Ayo Gunakan Air di Rumah secara Hemat

Ayo Gunakan Air di Rumah secara Hemat

Ayo Gunakan Air di Rumah secara Hemat

Manusia, hewan, dan tumbuhan di dunia semuanya tentu membutuhkan air untuk melangsungkan kehidupannya. Hingga sungguh tidak dapat dibayangkan bagaimana jika terjadi kemarau yang sangat panjang, sehingga mengakibatkan bumi ini menjadi kering.


Jika air yang ada tidak mencukupi lagi, lalu apa yang akan terjadi?


Mungkin jika tidak mau berpikir terlalu jauh seperti itu, paling tidak kita bisa melihat tentang bagaimana pada daerah tertentu yang mengalami kesulitan untuk mendapatkan air bersih. Bahkan saat ini ada beberapa negara untuk mencukupi kebutuhan air bersih bagi penduduknya, mereka harus mengolah air laut menjadi air tawar.


Memang dengan adanya kemajuan teknologi, air kotor pun dapat diubah menjadi air bersih yang dapat digunakan untuk mencukupi kebutuhan dalam rumah tangga. Tentu saja yang belum tercemar bahan kimia yang dapat membahayakan kesehatan. Akan tetapi itu semua pasti membutuhkan biaya bukan?


Nah jika kita mau berpikir atau paling tidak membayangkan bagaimana saudara-saudara kita yang perlu berjuang demi untuk mendapatkan seember air bersih, tentu sudah sepantasnya jika kita melakukan penghematan dalam pemakain air bersih di rumah.


Bukankah menghemat pemakaian air itu juga akan mengurangi uang yang harus kita keluarkan?


Entah air yang berasal dari PAM maupun yang bersumber dari sumur, keduanya sama-sama ada konsekuensi biaya yang harus dibayar. Kecuali jika dengan cara menimba, memang tidak perlu mengeluarkan uang namun membutuhkan tenaga.


Lalu bagaimana jika langsung mengambil dari sumber mata air, apakah juga harus digunakan secara hemat?


Ya gunakanlah juga secara hemat, karena bisa saja cadangan air yang berada di dalam tanah akan menipis bahkan habis. Selain karena faktor alam seperti kemarau berkepanjangan, juga akibat dari perilaku manusia yang menebang pohon tanpa menanamnya kembali.


Maka marilah kita selalu senantiasa untuk menggunakannya secara hemat dan cermat. Baik itu saat mandi, mencuci, berwudu, dan aktivitas lainnya yang menggunakan air.


Berikut ini cara-cara menghemat pemakaian air di rumah:

  1. Gunakan air seperlunya

  2. Matikan kran air jika tidak digunakan

  3. Cucilah pakaian, peralatan masak, dan peralatan makan dalam jumlah banyak sekaligus

  4. Matikan kran ketika menyabun peralatan masak/makan

  5. Segera benahi instalasi air baik pipa maupun kran yang bocor

  6. Segera benahi bak/penampung air yang bocor/merembes

  7. Gunakan air bekas cucian sayur untuk menyiram tanaman


Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghemat pemakaian air di rumah. Menggunakannya secara hemat, bukan saja dapat mengurangi beban keuangan yang harus Anda keluarkan, namun juga akan menghemat persediaan air bersih di bumi ini.


Maka bijaklah dalam menggunakannya, walau tersedia begitu melimpah sehingga mudah untuk mendapatkannya. Jadi Ayo Gunakan Air di Rumah secara Hemat.


Semoga bermanfaat...

Load comments