Cara Tepat untuk Memilih Warna Ruang

Cara Tepat untuk Memilih Warna Ruang

Cara Tepat untuk Memilih Warna Ruang

Menentukan warna yang cocok untuk ruangan di rumah kadang menjadi sesuatu hal yang dapat membingungkan. Karena hal ini akan dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti tema bangunan, tema ruangan, warna favorit, fungsi ruang, jenis ruang, pencahayaan, memunculkan kesan tertentu, mengikuti trend, dan hingga mungkin ada yang tanpa tujuan apapun.


Itulah yang dapat menyebabkan kebingungan dalam memilih warna apa yang tepat untuk setiap ruangnya, karena bukan hal yang mudah untuk dapat menggabungkan beberapa faktor di atas. Sehingga dapat menjadi pewarnaan yang kontras, apalagi jika penempatannya kurang pas sehingga hal ini dapat menyebabkan tidak enak untuk dilihat.


Maka dari itu cara yang paling tepat adalah berdasarkan fungsi ruangnya saja, Karena setiap ruang tentu saja akan mempunyai fungsi yang berbeda. Dan setelah itu Anda dapat menambahkan warna-warna yang lain pada elemen pembentuk ruangnya.


Ada baiknya juga dengan mempertimbangkan agar warna yang diaplikasikan dapat menjadi sarana untuk menghemat energi. Jika memilih warna yang kurang terang dan sedangkan ruang sangat minim adanya pencahayaan alami, maka lampu akan sering dinyalakan. Dengan begitu akan mempengaruhi terhadap besaran energi listrik yang digunakan. Dan pada akhirnya Anda harus mengeluarkan biaya atas energi listrik yang digunakan.


Jadi pada intinya adalah Anda harus mengenali terlebih dahulu fungsi ruangnya. Misalnya saja untuk ruang keluarga dapat menggunakan warna yang cerah namun tetap dapat membentuk suasana. Silakan tentukan fungsi ruang tersebut, apakah untuk bekerja, beristirahat, berkumpul bersama keluarga, dan lain-lain.


Untuk ruang yang berfungsi sebagai tempat untuk beristirahat yaitu kamar tidur, Anda dapat menggunakan warna yang nyaman di mata. Seperti warna biru muda misalnya, atau warna lainnya yang dapat menentramkan. Karena beristirahat tentu saja dibutuhkan suasana yang nyaman, tenang, dan damai. Sehingga dapat membuat tubuh dan otak menjadi relaks.


Untuk ruang kerja sebaiknya menggunakan warna yang cerah, agar dapat membuat bersemangat. Sedangkan ruang untuk berkumpul dengan keluarga dibutuhkan suasana yang hangat agar dapat menumbuhkan keakraban.


Setelah Anda menentukan warna dominan untuk ruang sesuai dengan fungsinya. Agar tidak membosankan dan tetap dapat memberikan tempat bagi warna favorit Anda untuk menjadi bagian dari pewarnaan ruang, maka silakan berikan sentuhan warna favorit Anda. Aplikasinya dapat diwujudkan dalam bentuk warna aksen atau pada dekorasi ruangannya.


Pada dasarnya dalam pemilihan warna aksen adalah agar dipilih warna yang cocok untuk dipadukan dengan warna dominannya. Namun karena warna yang dipilih adalah yang termasuk dalam daftar warna favorit, maka usahakan agar tetap memilih warna yang serasi untuk dipadukan dengan warna dominannya.


Bukankah biasanya warna favorit seseorang itu lebih dari satu?


Apabila memang tidak ada warna favorit yang pas untuk dipadukan dengan warna dominannya, maka sepertinya itu juga tidak menjadi masalah. Asalkan saja dengan penempatan yang tepat dan tidak berlebihan. Kadang warna kontraspun justru malah dapat menjadikan ruang tampak apik.


Dan jika lebih memilih untuk mengaplikasikan warna favorit pada dekorasi ruangan, maka warna tersebut dapat dijadikan sebagai warna dominan pada lukisan, poster, atau bingkai foto. Atau bisa saja warna itu Anda tuangkan pada keramik lantai, seprei, korden, karpet, dan elemen pembentuk ruang lainnya.


Semoga bermanfaat...

Load comments