Etalase Sebagai Lemari Pakaian di Kamar yang Sempit

Etalase Sebagai Lemari Pakaian di Kamar yang Sempit


Kamar tidur merupakan tempat untuk beristirahat sekaligus sebagai ruang pribadi. Bukan hanya perabotan yang berupa tempat tidur saja yang berada di dalamnya, namun seperti lemari pakaian, rak buku, meja rias, dan lain-lain. Hingga tempat untuk menyimpan dokumen pun juga sering berada di ruang yang penuh privasi ini.


Untuk kamar yang luas ini tidak akan menjadi masalah, namun bagaimana dengan kamar yang sempit?


Perabotan-perabotan yang berada di kamar itu dapat membuat kurang leluasa untuk beraktifitas, bahkan dapat membuat sumpek. Bukan itu saja, dalam penataannya kadang juga merepotkan. Terutama lemari pakaian yang membutuhkan ruang sebagai bukaan pintunya.


Adalah etalase, sebuah benda yang banyak kita jumpai pada toko-toko. Benda yang terbuat dari kaca dan alumunium sebagai rangkanya ini, biasanya dijadikan tempat untuk meletakkan barang dagangan. Etalase biasanya banyak dijumpai pada apotek serta toko-toko yang menjual alat tulis, pernak-pernik kado, pakaian, peralatan elektronik, dan lain-lain.


Banyak orang memilih untuk menggunakannya sebagai tempat untuk menjajakan barang dagangannya daripada yang terbuat dari kayu. Alasannya karena etalase dengan rangka yang terbuat dari alumunium mudah dibersihkan, tidak mudah berjamur, dan tidak mungkin dimakan oleh rayap sehingga lebih awet.


Dengan bukaan pintu menggunakan sistem geser, ini menjadikannya sangat praktis untuk digunakan pada sebuah toko. Apalagi jika ukuran ruang toko itu tidak besar namun mempunyai dagangan yang banyak, selain itu juga agar tidak menganggu ketika digunakan untuk lalu lalang baik oleh penjual maupun pembelinya.


Seperti halnya pada kamar tidur, terutama jika ukuran ruangnya sempit. Ini membutuhkan kejelian dalam memilih perabotan serta dalam penataannya, agar aktifitas yang dilakukan di kamar tidur cukup leluasa. Minimal dapat digunakan untuk lalu lalang dengan mudah, juga perabotannya pun dapat difungsikan sebagaimana mestinya.


Seperti yang telah diuraikan di atas, kadang menjadi hal yang tidak mudah ketika menata berbagai perabotan pada kamar tidur yang sempit. Ini biasanya terjadi ketika hendak menempatkan lemari pakaian, karena kita juga harus memikirkan agar lemari itu dapat dibuka secara sempurna.


Jika hanya dapat dibuka sebagian atau setengahnya saja, tentu akan menyulitkan ketika hendak memasukkan serta mengeluarkan pakaian atau barang lainnya yang tersimpan di dalam lemari tersebut.


Pintu geser yang menjadi ciri khas dari etalase inilah sebagai alasan utama untuk mengalihfungsikannya sebagai lemari pakaian. Jadi dapat dikatakan sebagai solusi untuk lemari pakaian pada kamar yang sempit.


Anda dapat menempatkannya pada sela-sela antara dinding kamar dengan tempat tidur, walaupun dengan jarak hanya selebar etalase saja. Namun tentu akan lebih baik jikalau masih terdapat jarak antara etalase dengan tempat tidur, minimal Anda dapat memasuki ruang diantara kedua benda tersebut. Hal ini dikarenakan untuk memudahkan ketika hendak mengambil maupun menyimpan sesuatu pada etalase itu.


Memang banyak lemari pakaian yang terbuat dari kayu olahan juga didesain dengan pintu sliding. Namun kadang juga mudah ditumbuhi jamur sehingga dapat merusak pakaian yang tersimpan di dalamnya, karena dalam hal ini kualitas dari lemari serta kelembaban ruangan sangat berperan pada pertumbuhan jamur itu.


Kaca serta rangka alumunium yang merupakan material yang tidak mudah berjamur serta tidak mungkin dimakan oleh rayap, sehingga sangat aman untuk tempat menyimpan pakaian Anda. Namun juga perlu diingat bahwasanya kaca adalah material yang mudah pecah dan menciderai, sehingga berhati-hatilah dalam menggunakannya.


Pada umumnya kaca yang digunakan adalah jenis kaca biasa atau kaca standar yang berupa kaca bening, maka agar isi dari etalase tidak terlihat maka Anda cukup memolesnya sedikit saja yaitu dengan menempelkan stiker misalnya.


Untuk menutupi isi serta apabila menginginkan desain yang berbeda maka dapat juga menggunakan jenis kaca yang lainnya, seperti kaca berwarna, kaca berpola, atau kaca hias.


Anda tidak perlu menggantinya sendiri, karena biasanya cara membelinya adalah dengan cara memesan langsung pada pembuatanya. Ini juga merupakan suatu kelebihannya, karena bentuk dan ukuran etalase serta jenis kaca yang digunakan dapat disesuaikan dengan selera serta kebutuhan Anda.


Etalase ini bukan hanya dapat digunakan sebagai tempat untuk menyimpan pakaian saja, namun dapat juga digunakan untuk menyimpan dokumen berharga, buku, serta berbagai barang koleksi.


Bagaimana apakah berminat untuk menggunakannya?


Semoga bermanfaat...

Load comments