Atasi Busuk Buah pada Tanaman dengan Lalat

Atasi Busuk Buah pada Tanaman dengan Lalat

Atasi Busuk Buah pada Tanaman dengan Lalat

Busuknya buah pada tanaman dapat disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya karena lalat. Dengan dihinggapinya oleh serangga kecil bersayap ini, buah pada tanaman dapat menjadi busuk. Hal ini dikarenakan banyak terdapat bakteri, virus, serta kuman pada lalat.


Bukan rahasia lagi kalau lalat suka makan dan hinggap pada sampah juga benda-benda yang kotor dan busuk. Di tempat inilah bersarangnya bakteri, virus, dan kuman yang menyebabkan berbagai penyakit. Dengan demikian, lalat pastinya juga akan membawa banyak penyakit.


Penyakit yang dibawa binatang kotor inilah yang dapat menyebabkan busuk pada buah. Jadi bukan karena buah dimakan oleh lalat, namun hanya karena dihinggapinya saja dapat menjadi busuk.


Diceritakan oleh seorang alim, bahwa ada petani kentang mengeluh kepada beliau tentang hasil panennya. Petani tersebut mengatakan jika hasil panennya menurun karena banyak kentang yang busuk. Kata mereka, lalat adalah merupakan penyebabnya. Hanya karena dihinggapinya saja, maka kentang-kentang akan menjadi busuk dalam beberapa waktu.


Kemudian petani disarankan agar pada saat menyemprot tanaman kentang dengan menggunakan obat pertanian yang biasa digunakan, maka masukkanlah juga 3 atau 4 ekor lalat pada tangki semprot.


Selang beberapa waktu, petani tersebut memberikan beberapa karung kentang kepada orang alim itu. Ini dilakukan sebagai bentuk ucapan terima kasih atas saran yang telah diberikan, karena sekarang kentang-kentang dari hasil pertaniannya sudah tidak busuk lagi.


Dari cerita di atas dapat disimpulkan bahwa lalat dapat dijadikan obat untuk mengatasi busuk pada kentang. Yaitu dengan memasukkan lalat pada tangki semprot, itu berarti lalat dijadikan sebagai obat yang disemprotkan pada tanaman.


Jadi untuk atasi busuk pada buah yang disebabkan oleh lalat dapat menggunakan lalat. Silakan masukkan lalat ke dalam tangki semprot yang telah berisi air. Kemudian semprotkanlah pada buah dan tanaman. Atau anda juga dapat mencampurkan serta obat pertanian pada tangki yang berisi lalat dan air tersebut.


Lalu, mengapa lalat dapat dijadikan obat untuk mengatasi busuk pada buah?


Cerita tentang petani yang menggunakan lalat untuk mengatasi busuk buah pada tanaman kentang di atas, ternyata dapat dihubungkan dengan hadist tentang lalat.


Rasulullah SAW bersabda: "Jika ada seekor lalat yang jatuh ke dalam minuman kalian maka tenggelamkanlah kemudian angkatlah, karena pada salah satu sayapnya penyakit dan sayap lainnya terdapat obatnya." (HR. Bukhari)


Banyak penelitian ilmiah yang membenarkan bahwa pada salah satu sayap lalat (kiri) terdapat penyakit, sayap bagian ini digunakan oleh lalat sebagai pertahanan. Sedangkan sayap sebelah kanan terdapat penawar/obatnya.


Jadi cerita di atas sekaligus merupakan sebagai bentuk pembuktian, bahwa hadist tentang lalat yang juga telah diteliti secara ilmiah memang benar.


Selamat mencoba dan semoga bermanfaat...

Load comments