Desain Pintu Utama Rumah Minimalis

Desain Pintu Utama Rumah Minimalis

Desain Pintu Utama Rumah Minimalis

Pintu utama sebuah bangunan atau rumah diibaratkan seperti sebuah mulut, semakin tinggi dan lebar ukurannya akan semakin baik. Sehingga akan memudahkan akses di pintu tersebut karena akan terasa longgar. Hal ini tentu harus disesuaikan dengan bangunan rumah anda, tentu saja agar terlihat baik dan rapi.


Misalnya bangunan rumah anda tinggi dan lebar terutama untuk ruang tamu yang mana biasanya pintu utama ini terpasang, tentu saja anda dapat memasang pintu utama yang tinggi pula.


Begitu juga sebaliknya, apabila ruang tamu anda tidak besar dan tidak tinggi tentu saja ukuran pintu harus menyesuikannya.


Pintu rumah yang tinggi dan lebar akan memudahkan akses keluar masuk baik saat kita melewatinya maupun saat digunakan untuk keluar masuk barang atau perabotan rumah anda.


Hal ini sesuai dengan funsi dari pintu itu sendiri yaitu sebagai penghubung atau jalan untuk keluar masuk dari ruang yang satu ke ruang yang lain, dan juga penghubung dari luar dengan dalam bangunan rumah.


Desain pintu utama minimalis sebaiknya sesuai dengan gaya minimalis itu sendiri yaitu tidak banyak ornamen, ukiran, atau harus di buat sesederhana mungkin agar tetap memiliki kesan minimalis. Pintu utama yang saat ini digandrungi oleh masyarakat adalah pintu dengan daun pintu ganda.


Untuk membuat daun pintu seperti contoh di atas dapat menggunakan hanya dengan kayu solid saja. Namun untuk meringankan biaya mungkin anda dapat mengkombinasikan atau memadukan dua material sebagai bahan pembuatannya.


Adalah perpaduan kayu solid dan kayu olahan seperti plywood misalnya. Artinya untuk rangka utamanya dapat menggunakan kayu solid sedangkan penutupnya menggunakan kayu olahan jenis plywood atau kayu lapis.


Mungkin ini dapat menjadi solusi bagi anda yang menginginkan pintu utama dengan biaya yang lebih murah. Karena harga plywood akan lebih murah jika dibandingkan dengan kayu solid. Yang saya maksud di sini adalah kayu solid dengan kualitas yang baik, seperti kayu jati dengan umur yang tidak muda contohnya.


Semoga bermanfaat...

Load comments