Tinggi dan Lebar Ideal Tempat Kompor Gas

Tinggi dan Lebar Ideal Tempat Kompor Gas

Tinggi dan Lebar Ideal Tempat Kompor Gas

Dapur seharusnya nyaman digunakan untuk aktifitas memasak, maka dalam merencanakan desainnya perlu mempertimbangkan model, ukuran, penataan peralatan memasak, penataan perlengkapan makan serta minum, dan sebagainya.


Kompor sepertinya menjadi peralatan memasak yang wajib ada, entah itu kompor kompor gas baik yang tanam atau portable, kompor listrik, maupun kompor induksi.


Untuk kenyamanan dalam aktifitas memasak maka dibuatlah tempat (meja) kompor, entah itu dibuat secara permanen dengan menggunakan cor beton yang dibalut dengan keramik atau dibuat dengan menggunakan kayu maupun material lainnya.


Apa pun bahan material yang digunakan untuk membuatnya, pastinya perlu diperhatikan baik panjang, tinggi, maupun lebarnya.


Ukuran yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dapat membuat tidak nyaman digunakan, bahkan bisa menyulitkan penggunanya.


Ukuran yang terlalu lebar dapat membuat ruang dapur menjadi sempit, jika kurang dapat menyulitkan dalam menempatkan kompor.


Sementara untuk panjangnya sepertinya tidak masalah, karena biasanya meja kompor juga menjadi satu dengan meja racik sehingga pastinya akan dibuat lebih panjang dari kompor yang digunakan.


Namun jika desain meja kompor hanya digunakan sebagai meja memasak saja, maka perlu mempertimbangkan panjangnya secara cermat agar dapat digunakan untuk menempatkan kompor secara pas.


Artinya panjang meja benar-benar muat untuk menempatkan kompor, jika kurang ini juga akan menyulitkan.


Maka sebelum membuat meja kompor sebaiknya ketahui lebih dulu ukuran kompor yang digunakan, karena ukuran kompor bermacam-macam walaupun itu hanya berbeda beberapa cm saja.


Berikut ukuran tempat (meja) kompor yang umum digunakan oleh masyarakat:


Panjang Meja Kompor Gas


Dalam menentukan panjang meja kompor sebaiknya ketahui lebih dulu ukuran kompor yang digunakan.


Kompor gas portable rata-rata memiliki panjang sekitar 60 cm – 70 cm, panjang kompor gas tanam rata-rata antara 70 cm – 90 cm sedangkan kompor gas tanam model potrait memiliki panjang sekitar 30 cm.


Dengan demikian idealnya meja kompor gas memiliki panjang 80 cm - 100 cm, dengan ukuran ini akan muat ditempati berbagai jenis kompor.


Lebar Meja Kompor


Kompor gas protable 2 tungku rata-rata memiliki lebar sekitar 40 cm, sedangkan kompor gas tanam memiliki lebar rata-rata mulai dari 40 cm hingga 50 cm.


Jadi lebar ideal meja kompor yaitu 60 cm – 70 cm, dengan menggunakan lebar meja kompor 60 cm saja pastinya sudah muat untuk berbagai jenis kompor gas.


Baca juga:


Tinggi Meja Kompor


Tinggi ideal meja kompor yaitu setinggi area pinggul orang dewasa, dalam menentukan tinggi meja kompor perlu dibedakan jenis kompor yang digunakan.


Secara umum ada 2 jenis kompor yang digunakan, yaitu kompor tanam dan kompor portable.


Jika menggunakan kompor gas tanam


Tinggi dan Lebar Ideal Tempat Kompor Gas

Kompor gas tanam merupakan kompor gas yang ditanam pada meja kompor, sehingga yang terlihat hanyalah top plate, burner, pan support, dan knobnya saja.


Dengan demikian setelah dipasang pada meja kompor, maka dapat dikatakan kompor gas akan memiliki ketinggian hampir sama dengan mejanya.


Rata-rata orang Indonesia memiliki tinggi badan sekitar 150 cm – 170 cm, dengan tinggi pinggul rata-rata sekitar 80 cm – 85 cm.


Jadi tinggi ideal meja kompor jika menggunakan kompor gas tanam ialah 80 cm – 85 cm.


Jika menggunakan kompor gas portable


Tinggi dan Lebar Ideal Tempat Kompor Gas

Kompor gas portable merupakan kompor yang dapat dipindah-pindah kapan saja dan ditempatkan dimana saja pada tempat yang diinginkan.


Berbeda dengan kompor gas tanam, pada kompor gas portable akan terlihat semua komponen-komponenya seperti body, top plate, burner, pan suport, dan lain-lain kecuali mesin kompor (pematik api).


Rata-rata kompor gas portable memiliki tinggi sekitar 14 cm – 20 cm, maka tinggi mejanya berbeda dengan ketinggian dari meja kompor gas tanam.


Meja gas kompor portable idealnya memiliki ketinggian 60 cm – 65 cm jika diukur dari lantai.


Jadi jika diukur dari lantai, tinggi ideal meja kompor gas tanam yaitu 80 cm – 85 cm sedangkan meja kompor gas portable 60 cm – 65 cm.


Baca juga: Ukuran Minimal dan Idealnya Kitchen Set


Simpulan


Ukuran meja kompor menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kenyamanan saat memasak, maka perlu kecermatan dalam mendesainnya.


Panjang dan lebar meja kompor akan terkait denga penempatan kompor yang digunakan, sedangkan tinggi meja kompor akan terkait dengan kenyamanan saat digunakan untuk aktifitas memasak.


Meja kompor yang terlalu tinggi dapat membuat badan harus membungkuk ketika memasak, sementara jika terlalu rendah dapat membuat lengan menjadi cepat lelah.


Maka ukuran meja kompor sepertinya menjadi hal yang seharusnya dipertimbangkan secara cermat, agar aktifitas memasak menjadi mudah dan nyaman.


Berikut ukuran meja kompor yang ideal:


Panjang ideal meja kompor = 80 cm – 100 cm


Lebar ideal meja kompor = 60 cm – 70 cm


Tinggi ideal meja kompor untuk kompor tanam = 80 cm – 85 cm


Tinggi ideal meja kompor untuk kompor portable = 60 cm – 65 cm


Semoga bermanfaat...

Load comments