Makna Rumah Minimalis

Makna Rumah Minimalis


Rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi manusia, karena ia adalah suatu bangunan yang dijadikan tempat tinggal oleh manusia. Hingga menjadikannya sangat penting bagi manusia karena ini merupakan tempat manusia melangsungkan kehidupannya, walaupun tidak semua aktifitas dilaksanakan di dalamnya.


Rumah merupakan sarana untuk berlindung dari hujan, panas, dingin, dan cuaca lainnya, juga sebagai tempat berkumpulnya suatu keluarga dan beristirahat.


Bukan hanya manusia, tentu semua mahkluk hidup memerlukan tempat tinggal, hewan dan mahkluk halus pun juga memerlukannya bukan?


Makna dari kata minimalis adalah bersifat sedikit atau simple atau sederhana. Jadi minimalis dapat diartikan sebagai sebuah gaya hidup yang simple, praktis, tegas, efisien tetapi tetap berkualitas serta elegan.


Saat ini trend rumah minimalis sangat diminati dalam masyarakat, tetapi kadang dalam pembangunannya hanya mengutamakan tampilannya saja dan mengabaikan konsep dari keminimalisannya itu sendiri secara utuh.


Mungkin ini karena hanya mengikuti trend serta kurangnya pemahaman tentang makna dari rumah minimalis itu sendiri.


Konsep "simple" bukan hanya dituangkan pada tampilan fasad saja. Akan tetapi mulai dari penataan ruang, kusen, perabotan, serta elemen pembentuk ruangnyapun seharusnya dapat bersinergi yaitu semuanya mencerminkan sesuatu yang minimalis.


Selain kesederhanaan, konsep ini biasanya dapat dilihat dengan adanya garis lurus dan tegas pada desain bangunannya. Biasanya juga ditandai dengan ornamen yang tidak berlebihan, untuk pewarnaanyapun juga terkesan simple dan berani.


Adanya penataan ruang yang tampak menyatu satu dengan lainnya, sehingga tidak banyak sekat antara ruang di dalam rumah. Ini akan memudahkan ketika mengadakan hajatan, karena rumah akan terkesan luas.


Misalnya antara ruang keluarga, makan, dan dapur dibuat tanpa adanya sekat. Sehingga akan tampak menjadi luas, begitulah pentaan ruang yang simple itu.


Namun antara ruang tamu dan keluarga dapat Anda pisahkan menggunakan partisi atau pintu geser, agar aktifitas dapat dilakukan dengan bebas tanpa khawatir terlihat oleh tamu.


Furniturenya pun juga harus bersifat minimalisyaitu simple, polos, memaksimalkan garis lurus, dan meminimalkan lengkungan. Kemudian untuk lantainya tidak menggunakan ornamen yang banyak lengkungan, cukup polos atau model garis saja.


Minimalis memang merupakan suatu kesederhanaan, tetapi bukan berarti untuk meminimalisir pembiayaan karena belum tentu biaya untuk membangun rumah minimalis itu akan lebih murah.


Kesederhanaan dalam rumah minimalis tidak ada hubungannya dengan biaya, karena pembiayaan akan tergantung dari desain rumah itu sendiri.


Desain rumah akan mempengaruhi kebutuhan material dan waktu pengerjaan, sedangkan waktu pengerjaan akan mempengaruhi besarnya pembiayaan untuk tukang.


Jadi simpulannya bahwa minimalis adalah tentang gaya hidup atau selera hidup yang simple, praktis, efisien, rapi, bersih, dan elegan. Rumah Minimalis merupakan rumah yang simple baik dari tata ruang, desain, serta furniturenya, tetapi tetap elegan dan nyaman.


Demikian ulasan tentang Makna Rumah Minimalis, semoga bermanfaat.

Load comments