Fungsi Tandon Air yang Utama

Fungsi Tandon Air yang Utama

Fungsi Tandon Air yang Utama

Tandon air atau tangki air merupakan suatu alat yang digunakan untuk mengumpulkan atau penampungan air, baik yang berasal dari sumur, sumber mata air, PAM, air hujan, dan lain-lain.


Penampung air yang juga biasa disebut dengan toren ini ternyata sangat bermanfaat dalam pemenuhan kebutuhan air. Baik itu bagi rumah tangga maupun pada bangunan publik yang di dalamnya terdapat fasilitas seperti kamar mandi/toilet atau apa pun itu yang membutuhkan air.


Ada 2 fungsi tandon air yang utama yaitu:


Tempat Menyimpan Persediaan Air


Dengan tersedianya tempat penampung air ini, maka dapat dikatakan bahwa persediaan air akan selalu aman terkendali. Artinya jika suatu saat tiba-tiba sumber air tidak berjalan semestinya, Anda tetap mempunyai cadangan air yang dapat digunakan.


Tentu saja hal ini akan dipengaruhi oleh seberapa besar ukuran tandon yang digunakan. Juga jika pada saat itu dalam keadaan terisi penuh, atau paling tidak ada isinya walaupun cuma hanya setengahnya saja.


Seperti halnya pada saat listrik padam, jika menggunakan air yang berasal dari sumur maka pompa air tidak dapat dinyalakan. Dengan begitu tentu saja tidak dapat mengalirkan air saat Anda membutuhkannya.


Akan tetapi jika terdapat penampung air, sambil menunggu pompa air dapat difungsikan kembali maka persediaan air akan tetap ada.


Juga bagi yang mencukupi kebutuhan air dengan memanfaatkan fasilitas PAM, ketika tiba-tiba air tidak mengalir maka tidak perlu khawatir karena persediaan masih ada.


Bagi yang kesulitan mendapatkan air bersih sehingga memanfaatkan air hujan sebagai pemenuhan kebutuhan yang utama, maka tandon air menjadi sesuatu yang sebaiknya dimiliki.


Baca juga: Macam-Macam Ukuran dan Kapasitas Tangki Air Penguin


Untuk Menghemat Pemakaian Energi Listrik


Khususnya bagi yang menggunakan air yang bersumber dari sumur, tentu membutuhkan energi listrik untuk menyalakan pompa air. Dan semakin sering menyalakannya tentu listrik akan semakin boros, tentu saja akan berimbas pada biaya yang harus dikeluarkan.


Lain halnya jika tersedia tandon, maka pemakaian energi listrik akan lebih hemat. Pompa air akan dinyalakan ketika air dalam tandon habis, dengan demikian Anda tidak akan sering menyalakan pompa air bukan?


Dan bukankah ini juga salah satu cara bentuk penghematan dalam pemakaian energi listrik?


Itulah 2 fungsi utama dari tandon air, maka gunakanlah alat penampung air ini dan rasakan manfaatnya.


Semoga bermanfaat...

Load comments