Tahapan-tahapan Ketika Ingin Menggunakan Jasa Biro Wisata

Tahapan-tahapan Ketika Ingin Menggunakan Jasa Biro Wisata

Tahapan-tahapan Ketika Ingin Menggunakan Jasa Biro Wisata

Berwisata bersama keluarga atau teman-teman dapat dikelola secara mandiri. Dengan mengelola sendiri, maka biaya yang harus dikeluarkan dapat ditekan semaksimal mungkin karena segala keperluan seperti transportasi, konsumsi, tiket objek wisata, guide, penginapan, dan lain-lain dikelola sendiri.


Memang akan sedikit merepotkan walaupun telah dibentuk kepanitian, tetapi keuntungannya biaya akan lebih irit karena tak ada alokasi dana untuk membayar jasa bidro wisata.


Menggunakan jasa dari biro wisata merupakan sebuah pilihan ketika ingin memperoleh kenyamanan tanpa direpotkan dengan segala sesuatu yang diperlukan dalam sebuah kegiatan pariwisata, juga untuk kemudahah dan kelancaran. Apalagi jika belum pernah mengunjungi tempat wisata yang menjadi tujuannya.


Sebaiknya dalam memilih biro wisata juga harus berhati-hati, karena dalam prakteknya kadang tidak sesuai dengan apa yang telah disepakati walaupun tidak semua biro jasa wisata seperti itu.


Misalnya sarana transportasi dan penginapan yang tidak sesuai dengan yang dijanjikan, maupun pelayanan yang kurang memuaskan. Maka pilihlah yang benar-benar profesional, agar tidak ada kekecewaan sehingga dapat menikmati perjalanan wisata dan pulang membawa kenangan yang indah.


Memang di dunia ini tidak ada yang sempurna, namun berhati-hati dalam menentukan pilihan itu akan lebih baik daripada secara serampangan. Ini dapat meminimalisir hal-hal buruk yang mungkin dapat terjadi, agar tidak mendatangkan permasalahan.


Berikut ini adalah Tahapan-tahapan Ketika Ingin Menggunakan Jasa Biro Wisata:


Membentuk Panitia


Jika peserta yang ikut dalam jumlah banyak maka perlu dibentuk panitia, ini untuk memudahkan dalam proses komunikasi dan negosiasi serta menjadi penghubung antara peserta dan biro wisata. Dengan kata lain, panitia adalah perwakilan dari peserta.


Mencari Informasi


Mula-mula yang harus dilakukan adalah dengan mencari informasi, silakan tanya kepada teman, keluarga, atau siapa saja yang pernah menggunakan jasa biro wisata.


Tanyakan tentang bagaimana pelayanan dan fasilitas yang diberikan, jika memuaskan silakan tanyakan juga alamat atau nomor teleponnya.


Atau Anda juga dapat mencari informasi melalui internet, di sana banyak sekali situs-situs yang dijadikan sebagai media promosi maupun yang memberikan informasi berbagai biro wisata.


Komunikasi


Setelah mendapatkan informasi yang diinginkan, sebagai perbandingan pilihlah lebih dari 1 dan usahakan yang berada dekat dengan kota Anda atau paling tidak masih dalam satu propinsi.


Tanyakan tentang pelayanan, fasilitas, serta biayanya. Biasanya terdapat beberapa paket wisata, namun semua itu dapat dirubah sesuai kesepakatan kedua belah pihak.


Tanyakan tentang pelayanan, fasilitas, serta biayanya. Biasanya terdapat beberapa paket wisata, namun semua itu dapat dirubah sesuai kesepakatan kedua belah pihak.


Negosiasi


Sebagai bentuk transparansi maka panitia perlu menyampaikan terlebih dahulu segala informasi yang didapatkan saat berkomunikasi dengan biro kepada para peserta. Namun jika dirasa kurang simple, silakan lakukan negosiasi sekaligus pada tahap komunikasi.


Besaran biaya biasanya dipengaruhi oleh objek wisata yang dikunjungi karena akan ada perbedaan harga tiket masuk di dalamnya. Juga akan dipengaruhi oleh berbagai fasilitas seperti alat transpotasi, penginapan, konsumsi, dan lain-lain.


Menentukan pilihan


Setelah melakukan komunikasi dan negosiasi maka kini saatnya menentukan pilihan, pertimbangkanlah dengan sebaik-baiknya. Kuncinya adalah terletak pada seberapa besar biaya yang ditawarkan.


Berhati-hatilah jika dengan biaya murah namun dijanjikan fasilitas mewah, jangan mudah percaya dengan itu. Bagaimana tanggapan orang-orang yang pernah menggunakan jasa biro itu juga seharusnya dijadikan sebagai bahan pertimbangan.


Biasanya negosiasi yang alot terkait besaran biaya, justru itulah yang profesional karena mereka tidak mau menurunkan harga jika harus mengurangi pelayanan.


Jika harga mudah sekali ditawar, biasanya pelayanan yang akan dikurangi. Seperti menu makanan, fasilitas bus pariwasata, kualitas penginapan, dan lain-lain.


Presentasi


Yang dimaksud presentasi di sini bukanlah sebagai bentuk penawaran dari biro wisata terpilih, namun untuk memberikan berbagai informasi kepada para peserta perihal kegiatan wisata yang akan dilaksanakan. Sehingga peserta juga dapat bertanya langsung apabila ada yang belum jelas.


Pembayaran


Setelah menentukan pilihan kini saatnya melakukan pembayaran, biasanya pihak biro akan meminta beberapa persen dari total jumlah biaya yang disepakati. Untuk pelunasannya dapat dilakukan sebelum keberangkatan dan sebaiknya dikurangi beberapa persen dari total biaya dibayarkan pada obyek wisata terkahir yang dikunjungi.


Penting


Usahakan mereka yang selama ini bertindak mewakili biro hingga terjadinya kesepakatan ikut serta dalam perjalanan wisata, agar jika ada pelayanan dan fasilitas yang tidak sesuai dengan yang telah dijanjikan lebih mudah untuk meminta penjelasan dan pertanggungjawaban.


Itulah tahapan-tahapan yang dilalui ketika ingin menggunakan jasa biro wisata. Semua itu dilakukan dengan harapan agar kegiatan wisata lebih mudah dan lancar, sehingga benar-benar dapat menikmati perjalanan wisata tanpa harus memikirkan ini dan itu.


Semoga bermanfaat...

Load comments