Pentingnya Sebuah Garasi Sepeda Motor

Sebuah kendaraan roda dua pada umumnya memiliki dimensi ukuran lebih kurang 2 meter x 0,8 meter x 1,1 meter. Jadi ukuran ideal sebuah garasi sepeda motor adalah...
Pentingnya Sebuah Garasi Sepeda Motor

Keberadaan sebuah garasi untuk sepeda motor pada rumah tempat tinggal sebenarnya juga sangat penting, sama halnya dengan garasi mobil. Kadang tempat yang benar-benar fungsi utamanya untuk garasi kendaraan roda dua itu tidak tersedia, kalaupun ada biasanya bukan merupakan ruang khusus sebagai garasi sepeda motor.

Bagi sebagian orang, walaupun telah memiliki kendaraan roda dua lebih dari satu mungkin merasa tidak perlu membuat garasinya. Hal ini dapat disebabkan karena memang tidak tersedianya lahan atau malah mungkin tidak terpikirkan ketika membangun rumah.

Dengan demikian, garasi sepeda motor tidak menjadi sebuah prioritas. Mungkin juga karena ukuran sepeda motor memang yang tidak besar, sehingga dapat diletakkan di ruang mana saja asalkan cukup dan tidak begitu mengganggu aktifitas di ruang terkait.

Akan tetapi, sebuah rumah sebaiknya tetap harus tersedia ruang yang benar-benar fungsi utamannya sebagai garasi sepeda motor. Walaupun dengan ukuran yang hanya dapat menampung satu atau dua kendaraan bermotor.

Bukankah sebuah garasi sepeda motor hanya akan membutuhkan lahan yang sedikit?

Bukankah meletakan sepeda motor pada ruang yang sebenarnya bukan tempatnya dapat mengganggu aktifitas di dalamnya?

Bukankah kendaraan roda dua tersebut juga akan membawa kotoran dari jalanan?

Pada saat musim kemarau memang tidak akan begitu terasa, namun pada saat musim hujan kendaraan akan sering dalam keadaan kotor dan basah. Memang sebelum memasukannya ke dalam rumah dapat dicuci terlebih dahulu.

Namun bagaimana jika itu terjadi pada malam hari?

Sedangkan Anda dalam keadaan lelah setelah beraktifitas seharian, hujan dan dingin juga tidak dapat dihindari.

Apakah Anda mau mencucinya pada saat itu juga?

Dengan demikian, sebuah rumah hendaknya memang akan lebih baik jika memiliki garasi sepeda motor. Garasi tersebut dapat menyatu dengan garasi mobil, dan memang sebaiknya begitu apabila juga memiliki kendaraan roda empat. Akan tetapi ukurannya juga harus disesuaikan agar dapat difungsikan secara maksimal.

Lalu, berapakah ukuran ideal sebuah garasi sepeda motor?

Kendaraan roda dua pada umumnya memiliki panjang lebih kurang 2 meter, lebar sekitar 0,8 meter, dan tinggi 1 meter. Itu berarti hanya dengan ruang yang berukuran 3 meter x 1,8 meter sudah dapat dijadikan garasi satu kendaraan roda dua. Jika ingin membuat garasi dengan kapasitas lebih dari satu sepeda motor, maka setidaknya tambahkan 20 cm sebagai ruang antara sepeda motor.

Ukuran Garasi Sepeda Motor

Simpulannya adalah bahwa garasi sepeda motor juga merupakan sesuatu yang seharusnya menjadi prioritas dalam tata ruang sebuah bangunan rumah. Agar kebersihan dan kerapian dapat selalu terjaga, serta aktifitas di dalam masing-masing ruang dapat dilakukan sebagaimana fungsinya.

Semoga bermanfaat...

Baca juga :
Menulis disela-sela rutinitas pekerjaan sehari-hari