Keuntungan Membangun Rumah secara Kredit

Keuntungan Membangun Rumah secara Kredit

Keuntungan Membangun Rumah secara Kredit

Rumah merupakan tempat tinggal bagi manusia yang keberadaannya sangat penting, karena tempat ini termasuk dalam kebutuhan pokok setelah sandang dan pangan. Untuk memenuhi kebutuhan akan papan ini dapat dilakukan dengan membeli, membangun, mengontrak, maupun tinggal bersama orang tua, dan lain-lain.


Suatu hal yang wajar apabila manusia ingin memiliki rumah yang aman, nyaman, dan menentramkan dengan penataan ruang yang baik, serta desain sesuai dengan yang diidam-idamkan. Tentu saja mereka juga menginginkan kualitas bangunan yang baik, kuat, serta rapi. Hingga dengan harapan bangunan rumah itu tidak mudah rusak sehingga dapat ditempati untuk jangka waktu yang lama.


Bagi orang yang berkantong tebal itu semua tidak menjadi masalah, rumah mewah dan megah pun mereka juga punya. Bahkan banyak dari mereka yang memiliki rumah di beberapa tempat.


Namun bagaimana dengan orang yang tidak berkantong tebal, tentu saja akan membutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk mengumpulkan uang agar dapat memiliki rumah dambaan mereka. Butuh perjuangan besar dari mereka untuk dapat membangun sebuah tempat tinggal.


Membeli rumah pada perumahan adalah salah satu cara untuk dapat memiliki tempat tinggal, dan biasanya rumah itu tidak dibeli dengan tunai melainkan secara kredit.


Walaupun tersedia berbagai tipe, ini adalah membeli rumah yang telah siap untuk dihuni dengan desain dan tata ruang yang telah ditentukan oleh pengembang. Sehingga kadang tata ruangnya tidak sesuai dengan kebutuhan, juga sering desainnya tidak seperti yang diharapkan. Maka dari itu banyak dari mereka yang kemudian merenovasi baik bentuk maupun tata ruangnya, bahkan ada juga yang merubahnya secara total.


Berbeda jika Anda telah memiliki tanah, baik itu tanah kavling atau bukan yang kemudian membangunnya dengan sistem kredit. Anda dapat menentukan tentang bagaimana desain, tata ruang, dan bahan bangunan yang akan digunakan.


Biasanya ada pengusaha properti sekaligus sebagai pemilik kavling yang menawarkan kredit untuk pembangunan rumah atau dapat juga bekerja sama dengan pemborong bangunan. Intinya adalah membangun rumah namun di biayai oleh pihak lain, kemudian Anda mengangsur layaknya ketika mencicil pinjaman pada bank, ketika membeli perumahan, atau kendaraan dengan sistem kredit.


Kredit dari pihak lain yang dimaksud di sini bukan pinjaman dalam bentuk uang. Akan tetapi seperti layaknya Anda menggunakan jasa pemborong untuk pembangunan rumah, baik untuk bahan bangunannya serta segala sesuatu yang dibutuhkan dalam pembangunan itu.


Jika telah memiliki tanah dan apabila menginginkan cara pembangunan rumah seperti ini, maka hal yang harus Anda lakukan adalah menemukan siapa yang akan membiayainya. Jadi untuk itu carilah informasi tentangnya, terutama yang berada di daerah Anda.


Keuntungan Membangun Rumah dengan Sistem Kredit:

  1. Biaya pembangunan rumah dapat diangsur, sementara jika pembangunan telah selesai maka rumah sudah dapat ditempati

  2. Biasanya disediakan arsitek

  3. Ukuran rumah dapat ditentukan sendiri

  4. Model/desain rumah dapat disesuaikan seperti yang Anda harapkan

  5. Tata ruang juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan

  6. Bahan bangunan yang digunakan sesuai dengan kesepakatan

  7. Arah hadap rumah dapat ditentukan sendiri

  8. Ukuran lubang kusen (pintu, jendela, atau ventilasi) sesuai dengan keinginan Anda

  9. Dapat menentukan sendiri warna cat rumahnya

  10. Tidak perlu repot mencari tukang


Itulah beberapa keuntungan yang akan didapatkan jika membangun rumah dengan sistem kredit. Membangun dengan cara ini mempunyai kelebihan apabila dibandingkan membeli rumah yang telah jadi pada perumahan, walaupun pembayaran keduanya sama-sama dapat secara kredit.


Agar semuanya dapat berjalan lancar maka bayarlah angsuran sesuai dengan jumlah dan waktu yang telah ditentukan, jagalah kepercayaan yang telah diberikan kepada Anda. Biasanya yang dijadikan sebagai agunan adalah akta tanah dan bangunan rumah itu sendiri, jadi taatilah apa yang telah menjadi kesepakatan agar kedua belah pihak mendapatkan keuntungan.


Semoga bermanfaat...

Load comments