Arah Hadap Pintu Utama Rumah yang Seharusnya Dihindari

Arah Hadap Pintu Utama Rumah yang Seharusnya Dihindari

Arah Hadap Pintu Utama Rumah yang Seharusnya Dihindari

Pintu utama rumah dapat diibaratkan seperti mulut pada manusia, karena itu seharusnya ia dapat difungsikan dengan mudah dan lancar. Sehingga nantinya apa-apa yang masuk melewatinya tidak mendapatkan halangan dari objek apapun. Maka dari itu sebaiknya benar-benar dipertimbangkan dengan sebaik-baiknya, baik itu ukuran maupun letaknya.


Kadang untuk menempatkannya hingga dapat mengarah secara baik itu menjadi sesuatu hal yang tidak mudah, karena ini akan dipengaruhi oleh berbagi faktor. Seperti luas tanah yang tersedia untuk mendirikan rumah, tata ruang, dan gaya atau konsep bangunannya. Serta yang tak kalah pentingnya adalah objek yang berada di depannya, dan yang dimaksud objek di sini adalah sesuatu benda permanen yang berada tidak jauh dari pintu itu.


Untuk menentukan arahnya, silakan berdiri pada tempat di mana pintu itu akan diletakkan nantinya. Pandanglah ke arah luar maupun dalam, setelah itu buatlah denah rumahnya. Dengan cara sederhana ini maka akan diketahui objek apa yang berada segaris lurus pada pintu itu, sehingga dapat meletakkannya di tempat paling ideal tidak mengarah pada objek yang memang seharunya dihindari.


Inilah yang harus dihindari dari arah hadap pintu utama rumah:


Pohon dan Tiang


Jika benda ini berada dekat dan tepat di depan pintu rumah tentu akan menghalangi pandangan serta akses dari pintu itu sendiri ketika menggunakannya, karena ini merupakan jalur utama utama untuk masuk maupun ke luar rumah. Selain itu juga akan mengurangi keindahan, akan sangat disayangkan jika rumah telah dibangun dengan desain sedemikian rupa sehingga tampak begitu apik namun tepat di depan pintu utama rumah berdiri pohon maupun tiang.


Segaris Lurus dengan Jalan

Ini khusus rumah tusuk sate, jika arah pintu utama segaris dengan jalan tidaklah baik untuk kesehatan penghuninya karena debu akan sangat mudah masuk ke rumah, juga angin akan terlalu kencang memasuki rumah. Selain itu privasi juga kurang terjaga karena aktivitas penghuninya dapat terlihat begitu mudah ketika pintu terbuka.


Rumah Sakit

Namanya juga rumah sakit, pastinya banyak orang sakit dan itu juga berarti ada penyakit. Di sana juga ada penderitaan serta kesedihan. Maka tidak menghadapkan pintu utama rumah pada rumah sakit itu akan lebih baik.


Tempat Pemakaman

Tidak baik jika pintu mengarah ke tempat ini karena pemakaman sama dengan kematian. Dan tidak dapat dipungkiri jika berbagai hantu akan bersarang pada tempat ini, sehingga ketika pintu utama rumah dibuka akan menghadirkan pandangan yang menyedihkan bahkan mengerikan. Apalagi pada waktu malam hari, bagi seorang penakut ini menjadi sesuatu yang benar-benar dapat membuatnya tidak nyaman. Hingga pada malam hari tidak akan berani membukanya, karena jika dilakukan maka pastilah Ia akan berusaha untuk tidak memandangnya.


Rasa takut dan kesedihan itu sungguh dapat menyiksanya, sehingga kesehatan jasmani maupun rohani dapat terganggu. Jadi pintu utama rumah yang menghadap ke tempat pemakaman dapat membawa pengaruh kurang baik pada penghuni rumah.


Pintu Rumah Tetangga

Menempatkan segaris lurus dengan pintu rumah milik tetangga itu tidaklah baik, karena jika suatu saat sama-sama dalam keadaan terbuka maka akan saling melihat situasi dan kondisi dari keduanya. Jika ketika sama-sama dalam keadaan bahagia itu mungkin tak jadi masalah, namun bagaimana jika salah satu sedang dalam keadaan tidak baik. Keadaan suatu rumah tangga itu tentulah dapat berbeda antara satu dengan yang lainnya, maka hindarilah ini agar tercipta suasana damai antara penghuni rumah itu.


Keirian, kesombongan, dan kebencian mungkin dapat terjadi hanya karena seringnya saling melihat melewati pintu segaris yang sama-sama terbuka, dan akhirnya akan dapat menyebabkan keretakan hubungan bertetangga pada keduanya. Dan ingatlah bahwasanya “rumput tetangga” itu lebih hijau, maka jangan biarkan pasangan Anda tertarik hanya karena saling bertatapan melewati pintu itu.


Pintu Kamar Tidur

Ketika Anda memasuki rumah dan langsung disambut oleh pintu kamar tidur, ini dapat menyebabkan timbulnya rasa malas. Ya karena Anda akan langsung memasuki kamar, kemudian berbaring di tempat tidur. Ini juga dapat menyebabkan keakraban dengan penghuni rumah lainnya akan berkurang, karena lebih memilih langsung masuk ke kamar dan beristirahat ketimbang menyapa penghuni rumah terlebih dahulu.


Saat pintu terbuka juga dapat membawa debu langsung masuk ke dalam kamar, ini menyebabkan udara di dalam kamar menjadi tidak bersih. Sehingga selain kamar menjadi mudah kotor juga tidak baik bagi kesehatan.


Pintu Kamar Mandi

Sebersih apapun kamar mandi itu tetaplah merupakan tempat yang kotor dan sarang kuman. Pintu utama yang segaris lurus dengan pintu kamar mandi akan menimbulkan kesan kurang baik. Apalagi jika kamar mandi itu dalam keadaan kotor dan bau, ini akan menyebabkan pandangan yang tidak nyaman ketika memasuki rumah. Selain itu ketika pintu utama terbuka maka privasi pada kamar mandi juga menjadi kurang terjaga.


Tangga

Pintu utama terletak segaris dengan anak tangga juga tidak baik, karena ketika memasuki rumah akan menimbulkan rasa untuk langsung menaiki tangga. Sehingga sepertinya menjadi tidak peduli ada siapa di lantai pertama rumah itu, ini dapat menyebabkan keakraban antar penghuni rumah berkurang. Udara yang masuk melewati pintu utama rumah juga akan langsung naik ke lantai atas, tanpa berputar-putar terbeih dahulu pada ruang di lantai bawah.


Baca juga: Tips Membangun Rumah Tusuk Sate


Itulah beberapa objek yang sebaiknya tidak segaris lurus dengan pintu utama rumah. Bukan hanya keindahan saja yang harus Anda perhatikan, namun keamanan dan kenyamanan penghuni rumah juga seharusnya menjadi prioritas ketika membangun tempat tinggal. Maka pertimbangkanlah dengan sungguh-sungguh dalam menentukan letak pintu itu.


Semoga bermanfaat...

Load comments