Tinggi Ideal Bak Mandi

Ukuran ideal bak mandi, tinggi ideal bak mandi, ukuran bak mandi 2 qullah.
Tinggi Ideal Bak Mandi

Bak sebagai tempat untuk menampung air pada kamar mandi merupakan salah satu elemen yang tidak terpisahkan keberadaan dari sebuah kamar mandi.

Memang benar kini banyak kamar mandi yang tidak tersedia bak, mereka lebih memilih menggunakan ember sebagai tempat untuk menampung air.

Bagi yang lebih memilih menggunakan bak mandi, ada baiknya jika tinggi bak mandi dibuat dengan ukuran yang ideal.

Mengapa demikian?

Karena hal tersebut akan berhubungan dengan kenyamanan, keamanan, serta kemudahan dalam memakainya, sehingga ini menjadikannya sangat penting.

Ukuran Bak Mandi

Sebelum membuat bak silakan ukur berapa luas kamar mandi, agar dapat selaras dengan tempat yang tersedia sehingga kamar mandi nyaman serta mudah digunakan dan tidak terasa sesak.

Ada baiknya jika tidak membuat bak yang besar, walaupun tempat yang tersedia mencukupi. Bak yang besar dapat membuat repot ketika mengurasnya, karena akan membutuhkan tenaga dan waktu yang lebih banyak.

Berbeda dengan bak yang berukuran kecil, membersihkannya secara rutin tidak menyita tenaga dan waktu yang banyak sehingga bak mandi akan selalu terjaga kebersihannya.

Jika memungkinkan, bagi kaum muslim hendaknya membuat bak mandi dengan volume air sebanyak 2 kulah ( qullah ) karena air yang mencukupi 2 qullah dapat dikatakan lebih aman dari najis.

Tinggi Ideal Bak Mandi

Ukuran tinggi bak merupakan salah satu unsur yang dapat mempengaruhi kenyamanan, kemudahan, serta keamanan bagi yang menggunakannya.

Jika bak terlalu tinggi, maka dapat membuat repot bagi orang yang memiliki ukuran badan yang kurang tinggi. Apalagi bagi anak-anak yang memang belum tinggi karena memang masih kecil. Selain itu saat mandi juga akan membuat lelah ketika mengangkat air dengan gayung.

Jika bak terlalu tinggi bisa merepotkan bagi orang yang memiliki ukuran badan kurang tinggi, apalagi bagi anak-anak. Selain itu saat mandi juga akan membuat lelah ketika mengambil air pada bak mandi menggunakan gayung.

Jikalau bak terlalu pendek juga kurang baik, percikan air akan lebih mudah masuk kedalam bak sehingga rentan terkena najis. Bagi anak balita juga kurang aman, jika anak tersebut melongok kedalam bak dan jatuh kedalamnya maka ini sangat berbahaya.

Tinggi Ideal Bak Mandi

Tinggi ideal bak mandi adalah sekitar 80 cm - 100 cm, misalanya tinggi orang 170 cm maka tinggi bak mandi bisa dibuat lebih kurang setinggi 100 cm.

Bagi yang menggunakan bak mandi fiber, jika merasa kurang tinggi silakan atur penempatannya agar ketinggian bak mandi menjadi ideal. Biasanya tinggi bak fiber adalah 60 cm dan 70 cm, maka untuk mendapatkan tinggi bak yang ideal maka sesuakan ketinggian dudukannya.

Simpulan

Tinggi bak mandi merupakan salah satu unsur yang mempengaruhi keamanan, kenyamannan, dan kemudahan dalam memakainya. Sesuaikanlah dengan penghuni rumahnya, karena walau bagaimana pun penghuni rumahlah yang akan sering menggunakannya.

Ukurlah dengan teliti sebelum membuatnya, agar tinggi bak mandi sesuai dengan yang diharapkan. Jangan sampai keliru agar tidak kecewa, merubah ukuran setelah bak mandi jadi tentu akan membutuhkan biaya lagi.

Perlu diingat juga bahwa kamar mandi adalah tempat di mana terdapat banyak najis, jadi usahakanlah agar air di dalam bak mandi terjaga dari percikan air yang berasal dari toilet, lantai kamar mandi, dan segala sesuatu yang dapat mengakibatkan najis masuk ke dalamnya.

Bagi yang menginginkan ukuran bak 2 qullah, dapat mensiasatinya antara panjang, lebar, dan tingginya. Asalkan volume air tetap memenuhi ukuran 2 qullah.

Misalnya apabila menggunakan ukuran 60 cm x 60 cm x 60 cm dan tempat kurang memungkinkan maka dapat diganti 80 cm x 45 cm x 60 cm. Silakan sesuaikan dengan ketersediaan tempatnya agar aman, nyaman dan mudah digunakan.

Semoga bermanfaat...

Baca juga :
Klik Fashion & Kosmetik atau Perlengkapan Rumah & Elektronik untuk melihat kumpulan produk!
Menulis dan berbagi sesuatu yang dapat bermanfaat itu menyenangkan.