Contoh Proposal Pembangunan TPQ

Kadang pencarian dana dengan mengajukan proposal menjadi pilihan ketika kita ingin membangun sarana umum. Silakan simak contoh proposal pembangunan TPQ ini.
Contoh Proposal Pembangunan TPQ

Kali ini saya akan suguhkan contoh proposal pembangunan TPQ untuk anda, mudah-mudahan contoh proposal di bawah ini dapat bermanfaat bagi anda yang sedang berencana untuk membangun TPQ yang kebetulan harus mencari dana atau sumbangan.

Biasanya proposal ini letaknya setelah halaman sampul dan surat pengantar proposal. Bagi anda yang ingin melihat contoh surat pengantar proposal silakan klik tautan ini: Contoh Surat Pengantar Proposal

Akan tetapi bagi anda yang hanya ingin langsung melihat contoh proposalnya silakan langsung saja simak Contoh Proposal Pembangunan TPQ di bawah ini...

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Bismillahirrahmanirrahim

PENDAHULUAN

Salam silaturrahim kami sampaikan, semoga aktifitas kita senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Shalawat serta salam tercurah kepada Nabi Muhammad SAW., semoga kita menjadi umatnya yang mendapatkan syafaat di dunia dan akhirat.

Sebagai bagian dari komunitas besar masyarakat muslim Indonesia yang selalu mendambakan terwujudnya suatu lingkungan yang beriklim Islami sebagaimana yang telah diajarkan Rasulullah melalui Al Quran dan Hadistnya, kami melalui Panitia Pembangunan Gedung Taman Pendidikan Al Qur'an ... mempunyai deretan daftar impian dan cita-cita luhur demi memberikan bekal warisan kepada anak-anak kami sebagai generasi penerus.

Salah satu cita-cita kami yang paling pokok adalah bagaimana mengantar dan mengawal anak-anak kami ke pintu gerbang Islami yang hakiki, serta memberikan arah jalan yang benar kepada mereka.

Berangkat dari situlah kami Panitia Pembangunan Gedung TPQ ... ingin membangun sarana berupa gedung sebagai tempat kegiatan belajar-mengajar. Tidak hanya itu sarana tersebut juga dipergunakan untuk kepentingan apapun sepanjang masih dalam koridor pembinaan Islam, Iman, dan Ikhsan. Termasuk pembinaan bagi orang tua/para dewasa yang berkenan untuk meningkatkan pemahamannya tentang agama Islam, termasuk baca tulis Al Qur'an, dakwah, dan syiar Islam.

LATAR BELAKANG

Era globalisasi, modernisasi, dan transformasi budaya asing yang masuk ke negeri kita begitu deras sperti sekarang ini pastilah menimbulkan rasa kekuatiran dan ketakutan semua orang tua. Fakta telah berbicara tentang bergesernya nilai, norma, dan keluhuran bangsa ini. Fakta telah berbicara tentang terkikisnya nilai spiritual Islam akibat transformasi budaya barat dan budaya modern yang bersifat negatif.

Upaya pencegahan dengan pembinaan mental spiritual sejak dini, bimbingan orang tua, dan penanaman nilai agamis sejak dini sangat perlu untuk dilaksanakan. Hal ini demi masa depan anak cucu kita, generasi bangsa tercinta ini.

Pada saat ini alhamdulillah Allah SWT telah menganugrahkan sebidang tanah melalui wakaf dari keluarga ... . Dengan rasa syukur yang tinggi kehadirat Allah SWT dan senantiasa memohon rahmat dan ridho Allah SWT, kami merencanakan untuk pelaksanaan pembangunan gedung TPQ ... .

Kami sadar, bahwa dari segi manapun kami memiliki kemampuan yang sangat terbatas untuk bisa mengemban amanat yang begitu besar. Oleh karena itu dengan segala kerendahan hati, kami memohon dengan sangat dukungan dan bantuan baik moril maupun materiil demi terwujudnya cita-cita tersebut.

LOKASI DAN LUAS LAHAN

  1. Gedung TPQ berada di ...

  2. Luas lahan ...

  3. Luas bangunan ...

RENCANA SUMBER DANA

  1. Partisipasi warga

  2. Donasi dari umat Islam

  3. ...

RENCANA ANGGARAN BIAYA

  1. Lantai 1 = Rp. ...

  2. Lantai 2 = Rp. ...

Daftar RAB dan gambar bangunan terlampir

JADWAL PELAKSANAAN PEMBANGUNAN

Pelaksanaan peletakan batu pertama pembangunan gedung TPQ ... pada hari ... tanggal ... pukul ...

PANITIA PELAKSANA PEMBANGUNAN

Panitia Pembangunan Gedung TPQ ... ini dibentuk pada hari ... tanggal ... bertempat di rumah ... yang beralamat di ...

Struktur Panitia Pembangunan Gedung TPQ ... sebagai berikut :

--diisi dengan Daftar Panitia

PENUTUP

Demikian sedikit gambaran yang dapat kami sampaikan kepada kaum muslimin yang di mulyakan oleh Allah SWT tentang rencana kerja yang akan kami lakukan dalam rangka pembangunan gedung TPQ ... ini. Selanjutnya diharapkan akan dapat memberikan tambahan informasi yang dapat memberikan motivasi untuk memberikan bantuan/sumbangan baik berupa dana, material bangunan, maupun sumbangan dalam bentuk lainnya secara ikhlas dengan mengharap ridho Allah SWT.

Kami selalu berdoa kehadirat Allah SWT semoga segala amal, shodaqoh, dan sumbangan dari kaum muslimin semua ini akan diterima oleh Allah SWT sebagai bagian dari amal sholeh. Aamiin...

Wassalamu'alikum Wr. Wb.

.........................., Tanggal - Bulan - Tahun

Panitia Pembangunan Gedung

TPQ ......................

Ketua                                 Sekretaris

......................                      

......................

Mengetahui,

Kepala Desa .........

....................................

Itulah contoh proposal untuk penggalangan dana pembangunan TPQ, semoga bermanfaat.

Baca juga :
Menulis dan berbagi sesuatu yang dapat bermanfaat itu menyenangkan.