Plin Kaca Membuat Ruangan Tampak Bersih dan Elegan

Plin Kaca Membuat Ruangan Tampak Bersih dan Elegan

Plin Kaca Membuat Ruangan Tampak Bersih dan Elegan

Bicara tentang kaca memang seperti tidak ada habisnya. Material yang pada dasarnya memiliki sifat mudah pecah dan licin ini sungguh memiliki nilai estetika yang tinggi. Bahkan kini penggunaan kaca pada bangunan semakin luas dan berkembang.


Jadi penerapan kaca kini bukan hanya untuk jendela dan sebagai selimut dari gedung-gedung yang tinggi saja, namun kaca juga dapat dijadikan menjadi tangga, lantai, atap, dan lain-lain. Walaupun memang kaca belum dapat dijadikan sebagai struktur bangunan.


Pemasangan kaca pada kaki dinding yang dijadikan sebagai pembatas antara dinding dengan lantai merupakan salah satu penerapan pada bangunan. Penerapan seperti ini lebih dikenal dengan nama plin/skirting.


Singkatnya adalah bahwa plin/skirting merupakan penutup kaki dinding yang berbatasan langsung dengan lantai. Biasanya dengan tinggi antara 10 cm - 15 cm dan untuk panjangnya dapat disesuaikan dengan selera masing-masing orang. Seperti sesuai dengan ukuran keramik, granit, atau material yang lain dari lantainya.


Pemasangan plin yang baik adalah rata dengan dinding, jadi tidak menonjol atau tidak menempel pada permukaan dinding. Karena dengan pemasangan seperti ini, justru permukaan atas dari plin dapat menjadi tempat berkumpulnya debu.


Apabila ini terjadi tentu saja bukannya kebersihan yang Anda dapatkan, namun justru akan menimbulkan kesan kotor dan tampak tidak rapi.


Jadi untuk perapan plin dari material kaca, seharusnya agar benar-benar rata dengan permukaan dinding atau dapat juga lebih menjorok ke dalam. Dan jangan lupa agar diberi nat antara bagian permukaan atas plin kaca dengan permukaan dinding di atasnya.


Matreial kaca banyak sekali jenisnya, namun untuk plin kaca biasanya menggunakan jenis kaca warna. Hitam adalah warna yang netral, ini dapat menjadi pilihan bagi Anda.


Maka apa pun warna lantai dan cat dindingnya akan dapat berpadu dengannya. Jenis kaca ini lebih dikenal dengan sebutan kaca riben. Anda juga dapat menggunakan warna yang lainnya, akan tetapi sayangnya tidak banyak tersedia pilihan warnanya untuk jenis kaca ini.


Saran saya lebih baik gunakan saja warna hitam karena selain dapat mudah dipadukan dengan warna lantai dan dindingnya, kaca warna hitam juga akan memunculkan kesan elegan pada ruangan rumah Anda.


Atau Anda bisa juga berkreasi dengan menggunakan jenis kaca yang lainnya, akan tetapi sebelum menggunakannya pertimbangkanlah secara matang baik dari segi pembiayaan, keawetan, perawatan, dan yang pasti juga dari segi keindahannya.


Bagaimana menurut Anda, apakah tertarik untuk menerapkan plin kaca pada rumah kesayangan Anda?


Plin Kaca Membuat Ruangan Tampak Bersih dan Elegan, karena dapat membuat dinding menjadi lebih mudah terjaga. Baik dari berbagai macam gesekan yang dapat merusak dinding maupun dari debu yang berada pada sudut pertemuan antara dinding dan lantai.


Kotoran atau noda pada dinding yang ditimbulkan saat mengepel lantai juga dapat dihindari dan pastinya estetika yang ditimbulkan oleh kaca akan semakin memperindah interior rumah.


Semoga bermanfaat...

Load comments