Warna Keramik Tempat Kompor dan Tempat Cuci Piring yang Tepat

Seharusnya dalam memilih warna keramik untuk diterapkan pada meja atau tempat kompor serta tempat cuci piring, bukan hanya didasarkan pada warna favorit saja. Namun perlu dipertimbangkan tentang bagaimana agar mudah dalam perawatanya.
Warna Keramik Tempat Kompor dan Tempat Cuci Piring yang Tepat

Warna keramik memang bermacam-macam, namun dalam memilihnya seharusnya disesuaikan dengan tempat dan fungsinya. Agar memudahkan dalam perawatannya, sehingga tetap bersih dan terjaga nilai estetikanya.

Memang dalam memilih warna keramik akan dipengaruhi oleh minat dari pemiliknya, karena setiap orang pastinya memiliki warna favorit sendiri-sendiri. Hingga kadang warna yang dipilih pun tidak sesuai dengan fungsi dari tempat itu, namun lebih cenderung untuk menuruti dari kesukaannya saja.

Ini memang bukan berarti tidak baik, karena memilih warna dari apa yang disukai itu tidak salah. Dengan begitu kepuasan akan didapatkan, walaupun kadang akan mengesampingkan dari yang seharusnya.

Seperti halnya ketika memilih warna keramik untuk diterapkan pada permukaan dari meja atau tempat kompor dan tempat cuci piring. Kedua tempat ini adalah tempat di mana yang sulit terhindar dari yang namanya kotor, yang jika dibiarkan lama-kelamaan akan menjadi noda yang sulit untuk dibersihkan.

Noda itu akan menimbulkan kesan kumuh sehingga akan mengurangi estetika dapur di mana tempat itu berada. Dan dapur yang terkesan kotor tentu saja dapat mengurangi kenyamaan saat memasak bukan?

Maka dari itu pilihlah keramik berwarna hitam untuk tempat kompor dan tempat cuci piring, walaupun warna itu bukan warna favorit Anda. Karena warna hitam akan membuat kotoran yang menempel tidak mudah tampak, sehingga akan selalu terkesan bersih.

Namun bukan berarti Anda bisa membiarkan kotoran yang menempel tanpa membersihkannya, karena warna hitam hanya membuat tidak mudah tampak kotor saja. Jadi kebersihan tetaplah harus dijaga, bukankah kebersihan itu pangkal kesehatan?

Tentu akan berbeda jikalau Anda memilih warna yang terang, permukaan kedua tempat itu akan lebih mudah tampak kotor. Ini tentu saja akan membutuhkan perawatan yang lebih, karena sedikit saja terdapat kotoran maka akan mudah terlihat dengan jelas. Apalagi jika sudah menjadi noda yang sulit dibersihkan, ini akan semakin membuatnya tidak nyaman dipandang.

Jadi warna keramik yang tepat untuk tempat kompor dan tempat cuci piring adalah hitam. Akan lebih baik lagi jika Anda menggunakan granit, karena akan lebih kuat daripada keramik. Jadi selain tidak mudah kotor juga awet karena tidak mudah pecah atau retak.

Sedangkan untuk dindingnya dapat dipilih sesuai dengan warna yang Anda sukai. Dinding yang berada pada area meja kompor juga sering tidak luput dari noda yang berasal percikan minyak goreng saat memasak. Demikian halnya dengan dinding tempat cuci piring, juga sulit terhindar dari percikan air bercampur dengan sabun serta kotoran dari apa yang dicuci.

Warna yang terang akan membuat dinding juga akan mudah tampak kotor, namun suasana menjadi terang. Dan jika keramik berwarna gelap maka tidak mudah kotor namun resikonya adalah menjadi tampak gelap.

Jadi jika Anda memilih warna yang gelap untuk dinding kedua tempat itu, maka solusinya adalah pilihlah warna yang cerah untuk cat dapurnya. Dan jangan lupa, usahakan agar banyak cahaya alami yang dapat masuk dengan mudah ke dalam ruangan itu.

Semoga bermanfaat...

Baca juga :
Menulis dan berbagi sesuatu yang dapat bermanfaat itu menyenangkan.