Memanfaatkan Akar Alang-alang untuk Mengobati Radang Amandel

Memanfaatkan Akar Alang-alang untuk Mengobati Radang Amandel

Memanfaatkan Akar Alang-alang untuk Mengobati Radang Amandel

Tidak semua tumbuhan itu disenangi kehadirannya pada pekarangan rumah, taman, samping jalan, lahan pertanian atau perkebunan, dan bidang tanah lainnya. Karena selain mengurangi keindahan, juga dapat mengganggu pertumbuhan tanaman yang lainnya. Dimana tanaman yang terganggu tersebut adalah tanaman pokok, yang memang sengaja ditanam untuk diambil manfaatnya.


Tanaman yang tidak diinginkan ini sepertinya memang dapat tumbuh dengan mudah, walaupun tak pernah disiram dan dipupuk sekalipun. Artinya tanpa dirawat pun tumbuhan liar seperti akan mudah tumbuh dan berkembangbiak dengan cepat.


Hingga hal ini sungguh dapat menjadikannya sesuatu yang menyibukkan untuk membersihkannya. Karena ketika tanaman itu dimusnahkan, entah itu dengan cara dicabut, dipangkas, atau dengan cara menyemprotkan obat pertanian sebagai pemusnah daripada tumbuhan liar ini. Namun tetap saja setelah beberapa waktu alang-alang akan tumbuh dengan subur kembali.


Alang-alang adalah salah satu jenis tumbuhan yang kadang tidak dinginkan kehadirannya. Dan memang sepertinya pada tempat tertentu tumbuhan ini akan mudah tumbuh dengan subur , tentunya tanpa adanya perawatan. Sehingga akan sangat mudah ditemukan, jadi Anda tidak perlu repot mencarinya.


Tahukah Anda jika akar tumbuhan alang-alang ini bermanfaat untuk mengobati radang amandel?


Amandel atau tonsilitas merupakan penyakit tenggorokan yang sering diderita oleh anak-anak, walaupun kadang juga dapat diderita oleh orang yang telah dewasa. Penyakit ini diperkirakan disebabkan oleh bakteri atau virus yang menyerang tenggorokan.


Penyakit radang amandel ditandai dengan tonsil (amandel) yang berwarna merah dan kurang nyaman bahkan terasa sakit untuk menelan, bahkan dapat terjadi kesulitan untuk menelan. Ketika terserang penyakit ini biasanya juga dapat disertai dengan demam, dan pada kondisi yang parah penyakit amandel dapat menyebabkan kesulitan untuk bernafas.


Sebenarnya amandel merupakan kelenjar yang berfungsi sebagai pencegah infeksi pada anak-anak, namun seiring dengan bertambahnya umur fungsinya mulai tergantikan. Sehingga berangsur-angsur kedua kelenjar yang terdapat pada tenggorokan ini akan menyusut.


Cara Penggunaan Akar Alang-alang untuk Mengobati Radang Amandel


Pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari akar alang-alang terlebih dahulu. Silakan gunakan cangkul atau alat yang lainnya, karena jika dicabut akan sangat sulit. Namun berhati-hatilah karena daunnya dapat melukai. Perlu juga diperhatikan, biasanya orang akan menggunakan obat kimia (pembasmi gulma) untuk memusnahkannya. Jadi pastikan bahwa alang-alang yang Anda ambil tidak habis disemprot minimal selama 3 hari.


Setelah mendapatkannya, silakan ambil akarnya kemudian bersihkan tanah dan kotoran yang menempel. Untuk membersihkannya dapat dilakukan dengan cara mencucinya/menyemprotkan air. Kemudian rebus dengan air secukupnya, tambahkan pula gula batu juga secukupnya saja. Anda dapat membeli gula batu di pasar, terutama yang menjual jamu.


Setelah mendidih, tuanglah ke dalam gelas dan diamkan sejenak tunggu agar tidak panas. Silakan minum rebusan akar alang-alang dan gula batu tersebut ketika dalam keadaan hangat. Jangan tunggu sampai dingin, karena rasanya dapat menjadi seperti basi.


Akar alang-alang yang telah direbus itu jangan Anda buang, karena dapat dipakai untuk beberapa kali lagi. Caranya dengan menuangkan air secukupnya pada akar alang-alang yang telah direbus tadi. Bila perlu tambahkan kembali gula batu, namun secukupnya saja. Kemudian rebus dan diminum seperti cara di atas.


Itulah cara pengobatan radang amandel dengan menggunakan akar alang-alang yang ditambah dengan gula batu. Selain untuk mengobati amandel, akar alang-alang juga menjadi obat herbal yang dapat digunakan untuk mengobati panas dalam dan radang tenggorokan.


Semoga bermanfaat dan selamat mencoba...

Load comments