Ini Saatnya Mandi Memakai Air Hangat

Ini Saatnya Mandi Memakai Air Hangat

Ini Saatnya Mandi Memakai Air Hangat

Mandi air dingin memang sangat baik untuk kesehatan karena bukan hanya menyegarkan badan, namun juga mendinginkan otak sehingga menjadi fresh. Namun ada saatnya dimana kita harus mandi menggunakan air hangat. Ketika kita nekat untuk tetap mengguyurkan air dingin ke seluruh tubuh, apalagi dari ujung kepala justru ini akan berdampak kurang baik bagi kesehatan kita.


Bagi yang telah terbiasa mandi menggunakan air dingin dan dalam keadaan fit mungkin ini tidak menjadi masalah. Karena saat itu tubuh benar-benar siap untuk mendapatkan suhu dingin, apalagi jika cuaca juga mendukung dan memang Anda berada pada daerah yang mempunyai suhu udara yang panas.


Mencegah itu lebih baik baik daripada mengobati, dan sebenarnya kitalah yang tahu kapan harus mandi menggunakan air dingin atau hangat. Karena kita sendirilah yang tahu apa yang dirasakan dan dibutuhkan oleh tubuh pada saat itu.


Inilah saatnya dimana akan lebih baik jika kita mandi memakai air hangat:


Cuaca Dingin


Saat suhu udara dingin, biasanya tubuh juga akan meresponnya yaitu merasakan dingin pula. Nah pada saat ini sebaiknya jika ingin mandi, pakailah air hangat agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Bagi yang tealah terbiasa mandi menggunakan air dingin dan pada waktu itu benar-benar dalam keadaan fit mungkin ini tidak menjadi masalah, namun jangan memaksaakan jikalau memang tidak memungkinkan.


Masuk Angin


Ketika masuk angin tubuh memerlukan kehangatan, jadi sebaiknya jangan mandi menggunakan air dingin. Bukankah saat itu biasanya kita akan berusaha untuk selalu menghangatkan badan?


Berkunjung di Daerah Bersuhu Udara Dingin


Ketika seseorang telah terbiasa hidup di daerah pesisir maka ketika berkunjung pada tempat yang bersuhu udara dingin seperti di daerah pegunungan, maka rasa dingin tentu tidak akan dapat dihindari. Jadi sebaiknya gunakan air hangat ketika mandi.


Setelah Kehujanan


Ketika tubuh merasakan dingin karena kehujanan maka sebaiknya mandilah menggunakan air hangat. Jangan jangan menambah rasa dingin, karena ini dapat menyebabkan pilek.


Lapar/Perut Kosong


Ketika suhu udara dalam keadaan dingin dan perut dalam keadaan kosong, maka jangan memaksakan untuk mandi menggunakan air dingin karena dapat mengakibatkan perut kembung.


Capek


Jika badan terasa capek dan pegal-pegal, mandi menggunakan air hangat akan membantu meredakan ketegangan pada tubuh yang terasa kaku. Ini sangat baik, apalagi jika mau berendam walau sejenak saja.


Kurang Tidur


Ketika waktu untuk tidur tidak cukup tersedia, seperti setelah bergadang misalnya. Sebaiknya jangan mandi menggunan air dingin, karena dapat menyebabkan masuk aingin.


Setelah Maghrib


Konon mandi setelah maghrib dapat menyebabkan penyakit rematik, mungkin memang tidak akan langsung terasa dalam waktu dekat. Namun jika dilakukan setiap hari, kelak dapat berakibat buruk bagi kesehatan Anda. Jika karena situasi dan kondisi yang membuat Anda tidak biasa menghindarinya, maka apabila memang harus selalu mandi pada waktu itu gunakanlah air hangat.


Itulah saat-saat di mana sebaiknya mandi memakai air hangat, pada intinya adalah dengan menyesuaikan kondisi yang ada.


Jadi jika merasakan dingin dan saat itu sedang dalam kondisi tidak fit, maka sebaiknya mandilah menggunakan air hangat. Mungkin akan berbeda antara orang yang satu dengan lainnya, karena kebiasaan dan kondisi ketahanan tubuh seseorang akan berbeda pula, sehingga apa yang dibutuhkan oleh masing-masing orang itu belum tentu sama.


Semoga bermanfaat...

Load comments