Keuntungan Menanam Sayuran Sendiri di Rumah

Keuntungan Menanam Sayuran Sendiri di Rumah

Keuntungan Menanam Sayuran Sendiri di Rumah

Sayuran memang sangat baik untuk dikonsumsi karena selain kaya vitamin dan mineral, juga sebagai sumber serat bagi tubuh. Jadi untuk menjaga kesehatan seharusnya sayuran dikonsumsi setiap hari.


Namun kadang yang diperhatikan hanyalah bagaimana cara memasaknya dengan benar saja, agar nutrisi yang terkandung di dalamnya tidak hilang. Itu memang tidak salah, namun ada yang tak kalah penting untuk diperhatikan yaitu bagaimana cara menanamnya. Apakah organik atau menggunakan pupuk juga pembasmi hama yang mengandung bahan-bahan kimia secara berlebihan apa tidak?


>

Ini menjadi penting karena apa yang diberikan pada tanaman juga akan diserap olehnya, jadi pemberian pupuk serta pembasmi hama yang berlebihan tentu tidak baik.


Memang sayuran akan tampak hijau dan segar, juga sepertinya tanpa cacat sedikitpun. Akan tetapi justru sayuran yang seperti ini mungkin menggunakan pembasmi hama yang tidak sedikit, karena sampai ulatpun tidak memakannya. Dan sebaliknya, jika ada bekas gigitan ulat justru ini lebih sehat untuk dikonsumsi.


Memang pemakaian bahan kimia ini sepertinya tidak mungkin dihindari oleh petani, karena jika tanamannya terserang hama dan tidak segera dibasmi tentu hasil panen akan sedikit. Namun tetap saja, semakin sedikit pemakaian bahan kimia akan semakin sehat untuk dikonsumsi.


Menanam sayur tidak harus di sawah atau di ladang, namun sedikit lahan di rumah sudah dapat untuk menanam sayuran. Apalagi sekarang banyak variasi dalam bercocok tanam. Dengan lahan seadanya namun dapat untuk menanam berbagai jenis sayuran, seperti vertikultur misalnya.


Bahkan untuk media tanam juga tidak harus menggunakan tanah, yaitu dapat menggunakan air. Cara seperti ini dikenal dengan nama hidroponik. Menanam secara hidroponik ternyata mudah, dan hasilnya pun juga baik.



Banyak keuntungan yang didapatkan jika menanam sayuran sendiri di rumah, antara lain:


Sayuran Lebih Sehat untuk Dikonsumsi


Dengan menanam sayuran sendiri dan untuk tujuan dikonsumsi sendiri pastinya dalam pemakaian pupuk kimia dan pembasmi hama kimia juga tidak akan berlebihan. Bahkan mungkin kita akan berusaha agar sayuran yang ditanam itu bersifat organik. Bukankah sayuran organik itu lebih sehat untuk di konsumsi?


Namun ini juga bukan berarti sayuran yang dibeli dari pasar itu tidak sehat, hanya kita tidak tahu seberapa banyak dalam pemakaian pupuk serta pembasmi hama yang bersifat kimia. Jadi dengan menanam sayuran sendiri di rumah, kita dapat menentukan sendiri tentang bagaimana pemakaian pupuk serta pembasmi hamanya.


Lebih Irit


Jika menanam sayuran sendiri, tentu akan lebih irit karena Anda tidak perlu membelinya. Apalagi bagi yang tinggal di daerah perkotaan, harga sayuran tentu lebih mahal daripada di perdesaan bukan?


Sarana untuk Menyalurkan Hobi


Banyak orang yang mempunyai hobi bercocok tanam, namun banyak dari mereka yang tidak mempunyai lahan seperti kebun atau sawah misalnya. Sehingga hobi menjadi tidak tersalurkan, dan jika memiliki tanaman di rumah biasanya juga hanya sebatas pada tanaman bunga saja bukan untuk sayuran.


Namun jangan khawatir, karena Anda dapat menanam sayuran dengan memanfaatkan sisa lahan yang ada di rumah dengan menggunakan polybag. Jika memang sisa lahan itu tidak ada, silakan gunakan pipa PVC, talang air, atau dapat juga dengan menggunakan botol bekas air mineral, kemudian tempelkan pada dinding rumah.


Sarana untuk Beramal


Jika sebagian hasil panen dibagikan kepada para tetangga tetangga, selain dapat mempererat tali silaturrahim tentu Anda akan dapat pahala bukan?


Usaha Sampingan


Jika menanam dalam jumlah banyak, tentu hasil panen akan lebih banyak sehingga Anda juga dapat menjualnya. Tidak harus dengan harga yang sama dengan pasar, Anda sudah mendapatkan hasil tambahan. Jadi selain untuk dikonsumsi sendiri dan berbagi dengan tetangga, Anda juga dapat menjualnya. Dengan begitu selain irit karena tidak perlu membeli sayuran, Anda juga akan mendapatkan uang.


Untuk Penghijauan


Dengan menanam sayuran sendiri di rumah bukan saja dapat menikmati hasilnya, baik untuk dikonsumsi sendiri maupun untuk dijual. Namun kesejukan juga akan Anda dapatkan, dan memandang tumbuhan yang berwarna hijau itu juga baik untuk kesehatan mata. Jadi bukan hanya udara saja yang menjadi segar, namun juga akan menyegarkan mata.


Membahagiakan


Melihat tanaman yang kita tanam dapat tumbuh dengan baik itu sungguh menyenangkan, apalagi saat kita mengkonsumsinya sungguh ada kebahagiaan tersendiri. Dan apalagi jika dapat berbagai dengan tetangga, terlebih lagi jika dapat menghasilkan uang dari tanaman sayuran yang pada awalnya hanya untuk tujuan dikonsumsi sendiri.


Itulah beberapa Keuntungan Menanam Sayuran Sendiri di Rumah. Apakah Anda tertarik untuk melakukannya? Jika ya, ayo tunggu apalagi


Semoga bermanfaat...

Load comments