Tips Jika Ingin Membangun Rumah Menggunakan Arsitek

Tips Jika Ingin Membangun Rumah Menggunakan Arsitek

Tips Jika Ingin Membangun Rumah Menggunakan Arsitek

Jasa arsitek bukan hanya diperlukan ketika hendak membangun gedung bertingkat atau perkantoran saja, namun rumah yang diperuntukkan sebagai tempat tinggal pun akan lebih baik jika menggunakannya. Karena rumah seharusnya juga mempunyai desain, tata ruang, dan kontruksi yang baik, sehingga akan memberikan kenyamanan dan keamanan bagi penghuninya.


Perkiraan jumlah biaya yang harus dikeluarkan dalam suatu bangunan juga merupakan alasan mengapa sebaiknya menggunakan jasa dari arsitek, karena dengan begitu kita akan mengetahui berapa perkiraan total dana yang dibutuhkan secara tepat dan akurat.


Berbeda jika asal membangun, belum tentu uang yang disediakan akan mencukupi. Walaupun pada awalnya mungkin diperkirakan cukup untuk membiayai pembangunan rumah hingga rampung dan benar-benar siap dihuni. Karena hal ini membutuhkan perhitungan yang tidak mudah, serta memang akan lebih baik jika dilakukan oleh ahlinya.


Gambar kerja yang dibuat oleh arsitek juga berperan dalam kelancaran pembangunan, karena akan menjadi panduan bagi tukang dalam mengerjakannya. Berbeda jika tak memilikinya, tentu pekerjaan tidak akan cepat selesai karena tukang juga harus ikut berpikir tentang bagaimana kontruksi yang baik sesuai dengan desain yang diinginkan. Semakin lama waktu pengerjaannya tentu akan semakin banyak biaya yang harus dikeluarkan.


Apalagi jika harus ada bangunan yang dibongkar kembali karena tidak sesui dengan apa yang diinginkan, ini tentu akan semakin memperlama proses pengerjaannya bukan?


Tanpa adanya perhitungan yang akurat terhadap jumlah setiap materal bangunan yang dibutuhkan, juga dapat memperlama proses pembangunan. Karena kita harus bolak-balik ke toko bangunan untuk membeli kekurangan material, jika tidak ada maka harus menunggu atau mencari ke tempat yang lain. Ini juga dapat berakibat fatal, seperti keramik misalnya.


Jika perhitungan tidak tepat maka apabila ada kekurangan kita harus membeli lagi dengan motif yang sama. Dan yang sering terjadi, tidak mudah untuk mendapatkannya. Sedangkan jika sisa material terlalu banyak, itu berarti terjadi pengeluaran dana yang lebih.


Itulah beberapa alasan mengapa arsitek mempunyai peranan yang penting, walau hanya untuk rumah sebagai tempat tinggal. Dengan menggunakan jasanya, maka ini dapat menjembatani agar memperoleh hasil bangunan benar-benar seperti yang diidam-idamkan.


Pembangunan rumah akan dipengaruhi oleh luas serta kondisi lahan, tata ruang, desain, kontruksi, material, dan dana yang harus dikeluarkan tentunya. Jadi bagi orang yang tidak mengerti benar tentang dunia bangunan, maka sebaiknya gunakanlah jasa dari arsitek.


Lalu bagaimana caranya jika ingin menggunakan jasa arsitek untuk pembangunan rumah yang diperuntukkan sebagai tempat tinggal?


Carilah Informasi


Ini hal pertama yang harus Anda lakukan, silakan bertanya kepada orang-orang yang pernah menggunakan jasa arsitek. Jika tidak ada, carilah di internet karena di dunia maya terdapat begitu banyak situs-situs yang dikelola atau milik arsitek. Carilah informasi yang sebanyak-banyaknya. Anda juga dapat berkonsultasi dengan mereka, walaupun hanya melalui surel/email.


Tentukan Pilihan


Setelah informasi yang didapatkan dirasa cukup, kini saatnya menentukan pilihan. Sesuaikan dengan kemampuan dari keuangan Anda. Jika anggaran untuk biaya jasa arsitek terbatas maka pilihlah yang murah saja, dan sebaiknya juga yang berada paling dekat dengan tempat tinggal Anda. Sehingga untuk bertemu dengannya tidak akan membutuhkan biaya yang banyak.


Memang konsultasi dan pemesanan bisa melalui email, namun bertemu secara langsung itu akan lebih baik. Bagi yang berkantong tebal, tentu saja dapat memilih arsitek yang terkenal walaupun itu berada jauh dari rumah Anda.


Komunikasi


Ceritakan atau paparkan secara jelas seperti apa bangunan rumah yang Anda inginkan, sertakan juga contoh/foto dari desain rumah yang menjadi dambaan Anda. Sampaikan juga perihal dana yang ingin dialokasikan pada bangunan itu, agar sesuai dari anggaran yang tersedia.


Namun jika itu bukanlah suatu masalah, maka hal itu juga tidak perlu disampaikan. Kemudian berikan informasi yang detail tentang apa saja yang dibutuhkan oleh sang arsitek. Tanyakan juga berapa biaya untuk jasa arsiteknya.


Teliti Kembali


Setelah gambar selesai dibuat, telitilah kembali apakah telah sesuai dengan harapan Anda. Jika belum konsultasikan kembali agar direvisi, sehingga Anda dapat mendapatkan kepuasan atas bangunan yang nantinya akan dijadikan sebagai tempat tinggal itu.


Akan tetapi jangan memaksakan karena kita juga harus dapat menerima saran-saran dari sang arsitek, bukankah mereka adalah ahlinya?


Itulah beberapa Tips Jika Ingin Membangun Rumah Menggunakan Arsitek. Usahakan untuk menggunakan pekerja bangunan yang profesional, agar kelak hasil karya dari arsitek pilihan Anda dapat diwujudkan dalam bentuk bangunan rumah secara maksimal.


Akan menjadi suatu kerugian, jika terdapat banyak kekurangan dalam proses pembangunannya. Baik itu dari segi ketepatan ukuran, kerapian, waktu pengerjaan yang dibutuhkan, dan lain-lain.


Semoga bermanfaat...

Load comments