Pasang promosi gratis di prodesae.com Pasang sekarang!

Ukuran Ideal Garasi Sepeda Motor

Tak hanya mobil yang membutuhkan garasi, sepeda motor pun sebaiknya juga disediakan garasi khusus. Tergantung ketersediaan lahan atau desain rumahnya, garasi motor dapat jadi satu dengan garasi mobil atau bisa dibuatkan tempat tersendiri.

Jika tidak disediakan tempat khusus, mungkin sepeda motor akan ditempatkan pada ruang yang sebenarnya bukan merupakan garasi. Seperti diletakkan di area dapur, ruang tamu, atau ruang yang lainnya. Hal ini tentu saja dapat mengganggu fungsi ruang yang memang seharusnya tidak dijadikan garasi motor.

Ukuran Ideal Garasi Sepeda Motor

Maka dari itu, alokasikan lahan di rumah untuk meletakkan sepeda motor walaupun hanya muat satu atau dua motor saja. Dengan demikian tak ada fungsi ruang yang terganggu, sehingga setiap ruang di rumah dapat difungsikan sebagaimana mestinya.

Garasi motor memang tak begitu membutuhkan lahan yang luas. Namun dalam pembuatannya anda tetap perlu mempertimbangkan ukurannya, agar kelak dapat difungsikan secara optimal.

Ketika membuat garasi motor maka perlu mengacu pada ukuran motor yang berukuran besar yang banyak dimiliki oleh berbagai kalangan masyarakt. Jadi idealnya garasi motor itu dapat memuat berbagai jenis sepeda motor yang berukuran besar dan umum dimiliki oleh berbagai kalangan masyarakat, sehingga ketika kelak anda berganti motor sudah tidak perlu lagi memikirkan ukuran garasinya. Utamnya untuk panjang dan lebarnya, karena tinggi garasi biasanya menyesuaikan dengan tinggi plafonnya.

Rata-rata ukuran sepeda motor yang dimiliki oleh masayarakat yaitu:
  • Panjang 180 cm hingga 220 cm
  • Lebar 60 cm hingga 80 cm.

Maka anggap saja rata-rata ukuran sepeda motor yang dimiki oleh berbagai kalangan masyarakat yaitu 200 cm x 80 cm (pxl).

Selain itu perlu juga mempertimbangkan space ruang untuk lalu lalang orang ketika motor berada di dalam garasi, dengan demikian aktivitas didalam garasi tetap dapat dilakukan walau hanya sekedar untuk lewat saja. Jika garasi diperuntukan untuk 2 motor, maka perlu juga menambahkan space antar motor.

Ukuran Ideal Garasi untuk 1 Sepeda Motor

Dalam membuat garasi motor bukan hanya mempertimbangkan dimensi ukuran motornya saja, namun juga perlu mempertimbangkan bukaan pintu dan area lalu lalang orang. Maka tambahkan setidaknya 80 cm hingga 100 cm sebagai space ruang ketika motor berada di dalam garasi.

Jika rata-rata ukuran sepeda motor berukuran besar yang umum dimiliki oleh masyarakat memiliki panjang 200 cm dan lebar 80 cm, maka:

Ukuran ideal garasi untuk satu motor yaitu 300 cm x 180 cm (pxl).

Untuk tingginya dapat dibuat dengan ukuran 300 cm atau menyesuaikan dengan tinggi plafon rumah.

Ukuran Ideal Garasi untuk 2 Sepeda Motor

Untuk membuat garasi yang dapat memuat lebih dari satu sepeda motor, maka tambahkan 20 cm sebagai space antar sepeda motor. Anda dapat membuat garasi motor tersebut secara memanjang atau melebar, namun idealnya dibuat secara melebar agar lebih mudah ketika mengeluarkan dan memasukkan sepeda motor.

Ukuran Ideal Garasi untuk 2 Sepeda Motor Dibuat secara Memanjang

Jika ingin membuat garasi kapasitas 2 motor secara memanjang maka idealnya garasi motor memiliki panjang:

Panjang (2 motor) = 200 cm x 2 motor = 400 cm

Space = 20 cm

Area untuk lalu lalang = 100 cm

Jadi panjang garasi motor yaitu 520 cm.

Untuk lebarnya sama dengan garasi untuk satu motor yaitu 180 cm, dan tingginya juga sama yaitu 300 cm atau menyesuaikan dengan ketinggian plafon rumahnya.

Jadi ukuran ideal untuk garasi berkapasitas 2 motor yang dibuat secara memanjang yaitu:

520 cm x 180 cm x 300 cm (pxlxt)

Ukuran Ideal Garasi untuk 2 Sepeda Motor Dibuat secara Melebar

Jika garasi kapasitas 2 motor dibuat secara melebar maka ukuran idealnya sebagai berikut:

Panjang garasi motor

Panjang 1 motor + area lalu lalang orang

200 cm + 100 cm = 300 cm

Lebar garasi motor

Lebar rata-rata motor x 2 + space ruang antar motor + space dengan kanan kiri dinding

80 cm x 2 + 20 cm + 40 cm = 220 cm

Jika diperlukan space untuk lalu lalang orang di area kanan atu kiri maka perlu menambahkan 100 cm, sehingga lebar garasi motornya yaitu:

80 cm x 2 + 20 cm + 100 cm = 280 cm

Tinggi garasi motor

Bisa dibuat dengan ukuran 300 cm atau menyesuaikan dengan ketinggian plafon rumahnya.

Jadi ukuran ideal untuk garasi 2 motor yang dibuat secara melebar yaitu:

300 cm x 220 cm x 300 cm atau 300 cm x 280 cm x 300 cm

Itulah ukuran ideal garasi motor yang berkapasitas 1 dan 2 motro yang dibuat secara memanjang dan melebar, semoga bermanfaat.

Bisa berbagi dan menulis sesuatu yang dapat bermanfaat itu menyenangkan.

Posting Komentar

© Rumah Sae. All rights reserved. Partner Prodesae