Peralatan yang Sebaiknya Tersedia di Rumah

Peralatan yang Sebaiknya Tersedia di Rumah

Peralatan yang Sebaiknya Tersedia di Rumah

Memang tidak setiap orang mempunyai keahlian dalam dunia bangunan, kelistrikan, ataupun elektronika. Karena memang di dunia ini orang terlahir dengan keahlian yang berbeda-beda.


Walaupun pekerjaan yang digeluti tidak ada hubungannya dengan segala sesuatu dalam lingkup pekerjaan di atas, akan tetapi seyogyanya kita mengerti dan dapat melakukan pekerjaannya. Itu semua kadang akan diperlukan di rumah, karena memang bangunan rumah terdiri dari beberapa unsur.


Pekerjaan dalam bangunan yang saya maksud di sini adalah dapat melakukan pekerjaan-pekerjaan kecil yang biasa dilakukan oleh pekerja bangunan, lisrtik, maupun elektronika. Seperti sekedar menambal dinding yang rusak atau sekedar memasang kran air misalnya. Juga sekedar memasang saklar lampu dan memperbaiki mainan anak-anak.


Untuk melakukan pekerjaan tersebut di atas, tentunya kita membutuhkan peralatan. Bahkan dengan tersedianya peralatan yang biasa digunakan oleh pekerja bangunan, kita juga bisa melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan kelistrikan dan elektronika. Walaupun itu semua adalah hanya pekerjaan yang sederhana, bukan seperti ahlinya.


Berikut ini adalah Peralatan yang Sebaiknya Tersedia di Rumah:


Obeng

Alat ini sangat banyak kegunaannya, terutama untuk melakukan pekerjaan yang berhungan dengan kelistrikan dan elektronika. Misalnya saja untuk memasang atau memperbaiki rangkaian listrik, membuat istalasi lampu yang baru ( fitting lampu ), memasang klem selang kompor gas, dan lain-lain. Bahkan obeng banyak dibutuhkan ketika memperbaiki mainan anak yang rusak atau hanya sekedar untuk membuka skrup ketika hendak memasang baterainya saja.


Terdapat 2 jenis obeng yaitu obeng plus (+) dan min (-). Ukurannya juga bermacam-macam, ada yang kecil dan ada yang besar juga ada yang pendek dan yang panjang. Apabila memiliki berbagai ukuran dari kedua jenis tersebut, itu tentu saja akan lebih baik.


Tespen

Tespen berfungsi untuk mengetahui ada tidaknya daya atau tegangan listrik pada rangkaian instalasi listrik maupun benda lainnya. Karena bentuknya yang sama dengan obeng, maka tespen juga dapat digunakan seperti obeng. Akan tetapi tespen tidak akan sekuat obeng. Jadi biasanya selain untuk mengetahui daya atau tegangan listrik, tespen digunakan untuk membuka skrup pada komponen listrik. Selain itu juga dapat digunakan untuk membuka skrup pada mainan anak-anak.


Dengan begitu, tespen juga penting keberadaan bagi kita. Bukankah kadang kita juga perlu untuk sekedar memperbaiki instalasi listrik? Seperti memperbaiki atau memasang kabel pada fitting (dudukan) lampu, saklar, dan steker (colokan).


Tang/Penjepit

Fungsi alat ini adalah untuk mencepit, memotong kawat kecil dan kabel. Ukuran dan fungsinya juga bermacam-macam. Tang yang berukuran kecil biasanya digunakan untuk hal-hal yang berhubungan dengan listrik, untuk memotong kabel misalnya. Sedangkan tang yang besar dapat digunakan untuk memotong kawat juga untuk membengkokannya, mencabut paku, dan lain-lain.


Palu

Palu biasanya digunakan untuk menancapkan paku baik itu pada dinding maupun pada tempat yang lainnya. Alat ini sangat dibutuhkan seperti pada saat kita akan memasang bingkai foto pada dinding, karena kita harus menancapkan paku terlebih dahulu sebagai media untuk meletakkan bingkai foto. Juga pada saat kita akan memasang jam dinding, memasang kalender, menggantungkan sapu, dan lain-lain.


Gunting Taman

Alat ini tentu saja dibutuhkan bagi mereka yang memiliki taman, karena alat ini digunakan untuk merapikan tanaman. Yaitu untuk memotong dahan dan ranting tanaman agar menjadi rapi atau untuk membentuknya dengan pola tertentu.


Gergaji Kayu

Memang alat ini tidak terlalu banyak digunakan, namun kadang-kadang kita juga membutuhkannya. Alat ini digunakan untuk memotong kayu dan bambu. Misalnya untuk memotong pohon, ranting pohon yang agak besar, kayu lapis, membuat pagar dari bambu, dan lain-lain.


Gergaji besi

Alat ini akan dibutuhkan oleh kita ketika membuat atau memperbaiki saluran air yaitu untuk memotong pipa PVC. Juga akan dibutuhkan untuk memotong benda yang terbuat dari besi.


Sabit

Alat ini digunakan untuk memangkas rumput juga untuk memotong kayu. Bagi Anda yang mempunyai taman atau kebun baik di samping maupun di belakang rumah, alat ini wajib Anda punya. Selain itu, alat ini dapat digunakan saat ada kerja bakti untuk membersihkan lingkungan.


Cangkul

Bagi Anda yang hidup diperkotaan mungkin tidak memerlukannya. Namun bagi yang melangsungkan kehidupannya di desa, alat ini sangat bermanfaat walaupun tidak mempunyai sawah dan kebun. Kehidupan di desa akan sering diadakan kerja bakti, seperti kebersihan lingkungan, memperbaiki jalan, memasang saluran air bersih, dan lain-lain.


Sendok Semen (Cetok)

Alat ini dapat digunakan untuk memperbaiki dinding atau lantai yang rusak, karena alat ini digunakan pada pekerjaan bangunan yang berhubungan dengan semen. Jadi apabila hanya sekedar menambal sedikit dinding yang rusak, maka Anda dapat melakukannya sendiri tanpa harus menggunakan jasa pekerja bangunan. Dengan begitu akan lebih hemat bukan?


Itulah alat-alat yang sebaiknya tersedia di rumah. Dengan mempunyai alat ini, maka Anda tidak perlu meminjam kepada tetangga ketika membutuhkannya.


Semoga bermanfaat...

Load comments