Denah Rumah Islami + Toko

Denah Rumah Islami + Toko

Denah Rumah Islami + Toko

Denah rumah  ini merupakan modifikasi dari denah rumah yang telah Rumah Sae bagikan sebelumnya. Masih tetap dengan tata ruang Islami, yaitu tata ruang yang dapat melindungi penghuninya dari pandangan yang bukan mukhrimnya.


Ada beberapa ruang yang mengalami perubahan, baik ukuran maupun letaknya. Bahkan ada beberapa ruang yang dihilangkan atau dirubah fungsinya.


Berikut uraiannya:


Lantai 1


Seperti yang terlihat pada gambar, bahwa ada pergantian fungsi dari ruang yang berada di samping ruang tamu. Ruang tersebut adalah kamar tamu yang di ubah fungsinya menjadi sebuah ruang sebagai tempat usaha.


Yang dimaksud tempat usaha di sini yaitu usaha yang tidak membutuhkan tempat yang luas, seperti toko alat tulis, aksesoris/penjualan komputer, counter HP, butik, dan lain-lain.


Denah Rumah Islami + Toko

Ada perubahan letak pada ruang tersebut, yaitu mundur 1 meter dari denah aslinya. Hal ini dikarenakan agar ruang itu memiliki akses yang mudah untuk menuju ke ruang keluarga. Pintu sebagai penghubung antara toko dan ruang keluarga terletak pada ujung ruang toko.


Di depan dan samping kanan toko terdapat area parkir, namun karena hanya dengan lebar 2 meter maka akan lebih laluasa apabila digunakan untuk memarkir sepeda motor. Sedangkan mobil dapat diparkir persis di depan toko, hanya saja dengan posisi yang serong dan sebagian badan mobilpun akan berada di bahu jalan.


Letak kamar utama tetap berada di belakan ruang yang sekarang dijadikan toko dan tetap dilengkapi dengan kamar mandi di dalamnya. Taman yang berada di samping kanan kamar utama diberi pagar, yaitu sebagai pembatas antara area parkir dan taman. Dengan demikian maka privasi pada kamar utama tetap terjaga.


Letak dan ukuran ruang tamu, ruang keluarga, dan ruang makan tetap sama. Tangga juga tetap berada pada ruang keluarga. Hanya saja ada perubahan pada bentuk dan arah naik turunya.


Pintu yang dijadikan sebagai akses tamu untuk menuju mushola dan kamar mandi tetap sama, yaitu melalui pintu yang terhubung dengan garasi. Jadi privasi pada ruang keluarga dan ruang makan juga akan tetap terjaga.


Karena kamar tamu kini telah dijadikan sebagai tempat untuk usaha, maka kamar tamu itu kini terletak dibagian belakang rumah. Dan kini kamar tamu juga dilengkapi dengan kamar mandi di dalamnya. Akses jalan dari dan ke kamar tamu tersebut sama dengan akses jalan untuk menuju mushola dan kamar mandi.


Lantai 2


Pada lantai ini juga terjadi perubahan serta adanya penambahan ruang baru. Seperti halnya pada denah rumah sebelumnya, pada lantai ini juga terdapat balkon, 3 kamar tidur, ruang baca, ruang setrika, kamar mandi, dan temapt cuci serta area jemur.


Namun kali ada penambahan ruang yaitu kamar mandi yang menempati tempat cuci, sehingga tempat cuci bergeser ke kiri dari denah sebelumnya. Pintu untuk menuju area jemur pun juga pindah ke kiri, sehingga kini pintu tersebut berada pada ruang setrika.


Denah Rumah Islami + Toko

Balkon yang berada di depan ruang baca kini dijadikan sebagai penghubung antara ruang yang telah saya sebutkan di atas dengan ruang yang berada di atas garasi.


Ya karena kini di atas garasi sampai ke ujung bangunan terdapat penambahan ruang, yaitu balkon, ruang serba guna, tempat wudu, musola, dan kamar mandi.


Balkon terletak di depan, setelah itu ada ruang yang saya beri nama sebagai ruang serba guna. Ruangan itu cukup luas sehingga berbagai macam kegiatan dapat di lakukan pada ruang itu, seperti ketika anda mendapat giliran untuk menyediakan tempat pada acara pengajian, rapat warga, arisan, perkumpulan keluarga, dan lain-lain.


Dengan adanya ruangan ini, anda tidak perlu menggunakan ruang tamu untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan yang membutuhkan ruang yang luas. Sehingga ketika ada kegiatan yang harus menghadirkan banyak orang, anda tetap dapat beraktifitas dengan leluasa.


Setelah ruang serba guna terdapat tempat wudu, kemudian mushola dan di sampingya terdapat kamar mandi yang diperuntukkan untuk tamu. Jadi kamar mandi tersebut bersifat umum, yaitu dapat digunakan oleh penghuni rumah dan tamu.


Namun jikalau ada tamu yang telah berusia lanjut dan tidak memungkinkan untuk menaiki dan menuruni tangga, maka tamu tersebut dapat menggunakan kamar mandi yang berada pada kamar tamu.


Tangga penghubung antara lantai atas dengan lantai bawah terletak diantara ruang serba guna dan mushola, tepatnya berada di ujung garasi. Namun untuk penghuni rumah dapat juga menggunakan tangga yang berada pada ruang keluarga, kemudian melewati ruang baca dan balkon yang berada di depannya.


Denah Rumah Islami + Toko

Demikianlah uraian singkat dari Denah Rumah Islami + Toko, lihat desain rumahnya pada: Desain Rumah Islami + Toko


Walaupun gambar denah di atas mungkin belum sempurna menurut tata ruang Islami, namun mudah-mudahan dapat menambah informasi yang dapat menjadikan gambaran bagi Anda.


Tata ruang Islami pada intinya adalah tata ruang yang dapat melindungi aurat penghuninya dari pandangan yang bukan muhrimnya, namun tetap memudahkan silaturrahim.


Semoga bermanfaat...

Load comments