Manfaat Pengharum Ruangan Menurut 'Baunya'

Manfaat Pengharum Ruangan Menurut 'Baunya'

Manfaat Pengharum Ruangan Menurut 'Baunya'

Rumah yang nyaman dan sehat bukan hanya karena bersih saja, namun keharuman pada setiap ruang tentu juga turut berperan dalam menciptakan suasana yang nyaman di dalam rumah.


Rumah yang harum pada setiap ruangnya akan membuat betah penghuninya, namun bagaimana jika yang ada justru bau tak sedap?


Bau tak sedap di dalam rumah dapat ditimbulkan karena kurangnya cahaya alami yang masuk, hal ini mengakibatkan ruangan menjadi lembab.


Sirkulasi udara yang tidak lancar juga merupakan faktor penyebabnya. Udara yang ada di dalam rumah dan tidak lekas berganti, selain membuat ruang menjadi lembab juga jika ada bau yang tidak sedap maka tidak akan lekas hilang.


Tentu hal ini membuat suasana di dalam rumah menjadi tidak nyaman bukan?


Untuk membuat ruang di dalam rumah menjadi harum maka banyak yang menggunakan parfum ruangan, baik yang alami maupun tidak. Tentu saja akan lebih baik jika menggunakan yang alami, karena lebih sehat dan tanpa efek samping tentunya.


Cara penggunaan pengharum ruangan pabrikan yang banyak dijual di toko-toko yaitu cukup dengan menyemprotkannya, apabila menggunakan yang otomatis maka cukup menyeting kapan waktu menyemprotkannya saja.


Untuk yang berbentuk padat maka dapat digantungkan bersama wadahnya pada AC, kipas angin, ventilasi udara, atau meletakkannya pada tempat lain.


Pengharum alami dapat berupa bunga, kayu, dan tumbuhan lain yang memiliki aroma tertentu.


Gunakan wadah seperti vas bunga, gelas, mangkuk cantik, wadah yang unik, kemudian letakkan di meja, atau tempat strategis yang Anda inginkan. Ada juga yang menyelipkannya di bawah bantal, seperti jika menggunakan bunga melati atau mawar misalnya.


Jika aromanya sudah tidak tercium lagi, maka Anda harus menggantinya dengan yang baru. Atau jika menggunakan bunga, maka saat bunga itu layu tentu saja harus segera diganti agar enak dipandang.


Biasanya orang akan memilih aroma yang paling Ia sukai. Namun tahukah Anda jika aroma pengharum ruangan itu mempunyai manfaat yang berbeda-beda?


Jadi beda “baunya” juga dapat berbeda pula manfaat dan suasana yang dihadirkan, seperti berikut ini:


Green Tea

Aroma segar yang ditimbulkannya dapat membuat tubuh serta otak menjadi relaks, juga memperlancar peredaran darah.


Melati

Aroma wanginya yang feminim juga lembut dapat menenangkan fikiran dan menghadirkan suasana romantis, sehingga banyak yang mengunakannya untuk merias kamar pengantin bukan?


Mawar

Aroma harum dari bunga mawar dipercaya dapat membangkitkan “ga*rah berc*nta” pada seseorang. Mungkin sepertinya itu memang benar, karena bukankah bunga mawar itu biasanya digunakan sebagai simbol cinta?


Lemon

Sungguh aroma kesegaran yang berasal dari buah ini dapat membuat tubuh dan fikiran menjadi fresh, sehingga dapat membuat Anda bersemangat dan berenergi. Aromanya yang segar juga dapat menghadirkan kesan bersih pada ruangan.


Apel

Aromanya yang segar dapat menekan nafsu makan, sehingga dapat digunakan sebagai terapi untuk menurunkan berat badan. Tentu saja bukan hanya dengan menghirup aroma buah apel, kemudian berat badan akan turun. Namun juga harus diimbangi dengan olah raga secara teratur.


Lavender

Wewangian yang ditimbulkannya berkhasiat untuk menenangkan perasaan. Aromanya juga tidak disukai oleh nyamuk, sehingga selain mendapatkan rasa damai pada perasaan Anda juga dapat dijadikan sebagai pengusir nyamuk.


Vanili

Suasana hangat dan menenangkan yang berasal dari aromanya. Vanili atau yang juga disebut dengan Vanila ini dapat membuat penikmat aromanya menjadi relaks.


Kopi

Aroma kopi dapat membangkitkan energi dan semangat, aromanya yang tajam juga dapat mengusir bau tak sedap pada ruangan.


Itulah beberapa Manfaat Pengharum Ruangan Menurut "Baunya", selain akan menyegarkan dan membuat ruang menjadi harum juga bermanfaat bagi tubuh dan pikiran.


Perlu diperhatikan juga, kadang aroma tertentu dapat membuat seseorang merasa pusing atau rasa tidak nyaman. Jadi pertimbangkanlah juga orang-orang di sekitar Anda sebelum menentukan pilihan pada salah satu jenis aroma-aroma itu, agar semuanya dapat menikmati dan mengambil manfaat darinya.


Semoga bermanfaat...

Load comments