Taman di Rumah Tidak Harus Berisi Tanaman Bunga Saja

Taman di Rumah Tidak Harus Berisi Tanaman Bunga Saja

Taman di Rumah Tidak Harus Berisi Tanaman Bunga Saja

Taman memang akan selalu identik dengan tanaman bunga. Apa pun jenisnya, tanaman inilah yang biasanya akan dijumpai pada taman di rumah.


Walau sekecil apa pun taman itu, sungguh bermanfaat bagi penghuni rumah. Dengan desain dan penataan yang apik akan semakin membuatnya semakin mempesona. Apalagi jika ditambah dengan menghadirkan gemericik air, sungguh suara itu membuat taman semakin tampak alami saja.


Warna-warni bunga yang menebarkan keharuman, keindahan ditampilkan oleh dedaunan dengan aneka motif dan warnanya, serta hijau daunnya hadirkan kesejukan. Sungguh semua itu dapat membahagiakan ketika memandangnya. Hingga merawatnya pun dapat menjadi hobi yang sangat menyenangkan.


Itulah taman dengan aneka jenis tanaman bunga, sungguh bermanfaat bagi penghuni rumah. Taman juga merupakan sebagai media untuk resapan air, sehingga bermanfaat bagi lingkungan di sekitarnya.


Lalu, apakah taman di rumah itu harus berisi tanaman bunga?


Jawabnya adalah tidak. Walau memang taman itu identik dengan bunga, namun bukan berarti harus diisi hanya dengan tanaman bunga saja.


Tanam dapat ditanami dengan aneka jenis tanaman sayur, buah-buahan, serta tanaman obat. Dengan menanam aneka sayuran, ini akan menambah nilai dari taman itu.


Selain sayuran lebih sehat untuk dikonsumsi, juga lebih irit karena Anda tidak perlu membelinya. Dengan menanamnya sendiri tentu bisa menghindari pemakaian pupuk kimia, sehingga sayur yang dihasilkan bersifat organik. Bukankah ini lebih baik daripada mengkonsumsi sayuran yang menggunakan pupuk kimia.


Atau jika memang harus menggunakan pupuk kimia, tentu saja tidak akan berlebihan dalam pemakaiannya.


Untuk tanaman buah-buahan sebaiknya disesuaikan dengan luas taman serta seberapa dekat letaknya dengan rumah. Apabila taman itu hanya menempati lahan yang sempit dan berdekatan dengan rumah, maka sebaiknya memilih jenis tanaman buah yang tidak dapat tumbuh menjadi besar.


Jika tanaman itu tumbuh semakin besar, akarnya dapat merusak pondasi rumah. Apabila pohon itu tumbang juga akan membahayakan rumah dan penghuninya. Walaupun memang pohon yang besar dan rindang akan lebih memberikan kesejukan.


Perlu diperhatikan juga, biasanya tanaman buah akan dipengaruhi oleh suhu udara. Jadi tidak semua jenis tanaman buah dapat tumbuh dan berbuah dengan baik pada suatu tempat, karena tanaman ini mempunyai karakteristik sendiri-sendiri.


Bisa saja tanaman itu tumbuh dengan baik, namun belum tentu dapat berbuah. Seperti tanaman strawberi akan tumbuh dan berbuah dengan baik jika di tanam pada daerah pegunungan/dingin.


Menanam tananam obat pada taman juga merupakan sesuatu yang baik. Selain sebagai bentuk penghijauan, taman juga akan menjadi media untuk tempat tumbuh dari apotek hidup.


Jadi Taman di Rumah Tidak Harus Berisi Tanaman Bunga Saja , Anda juga dapat menanam berbagai jenis tanaman yang lainnya. Mungkin saja akan lebih baik jika tanaman bunga disandingkan dengan tanaman sayur, buah-buahan, atau tanaman obat.


Baca juga: Manfaat Taman Bagi Penghuni Rumah


Dengan begitu, taman bukan hanya menyuguhkan keindahan, keharuman, dan kesejukan semata. Namun dapat memberikan manfaat yang lebih dari itu, yaitu tumbuhan yang ditanam dapat menghasilkan sesuatu untuk dikonsumsi.


Semoga bermanfaat...

Load comments