. Perhitungkan juga tentang kemudahan masuk dan keluarnya. Apalagi jika jalan di depan rumah hanya selebar mobil, jangan sampai nanti ada kesulitan baik ketika memasukan atau mengeluarkannya.

Apalagi jika ingin membuat garasi mobil yang juga difungsikan untuk garasi sepeda motor, ukuran ruang menjadi sangat penting agar bukan hanya dapat menampung kedua jenis kendaraan saja tetapi juga terdapat ruang untuk lalu lalang orang di dalam garasi. Akses keluar masuk kendaraan juga perlu dipertimbangan secara tepat.

Panjang mobil rata-rata antara 4 m – 4,5 m, lebarnya adalah 1,6 m – 1,8 m, dengan tinggi bervariasi antara 1,5 m – 1,8 m tergantung dari jenis mobilnya. Dimensi untuk sepeda motor rata-rata panjangnya berukuran 2 meter dan 0,8 meter untuk lebarnya, serta tinggi 1 meter.

Jadi untuk membuat garasi mobil idealnya diperlukan ruang berukuran 6 m X 3 m X 3 m (pxlxt), namun ukuran itu masih dapat berkurang dengan menyesuaikan ukuran mobil terkait. Sementara untuk satu sepeda motor standarnya 3 m x 1,8 m x 3 m (pxlxt) dan idealnya 3 m X 2 m X 3 m (pxlxt).

Garasi mobil yang sekaligus difungsikan untuk sepeda motor dapat dibuat secara memanjang maupun melebar dengan mempertimbangkan ketersediaan lahan, desain rumahnya, juga lebar jalan di depan garasi agar natinya dapat berfungsi secara maksimal.

Ukuran Garasi 6 m X 4 m X 3 m (pxlxt)

Ini adalah ukuran minimal jika dibuat secara melebar, setidaknya dengan panjang 6 meter dan lebar 4 meter dapat menampung 1 mobil dan 2 sepeda motor. Ruang akan terasa longgar sehingga akan terasa nyaman. Dengan posisi sepeda motor berada di samping mobil, maka tak perlu repot ketika hendak memasukan/mengeluarkan salah satu kendaraan.

Ukuran Garasi 7,6 m X 3 m X 3 m (pxlxt)

Dengan panjang 7,6 meter dan lebar 3 meter, untuk panjangannya bisa dibuat menjadi 8 meter. Dengan menggunakan ukuran ini dapat menampung 1 mobil dan setidaknya cukup untuk 2 sepeda motor.

Jika menempatkan sepeda motor di belakang mobil, maka ketika akan mengeluarkan mobil harus menyingkirkan sepeda motor terlebih dahulu atau sebaliknya tergantung posisi meletakan kedua jenis kendaraan itu.

Jadi walaupun dapat memuat lebih banyak sepeda motor, sepertinya sedikit merepotkan karena kedua jenis kendaraan itu akan saling berkaitan ketika hendak memasukkan/mengeluarkan salah satunya.

Itulah kedua ukuran minimal untuk garasi mobil sekaligus sepeda motor. Dibuat secara melebar atau memanjang perlu pertimbangan secara tepat dan cermat, agar kelak dapat difungsikan dengan baik.

Semoga bermanfaat...

Baca juga :
Menulis dan berbagi sesuatu yang dapat bermanfaat itu menyenangkan.