Lebih Baik Membeli Tanah atau Rumah

Lebih Baik Membeli Tanah atau Rumah

Lebih Baik Membeli Tanah atau Rumah

Apakah akan membeli rumah atau sebidang tanah yang nantinya juga untuk mendirikan bangunan sebagai tempat tinggal, hal ini akan dipengaruhi oleh ketersediaan dana dan atau ketersediaan obyek yang akan dibeli.


Kedua hal tersebut sangat berkaitan karena mustahil jika mempunyai dana namun tidak ada tanah maupun rumah yang akan dijual, begitu juga sebaliknya.


Lalu bagaimana jika dana telah tersedia dan tanah maupun rumah juga ada yang akan dijual? Tentu saja pertimbangan beberapa orang akan berbeda, karena ini juga akan dipengaruhi oleh minat dan niat dari masing-masing orang.


Jadi yang akan dibahas di sini adalah antara membeli tanah atau rumah, dan kedua pilihan tersebut tidak dipengaruhi oleh ketersediaan obyek yang akan dibeli artinya keduanya sama-sama tersedia. Karena akan berbeda halnya jika Anda tinggal di daerah perkotaan yang akan sangat sulit untuk mendapatkan tanah yang akan dibeli.


Maka bagi Anda yang tinggal di perkotaan biasanya akan membeli rumah kemudian jika merasa kurang pas dengan tata ruang dan tampilannya kemudian merenovasinya baik sebagian maupun secara total.


Sebenarnya banyak hal yang harus dipertimbangkan ketika hendak menentukan apa yang harus dibeli, apakah rumah atau sebidang tanah tentu saja mempunyai keuntungan yang berbeda-beda.


Pilihan Membeli Tanah


Jika Anda membeli tanah itu berarti akan dibutuhkan dana untuk membangun rumah, yang tidak menutup kemungkinan akan lebih mahal jika membeli rumah yang telah siap untuk dihuni. Akan tetapi rumah yang dibangun nantinya dapat sesuai dengan keinginan dan kebutuhan akan ruang juga dapat disesuaikan. Model serta bahan bangunan juga dapat sesuai dengan selera Anda.


Dan yang tak kalah penting adalah bagaimana dalam penataan ruangnya, jadi bukan hanya kebutuhan ruangnya saja yang harus diperhatikan.


Apalagi bagi seseorang yang percaya dengan ukuran tertentu yang dapat membawa keberuntungan untuk setiap lubang pintu dan jendela, membangun rumah tentu akan lebih baik apabila dibandingakan dengan membeli rumah.


Memang dengan membeli rumah, nantinya dapat direnovasi sesuai dengan keinginan. Namun bukankah itu juga akan membutuhkan biaya lagi?


Sedangkan dengan membeli tanah, memang selain membutuhkan biaya untuk pembangunan rumah juga akan menyita tenaga dan pikiran baik dalam perencanaan maupun waktu pelaksanaannya. Namun semua itu akan terbayarkan dengan kepuasaan setelah bangunan rumah jadi dan siap untuk dihuni.


Pilihan Membeli Rumah


Ketersediaan tanah yang semakin terbatas dan dengan harga yang semakin melambung tinggi, membeli rumah dapat menjadi pilihannya. Dengan membeli rumah yang telah siap dihuni itu tidak akan merepotkan Anda seperti ketika membeli tanah.


Seperti apa yang telah diuraikan di atas, ketika membeli tanah berarti Anda harus memikirkan untuk membangun rumah. Akan tetapi itu tidak terjadi ketika Anda memilih untuk membeli rumah.


Setelah membeli rumah, maka Anda dapat memberi sentuhan agar tampilan rumah sesuai dengan apa yang diinginkan. Misalnya seperti membuat taman atau menganti warna cat rumahnya.


Namun jika rumah dalam kondisi dimana membutuhkan adanya perbaikan, maka itu artinya rumah harus direnovasi. Jika itu yang terjadi berarti Anda harus mengeluarkan dana yang mungkin tidak sedikit jumlahnya.


Merenovasi rumah secara total mungkin dana yang dibutuhkan akan sama dengan ketika membangun rumah, atau mungkin bisa lebih banyak membutuhkan waktu dalam pengerjaannya serta biaya yang harus dikeluarkan.


Jadi membangun rumah dari awal dan merenovasi rumah secara total keduanya sama-sama akan membutuhkan pikiran, tenaga, waktu, serta biaya yang tidak sedikit.


Keuntungan dari membeli rumah adalah Anda dapat langsung menghuninya, dengan syarat jika rumah dalam kondisi baik dan tidak memerlukan perbaikan dalam skala besar. Dan jikalau hendak merenovasinya karena tata ruang atau tampilan yang kurang pas dengan keinginan Anda, maka itu juga dapat dikerjakan setelah Anda benar-benar siap dengan segala sesuatunya.


Simpulan


Lebih Baik Membeli Tanah atau Rumah itu semua kembali kepada Anda, karena situasi dan kondisi setiap orang akan berbeda. Karena dengan membeli tanah itu berarti Anda harus membangun rumah. Walaupun memang bangunan rumah dapat disesuaikan dengan kebutuhan, namun tetap saja membutuhkan biaya yang tidak sedikit.


Sedangkan dengan membeli rumah, Anda dapat langsung menghuninya. Namun perlu diperhatikan bagaimana kondisi bangunan rumah yang akan dibeli, pastikan aman dan nyaman ketika dihuni nantinya.


Jadi jika rumah yang akan dibeli itu sekiranya harus direnovasi secara total maka lebih tepat jika Anda membeli tanah. Akan tetapi jika rumah yang akan dibeli dalam kondisi yang baik atau siap untuk dihuni, terlebih lagi jika tata ruangnya telah sesuai dengan apa yang Anda butuhkan maka membeli rumah dapat menjadi pilihan yang bijak.


Semoga bermanfaat...

Load comments