Furniture dari Kayu Olahan

Furniture dari Kayu Olahan

Furniture dari Kayu Olahan

Keberadaan suatu furniture merupakan pelengkap untuk sebuah rumah. Fungsi dan bentuknya juga tidak sama antar satu dengan yang lainnya, serta penempatannya juga dapat dipengaruhi oleh kegunaan dari furniture itu sendiri.


Misalnya saja sebuah meja belajar tidak akan baik apabila ditempatkan diruang tamu dan sebagai meja tamu, walaupun mungkin dapat difungsikan seperti itu. Yang tidak mungkin lagi apabila kitchen set ditempatkan di kamar tidur.


Dengan semakin majunya teknologi, saat ini furniture tidak hanya terbuat dari kayu solid namun juga dapat berbahan dasar dari kayu yang telah diolah terlebih dahulu, seperti particle board, medium density fiberboard, blockboard, plywood, dan lain-lain.


Bahan dasar yang digunakan baik dari kayu solid maupun kayu olahan akan mempengaruhi kualitas serta kuantitas dari produk yang dihasilkan. Misalnya saja untuk kayu olahan, jenis medium density fiberboard akan lebih baik apabila dibandingkan dengan particle board.


Furniture dari kayu olahan yang beredar saat ini banyak sekali model serta merknya. Dengan desain yang bagus serta harga yang terjangkau membuat jenis ini laris manis di pasaran. Produk tersebut antara lain lemari, rak buku, rak TV, rak sepatu, meja kantor, meja belajar, meja komputer, kitchen set, dan tentunya masih banyak lagi produk yang lainnya.


Perbedaan merk tentunya dapat mempengaruhi harga perolehannya, karena biasanya kualitas juga akan berbeda-beda. Hal ini dipengaruhi oleh kualitas dari bahan pembuatan kayu olahan yang digunakan sebagai bahan dasar furniture tersebut.


Maka dari itu walaupun modelnya sama namun harga dapat berbeda, tetapi bukan berarti faktor desain tidak berpengaruh. Semakin bagus desainnya tentu saja akan membuatnya semakin mahal.


Vinir yang diaplikasikan sebagai lapisan teratas dari kayu olahanpun juga akan mempengaruhi kualitas serta kuantitasnya, karena jenis kayu yang digunakan sebagai bahan pembuatan vinir serta nilai artistiknyapun juga berbeda satu sama lainnya.


Baca juga:

Jenis-Jenis Kayu Olahan


Terlepas dari segala kelebihannya, furniture berbahan dasar kayu olahan tentu saja mempunyai kekurangan. Seperti tidak tahan air ini membuat hal yang harus diperhatikan bagi anda dalam menempatkan. Jamur juga dapat tumbuh pada permukaannya.


Namun dengan segala kekurangan dan kelebihannya, furniture berbahan baku dari kayu olahan tetap saja laris manis di pasaran dan tentunya dapat menjadi pilihan bagi anda.


Semoga bermanfaat...

Load comments