Manfaat Taman Bagi Penghuni Rumah

Manfaat Taman Bagi Penghuni Rumah

Manfaat Taman Bagi Penghuni Rumah

Taman dapat dibuat di depan, belakang, atau di dalam rumah. Bahkan kini banyak taman yang dibuat di atap rumah atau yang lebih dikenal dengan nama roof garden.


Keberadaan taman di rumah akan membawa manfaat yang banyak, walaupun hanya dengan ukuran yang kecil apalagi jika berukuran besar.


Namun tentu saja taman yang terawat bukan taman yang tanamannya dibiarkan tumbuh tanpa adanya penataan yang baik. Apabila kondisi taman seperti ini maka bukan manfaat yang akan diperoleh oleh penghuni rumahnya, namun malah akan membuat pemandangan yang tidak enak untuk dilihat karena akan tampak kotor dan semrawut.


Jadi agar taman dapat membawa manfaat yang baik, maka harus selalu di rawat secara teratur. Juga perlu ditata agar enak untuk dipandang.


Taman yang dirawat dan ditata dengan baik akan membawa beberapa manfaat, seperti berikut ini:


Membuat Rumah Tampak Asri


Rumah yang terdapat tumbuh-tumbuhan akan membuatnya tampak asri, sehingga memunculkan kesejukan. Dengan begitu bukan hanya Anda yang merupakan sebagai penghuni rumah saja yang akan menikmati keasriannya, akan tetapi tetangga Anda juga dapat menikmatinya pula. Tentu saja jika taman tersebut terletak di depan rumah atau pada area yang dapat terlihat dari luar area rumah.


Membuat Rumah Lebih Indah


Hadirnya berbagai macam jenis dan warna bunga akan membuat rumah lebih indah. Warna-warni bunga tersebut dapat membuat hidup lebih ceria dan bersemangat. Sehingga ini dapat menjadi dekorasi rumah yang indah sekaligus baik bagi kehidupan Anda.


Membuat Udara Lebih Segar


Oksigen yang dihasilkan oleh tumbuh-tumbuhan pada siang hari akan membuat udara lebih segar dengan oksigen yang melimpah. Oksigen ini akan memasuki rumah melalui apa saja yang dapat dilaluinya, baik itu lubang yang sengaja dibuat sebagai ventilasi udara maupun melewati celah-celah yang ada.


Ini akan membuat udara di dalam rumah menjadi segar, sehingga bernafas di dalam rumah pun menjadi terasa longgar. Dengan begitu akan membuat badan menjadi segar dan sehat.


Menenangkan Jiwa


Memandang sesuatu yang indah dan segar itu dapat membuat hati menjadi tenang dan damai. Minum secangkir teh sambil menikmati suasana taman dapat membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks, sehingga dapat menghilankan rasa penat karena rutinitas pekerjaan maupun kegiatan lainnya.


Selain itu, melihat apa yang kita tanam dapat tumbuh dengan baik itu akan sangat membahagiakan. Bukankah rasa bahagia itu dapat menyehatkan badan dan pikiran? Bukankah kebahagiaan itu dapat membuat hidup lebih bersemangat?


Menyehatkan Mata


Memandang sesuatu yang hijau itu dapat menghilangkan rasa lelah di mata. Tumbuhan yang berwarna hijau sangat baik untuk kesehatan mata kita, apalagi memandanginya dipagi hari saat embun masih merayapi dedaunan. Ada yang bilang, memandangi tumbuhan yang hijau secara rutin dapat mengurangi mata minus atau bahkan dapat menyembuhkannya.


Sebagai Resapan Air


Seperti kita ketahui, kini resapan air semakin menyempit saja. Bukan hanya di kota, di desa pun kini hampir semua halaman rumah telah tertutup oleh material bangunan yang tidak bisa menyerap air atau menyalurkan air ke dalam tanah. Sehingga air tersebut akan mengalir ke jalan dan tentu saja dapat mengakibatkan banjir.


Dengan adanya taman di rumah, ini dapat menjadi sarana untuk tempat resapan air. Walaupun mungkin tidak banyak volume air yang akan maresap ke dalam tanah melaluinya, namun paling tidak dapat mengurangi volume air yang mengalir di jalan-jalan atau pada gorong-gorong. Dengan begitu akan dapat meminimalisir terjadinya banjir.


Ini berarti juga akan bermanfaat bagi penghuni rumah, karena bukankah banjir itu juga akan merepotkan kita?


Sebagai Sarana untuk Menyalurkan Hobi


Bagi Anda yang mempunyai hobi tanam menanam, mempunyai taman dapat menjadi sarana bagi Anda untuk menyalurkan hobi. Ini dapat dijadikan untuk mengisi waktu luang Anda, sehingga akan sangat bermanfaat.


Sarana untuk Menghasilkan Uang


Selain untuk menyalurkan hobi, ternyata taman juga dapat menjadi sarana untuk menghasilkan uang yaitu bisnis tanaman hias. Bukankah ini sangat menyenangkan?


Itulah beberapa manfaat dari taman, namun sebaiknya juga harus menyesuaikan tanaman yang cocok untuk di tanam pada taman di rumah.


Jika ukuran taman sangatlah kecil dan sangat berdekatan dengan rumah, seyogyanya tidak menanam pohon yang dapat menjadi besar. Cukup Anda tanam bunga saja, karena pohon yang besar jika terlalu dekat dengan rumah maka dapat membahayakan.


Selain akarnya yang dapat merusak pondasi rumah, pertimbangkanlah juga jika pohon tersebut sampai tumbang dan mengenai rumah, baik itu rumah Anda maupun tetangga.


Dan hindarilah menanam pohon beringin di area rumah Anda, karena mahkluk halus biasanya suka untuk tinggal pada pohon ini. Jika demikian bisa-bisa rasa takut yang akan Anda dapatkan.


Semoga bermanfaat...

Load comments