Tipe Rumah pada Perumahan

Tipe Rumah pada Perumahan

Tipe Rumah pada Perumahan

Rumah merupakan tempat tinggal bagi manusia. Keberadaannya sangat penting karena rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok. Seiring bertambahnya jumlah penduduk, tentunya hal ini akan sangat berpengaruh terhadap permintaan salah satu kebutuhan pokok tersebut. Semakin tinggi permintaan akan semakin membutuhkan lahan yang luas pula.


Keterbatasan lahan yang tersedia untuk pemukiman terutama di daerah perkotaan akan membuat harganya semakin melambung tinggi.


Harga bahan bangunan dan biaya operasional dalam pembuatan rumah juga berpengaruh terhadap harga perolehannya, disamping juga dipengaruhi oleh desain atau model rumah serta fasilitas-fasilitas yang ditawarkan oleh pengembang. Misalnya lingkungan yang asri, bebas banjir, aman, dekat dengan fasilitas umum, dan lain-lainnya.


Untuk menjembataninya maka terciptalah berbagai tipe pada perumahan yang ditawarkan oleh pengembang. Konsumenlah yang akan menentukan tipe apakah yang cocok bagi dirinya.


Tentu saja dengan pertimbangan yang mungkin akan berbeda-beda bagi setiap orang, seperti tingkat ekonomi atau daya beli, selera atau yang sering disebut dengan gaya hidup, jumlah penghuni rumah, jarak antara perumah dengan tempat kerja dan lain-lain.


Nah... bagi anda yang sedang mencari referensi atau sekedar mencari informasi mengenai Tipe Rumah pada Perumahan berdasarkan luas bangunan dan tanahnya, tidak ada salahnya jika anda membaca yang di bawah ini:


Rumah Tipe 21


Merupakan rumah dengan bangunan seluas 21 meter persegi. Panjang dan lebar bangunan rumah pada tipe ini jika dikalikan akan menghasilkan angka 21 meter.


Sebagai contoh sebuah bangunan rumah dengan panjang 6 meter dan lebar 3.5 meter, maka luas bangunan rumah tersebut yaitu 21 meter persegi. Jika luas lahan atau tanah pada tipe 21 ini adalah 60 meter persegi maka akan disebut dengan rumah tipe 21/60.


Dengan 1 ruang tamu, 1 kamar tidur, dan 1 kamar mandi/wc rumah ini cocok bagi keuarga kecil atau pasangan muda. Rumah tipe 21 ini termasuk dalam kategori rumah sederhanan, sehingga harga akan sangat terjangkau.


Rumah Tipe 36


Luas bangunan pada tipe ini adalah 36 meter persegi. Apabila diaplikasikan pada lahan atau tanah dengan luas 60 meter persegi maka akan disebut rumah tipe 36/60.


Rumah tipe 36 ini memiliki 1 ruang tamu, 2 kamar tidur, 1 ruang keluarga dan 1 kamar mandi/wc.


Rumah Tipe 45


Adalah rumah dengan bangunan seluas 45 meter persegi. Biasanya memiliki ukuran 9 meter x 5 meter atau 6 meter x 7.5 meter. Jumlah ruangannya dapat sama dengan rumah tipe 36, tetapi ruangan pada rumah tipe 45 ini lebih luas ukurannya.


Jumlah ruangan pada tipe ini juga dapat lebih banyak apabila dibandingkan dengan rumah tipe 36, hal ini tergantung dari pengembangnya.


Rumah Tipe 60


Luas bangunannya adalah 60 meter persegi. Terdapat 1 lantai dan 2 lantai yang ditawarkan pada tipe ini. Rumah tipe 60 sudah termasuk mewah untuk suatu tipe dalam perumahan. Namun masih dengan biaya yang terjangkau.


Itulah macam-macam tipe rumah pada perumahan. Selain tipe di atas masih ada tipe rumah yang lain, seperti rumah tipe 54, 70, 90, dan 120. Cara mengartikannya juga sama dengan penjelasan di atas.


Semoga bermanfaat...

Load comments