Toilet Jongkok dan Toilet Duduk serta Asal Usulnya

Toilet Jongkok dan Toilet Duduk serta Asal Usulnya

Toilet Jongkok dan Toilet Duduk serta Asal Usulnya

WC merupakan tempat buang hajat besar, dikenal dengan nama kakus, toilet, dan kloset. Nah kata wc berasal dari bahasa inggris yaitu water closet.


Asal-Usul Toilet


Model kloset yang dianggap sebagai pertama di dunia adalah parit-parit di Mohenjadaro dan kloset pada peradaban Romawi Kuno.


Padatnya penduduk yang terjadi di London Inggris, maka banyak warganya yang tinggal di rumah susun. Untuk buang hajat para penghuni rumah susun itu menggunakan pispot, kemudian isi pispot dibuang ke parit.


Untuk membuang isi pispot itu, penghuni rumah susun tentu harus naik turun tangga, sepertinya hal ini membuat mereka merasa repot sehingga mereka membuang kotoran melalui jendela


Kondisi seperti ini tentu saja menyebabkan lingkungan menjadi kotor sehingga mengakibatkan mereka terserang wabah penyakit.


Karena permasalahan tersebut, dibuatlah undang-undang yang isinya yang mengatur hal tersebut. Ternyata undang-undang tersebut tidak bisa mengubah perilaku yang telah menjadi kebiasaan mereka.


Kemudian Sir John Harrington menemukan kloset bilas, yaitu menggunakan bejana penampung feses dan tangki air untuk menyiram. Namun kloset jenis ini masih menimbulkan masalah yaitu bau yang tidak sedap.


Setelah itu ditemukanlah kloset bilas yang tidak menimbulkan bau oleh Alexande Cummings yang dikenal dengan nama Velve Closef. Cara kerjanya yaitu dengan menggunakan saluran pembuangan yang menyerupai leher angsa atau seperti bentuk huruf "S".


Dengan menggunakan bentuk ini dapat membuat air menggenang pada saluran yang menyerupai leher angsa tersebut dapat menghalangi keluarnya bau kotoran dari kloset sehingga lebih nyaman digunakan.


Kloset yang mirip digunakan seperti sekarang adalah penemuan dari Bostell yang dikenal dengan sebutan Wash Down, kloset tersebut ditemukan setelah penemuan dari Alexande Cummings.


Itulah sejarah singkat penemuan toilet yang menjadi cikal bakal terciptanya aneka model kloset yang digunakan pada toilet zaman sekarang.


Ada dua jenis toilet yang biasa digunakan yaitu toilet jongkok dan toilet duduk. Masing-masing tentu mempunyai kelebihan dan kekurangan, selain itu kedua jenis toilet ini kini juga terdapat berbagai model walaupun pada intinya tetap sama dalam penggunaannya.


Pilih Toilet Jongkok atau Toilet Duduk?


Sebagian besar orang mungkin telah terbiasa menggunakan toilet jongkok, sehingga merasa lebih nyaman menggunakannya.


Selain itu toilet jongkok lebih hiegenis karena hanya bagian telapak kaki saja yang bersentuhan dengan toilet, sehingga akan meminimalisir penularan kuman dan virus.


Menggunakan toilet jongkok ternyata lebih sehat daripada menggunakan toilet duduk.


Berikut manfaat menggunakan toilet duduk bagi kesehatan:

  1. Mengurangi sembelit dan kembung

  2. Memperkecil resiko terkena wasir

  3. Baik bagi kesehatan usus

  4. Baik bagi otot panggul

  5. Baik bagi kandung kemih

  6. Proses BAB lebih mudah dan lancar

  7. Lebih hiegenis


Menggunakan toilet duduk bukan berarti tidak membawa manfaat, karena sebagian orang juga akan merasa lebih nyaman ketika menggunakan jenis ini.


Bagi mereka yang mempunyai gangguan kesehatan pada kaki, terutama pada lutut tentu tidak akan mudah apabila menggunakan toilet jongkok karena saat jongkok akan ada tarikan pada area lutut sehingga akan mengakibatkan sakit. Rasa lelah dan kesemutan mungkin juga akan dialami karena terlalu lama jongkok.


Toilet duduk lebih nyaman digunakan oleh ibu hamil, manula, dan bagi mereka yang memang merasa lebih rileks ketika menggunakan toilet duduk daripada toilet jongkok.


Bagaimana dengan Anda, lebih suka menggunakan toilet jongkok apa toilet duduk?


Semoga bermanfaat...


Referensi: https://id.wikipedia.org/wiki/Toilet