Memasang Puzzle pada Dinding Kamar Anak

Memasang Puzzle pada Dinding Kamar Anak

Memasang Puzzle pada Dinding Kamar Anak

Puzzle yang biasanya dipasang pada lantai ternyata dapat juga ditempelkan pada dinding. Ada banyak warna dan gambar pada puzzle tersebut, seperti gambar hewan, buah-buahan, angka, huruf, dan tentu saja masih banyak gambar yang lainnya. Namun ada juga yang polos atau tanpa gambar.


Selain terdapat berbagai macam gambar yang dapat menjadi pilihan bagi sang anak, puzzle juga hadir dengan penuh warna-warni. Sehingga dengan menghadirkannya pada kamar anak, tentu saja warna-warni puzzle akan membawa keceriaan pada kamar anak tersebut. Bukankah anak-anak itu seharusnya penuh dengan keceriaan?


Selain dapat menghadirkan keceriaan dengan warna-warni yang ditampilkannya, puzzle juga dapat dijadikan sebagai media untuk belajar bagi sang anak. Misalnya saja jika anda memilih puzzle yang bertuliskan angka.


Setiap berada di kamar, mereka akan melihat angka-angka tersebut. Dengan begitu secara tidak langsung kita telah mengenalkan angka-angka pada mereka, sehingga anakpun akan cepat menghafalkannya. Begitu juga dengan gambar-gambar yang lainnya akan sama seperti itu.


Dengan demikian fungsi kamar bukan saja dijadikan sebagai tempat untuk beristirahat atau tidur bagi sang anak, namun juga sebagai tempat bermain sekaligus untuk belajar.


Puzzle yang dipasang pada dinding akan lebih awet jika dibandingkan dengan yang dipasang pada lantai, karena puzzle tersebut tidak akan terinjak dan akan tetap terjaga kelengkapannya. Kalaupun kotor itu merupakan coretan dari si anak atau hanya debu saja.


Namun memasang puzzle pada dinding juga mempunyai kelemahan, yaitu anak hanya dapat melihat atau menunjuknya saja. Sehingga anak tidak dapat memainkannya dengan cara membongkar kemudian memasangnya lagi.


Nah... agar anak tetap dapat bermain bongkar pasang, mungkin anda harus membaginya. Sebagian anda pasang pada lantai dan sebagian lagi ditempelkan pada dinding. Namun jika menggunakan puzzle angka atau huruf, sebaiknya dalam pembagian itu juga harus urut atau tidak secara acak.


Lalu bagaimana cara memasang atau menempelkannya puzzle pada dinding?


Sebenarnya caranya cukup mudah, anda cukup sediakan puzzle, paku, benang, palu, dan gunting saja. Setelah semua yang diperlukan tersedia, kemudian:

  1. Sebelum ditempelkan pada dinding, terlebih dahulu susun atau rangkailah puzzle dengan bentuk yang sesuai anda inginkan. Seperti bentuk kotak, memanjang, letter "L" atau bentuk huruf yang lainnya, bentuk angka, dan sebagainya.

  2. Tancapkan paku pada setiap ujung dari bentuk puzzle yang telah tersusun.

  3. Ikatkan benang pada paku yang satu dengan yang lainnya. Benang-benang tersebut harus saling berkaitan agar puzzle dapat menempel dengan kuat.


Untuk lebih jelasnya silakan lihat pada gambar di bawah ini:


Memasang Puzzle pada Dinding Kamar Anak

Bagaimana, caranya cukup mudah bukan?


Demikianlah salah satu cara untuk menghadirkan keceriaan pada kamar anak, yaitu dengan Memasang Puzzle pada Dinding Kamar Anak. Puzzle tersebut sekaligus juga dapat dijadikan sebagai media untuk pembelajaran bagi sang anak.


Semoga bermanfaat...

Load comments