Tinggi dan Letak Ideal Tempat Cuci Piring

Tinggi dan Letak Ideal Tempat Cuci Piring

Tinggi dan Letak Ideal Tempat Cuci Piring

Wastafel cuci piring atau yang dikenal dengan nama kitchen sink merupakan tempat untuk mencuci perlengkapan memasak, peralatan makan dan minum, serta sebagai tempat cuci tangan.


Tanpa adanya tempat cuci piring sepertinya dapur terasa kurang lengkap, maka tak heran jika dalam mendesain dapur tak meninggalkan wastafel cuci piring itu.


Diperlukan pertimbangan yang matang dalam pembuatannya, entah itu desain, material, ukuran, maupun letaknya.


Semua itu agar diperoleh tempat cuci piring yang indah secara estetika, kuat, nyaman digunakan, dan dapat selalu terjaga kebersihannya.


Berikut tinggi dan letak ideal wastafel cuci piring:


Tinggi Ideal Tempat Cuci Piring


Wastafel cuci piring hendaknya dapat digunakan dengan nyaman oleh orang dewasa, tanpa harus jinjit atau membungkukkan badan.


Rata-rata orang Indonesia memiliki tinggi badan sekitar 160 cm hingga 170 cm dan idealnya tinggi wastafel cuci piring sama dengan tinggi meja dapur yaitu setinggi area pinggul orang dewasa.


Jadi tinggi standar ideal tempat cuci piring yaitu 80 cm - 85 cm jika diukur dari lantai, atau untuk mendapatkan ukuran yang ideal juga bisa menyesuaikan dengan penggunanya.


Artinya jika penghuni rumah rata-rata memiliki tinggi badan kurang atau lebih antara 160 cm - 170 cm, maka sesuaikan saja dengan tinggi rata-rata area pinggul penghuni rumah.


Baca: Ukuran Minimal dan Idealnya Kitchen Set


Atau lebih tepatnya untuk menentukan tinggi meja wastafel cuci piring adalah dengan mengukur langsung penghuni rumah yang kira-kira akan paling sering menggunakannya.


Letak Ideal Tempat Cuci Piring


Wastafel cuci piring pastinya akan selalu berhubungan dengan air, sehingga jika tidak lekas kering setelah digunakan akan membuatnya lembab dan tampak kurang bersih.


Jika secara terus menerus selalu dalam keadaan basah, bukan hanya tak sedap dipandang tetapi juga bisa menjadi sarang kuman.


Oleh karena itu, sebaiknya usahakan agar wastafel cuci piring dan area sekitarnya dapat lekas kering setelah digunakan.


Cahaya alami dan sirkulasi udara yang baik diperlukan untuk membantu wastafel cuci piring serta area disekitarnya cepat mengering setelah digunakan.


Maka seharusnya tempat cuci piring terletak di dekat jendela, sehingga akan selalu mendapatkan cahaya alami serta sirkulasi udara yang baik.


Jadi idealnya wastafel tempat cuci piring ini terletak di dekat jendela, jika tidak ada jendela paling tidak dekat dengan ventilasi udara.


Dengan demikian jika tidak mendapatkan cahaya alami, setidaknya sirkulasi udara yang lancar dapat mempercepat keringnya wastafel hingga area di sekitarnya.


Itulah Tinggi dan Letak Ideal Tempat Cuci Piring, semoga bermanfaat...

Rekomendasi
Load comments