Tinggi dan Lebar Ideal Tempat Kompor Gas

Tinggi dan Lebar Ideal Tempat Kompor Gas

Tinggi dan Lebar Ideal Tempat Kompor Gas

Rumah tak akan lengkap apabila tanpa adanya dapur, walaupun tempat memasak ini kadang tidak mempunyai tempat tersendiri. Artinya dapur tersebut menempati area di luar rumah yang sebenarnya bukan ditujukan urusan memasak.


Ya mungkin itu semua karena lahan yang terbatas, jadi dapurpun harus rela menempati area yang sebenarnya bukan untuknya.


Kompor sepertinya menjadi peralatan memasak yang wajib ada, entah itu kompor minyak tanah, kompor gas, ataupun kompor listrik. Akan tetapi kini kompor gaslah yang umum dipakai oleh masyarakat.


Untuk kenyamanan dalam memasak maka dibuatlah tempat khusus untuk meletakan kompor gas tersebut, entah itu dibuat secara permanen dengan menggunakan cor beton yang dibalut dengan keramik atau juga bisa dibuat dengan menggunakan kayu maupun bahan bangunan lainnya. Tempat itu juga sering dikenal dengan nama meja kompor.


Apa pun bahan yang digunakan untuk membuatnya, tetap perlu diperhatikan ukuran tinggi dan lebarnya. Tentu saja hal itu ditujukan agar nyaman saat digunakan dan tidak menyita ruang terlalu banyak.


Ukuran yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dapat menyulitkan ketika digunakan, sedangkan terlalu lebar dapat membuat ruang dapur menjadi sempit. Tak semua dapur memiliki ruangan yang cukup luas, semua itu disebabkan luas lahan untuk membuat rumah juga terbatas.


Sebelum membuatnya sebaiknya ketahui lebih dulu ukuran kompor gas yang digunakan, karena ukuran kompor gas bermacam-macam walaupun itu hanya berbeda beberapa cm saja.


Rata-rata tinggi kompor gas 2 tungku yaitu 12 cm - 15 cm, panjang pada umumnya sekitar 70 cm, sedangkan lebarnya 38 cm - 40 cm.


Ukurlah kompor yang Anda gunakan secara akurat, karena setiap jenis kompor gas bisa mempunyai ukuran yang berbeda. Kemudian tentukan apakah ingin membuat tempat kompor untuk 1 tungku atau 2 tungku. Jika tersedia ruang yang cukup sebaiknya buatlah tempat kompor untuk 2 tungku, karena kompor ini cocok untuk dapur keluarga.


Yang paling penting dari pembuatan tempat kompor gas ini adalah menentukan dengan tepat berapa tingginya, karena ini akan berhubungan dengan kenyamannan saat Anda memasak.


Untuk lebarnya 50 cm - 60 cm sudah cukup, sedangkan tingginya silakan ukur sesuai dengan orang yang akan menggunakannya yaitu maksimal setinggi pinggang saja setelah ditambah dengan kompor gas.


Tinggi pinggang orang dewasa pasti bermacam-macam, tinggi ideal tempat kompor gas apabila diukur dari lantai adalah 60 cm hingga 80 cm. Ingatlah tinggi tersebut belum ditambah dengan tinggi kompor gasnya.


Ukuran tinggi di atas hanyalah secara umum saja, sehingga yang paling pas adalah dengan mengukur langsung orang yang akan paling sering menggunakannya.


Ukurlah seberapa tinggi yang dapat membuat mudah dan nyaman ketika memasak, agar benar-benar diperoleh Tinggi dan Lebar Ideal Tempat Kompor Gas. Sehingga saat memasak badan tidak akan terlalu membungkuk, atau lengan cepat lelah karena terlalu tinggi.


Semoga bermanfaat...

Load comments