Akibat Copy Paste Artikel terhadap Pelakunya

Akibat Copy Paste Artikel terhadap Pelakunya

Akibat Copy Paste Artikel terhadap Pelakunya

Banyak situs yang membahas tentang copas artikel yang dapat berakibat pada memburuknya seo blog. Memang copas artikel secara membabi buta itu sangat merugikan situs asli pemilik artikel tersebut maupun penulisnya.


Namun kali ini rumahsae.com akan membahas akibat copas artikel dengan sisi lain, yaitu terhadap diri pelaku itu sendiri.


Copas artikel yang dimaksud di sini ialah copas untuk dipublikasikan kembali sama persis dengan aslinya, jadi bukan untuk digunakan sebagai referensi atau sekedar untuk mencari ide.


Mengcopas artikel milik orang lain kemudian secara mentah-mentah mempublikasikannya, tentu saja akan merugikan pemiliknya. Hal itu akan diperparah jikatanpa mencantumkan sumbernya.


Tetapi jika hanya mengambil inti sari dari sebuah artikel kemudian menulisnya kembali dengan gaya bahasa sendiri, tentu saja akan berbeda dengan aslinya karena pastinya ada pengurangan dan penambahan kalimat dan data-data lainnya sehingga membuatnya tidak sama persis.


Jadi artikel tersebut hanya sebagai referensi saja atau sekedar untuk mendapatkan ide, bukan dipublikasikan kembali sama persis secara utuh.


Mungkin meniru beberapa kalimat itu adalah hal yang wajar, karena kesamaan isi atau tema dari sebuah artikel tentu saja dapat menimbulkan kalimat yang sama. Misalnya saja melukiskan bunga melati, pastinya siapa saja akan menuliskan pada postingannya bahwa bunga melati itu berwarna putih bukan?


Namun tentu saja isi dari keseluruhan dari artikel yang melukiskan bunga melati itu akan berbeda, karena pengetahuan, cara pandang serta cara mendiskripsikan dan gaya bahasa setiap orang itu dapat berbeda.


Setiap situs tentu dapat mempunyai aturan yang berbeda-beda. Ada yang melarang artikelnya untuk dicopas sama sekali, namun ada juga yang mengizinkannya tetapi syarat tertentu atau bisa juga tanpa adanya syarat apapun.


Lalu apa akibat bagi palakunya?


Berhati-hatilah bagi penayang iklan atau yang memonetisasi situsnya dan di dalamnya terdapat artikel copas yang kemudian dipublikasikan mentah-mentah secara semena-mena, bukan hanya sebagai referensi saja.


Jika ini yang terjadi berarti uang yang diperoleh merupakan hasil dari pekerjaan yang tidak baik. Ingatlah kehidupan bukan hanya berlangsung di dunia saja, namun ada kehidupan tanpa batas yaitu akhirat.


Rezeki yang didapatkan dengan cara yang tidak baik, tentu saja tidak akan membawa kebaikan bagi seseorang.


Apalagi jika rezeki tersebut untuk dinafkahkan bagi keluarganya, itu sama saja menafkahi keluarga dengan rezeki yang didapat dari pekerjaan tidak baik. Maka janganlah mempublikasikan artikel milik orang lain dengan semena-mena.


Jadi akibatnya adalah penghasilan yang diterima akan bercampur dengan hal-hal yang tidak baik.


Memang ini terkesan sangat ringan, namun tentu saja bukan tindakan yang bijak.


Seyogyanya sempatkan untuk selalu membaca aturan situs yang telah disediakan, karena di dalamnya terdapat aturan bagi pengunjungnya.


Semoga bermanfaat...

Load comments