Tips Memilih Biro Wisata agar Tidak Kecewa

Tips Memilih Biro Wisata agar Tidak Kecewa

Tips Memilih Biro Wisata agar Tidak Kecewa

Tujuan menggunakan jasa dari biro wisata adalah untuk memudahkah ketika hendak mengunjungi objek wisata, apalagi jika diikuti oleh banyak peserta. Betapa repotnya jika harus mencari sarana transportasi sendiri, juga menyediakan konsumsi secara teratur sesuai jadwal.


Apalagi jika berlangsung beberapa hari, tentu harus menyediakan penginapan bukan?


Dengan memanfaatkan fasilitas yang disediakan oleh biro wisata, sebagai peserta tidak perlu memikirkan tentang sarana transportasi yang digunakan, tempat menginap, rumah makan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi, guide, tiket masuk objek wisata, serta rute perjalanannya.


Jadi peserta dapat menikmati perjalanan wisatanya secara mudah dan nyaman, karena berbagai fasilitas guna menunjang kelancaran kegiatan itu telah tersedia dan ada yang mengaturnya.


Namun menentukan pilihan terhadap biro wisata secara tepat kadang bukanlah perkara yang mudah, karena mereka pasti akan menawarkan pelayanan terbaik. Tentu saja itu wajar, hal ini dilakukan sebagai upaya dari mereka agar Anda tertarik untuk bekerja sama yaitu menjadi pengguna jasanya.


Berhati-hatilah agar tidak kecewa, karena tidak ada yang menawarkan fasilitas dan pelayanan yang buruk. Untuk itu, sebagai bahan pertimbangan simaklah tips berikut ini:


Alamat Kantor


Hal pertama yang dilakukan adalah dengan mencari informasi dimana terdapat biro wisata, Anda dapat bertanya kepada keluarga, teman, dan orang-orang yang pernah menggunakannya. Jika tidak ada carilah di internet, di sana banyak sekali bertebaran situs-situs yang merupakan milik dari biro wisata.


Mengetahui alamat kantornya adalah suatu yang teramat penting, karena apabila tidak ada kantornya jika kelak ada permasalahan akan sangat merepotkan. Sebaiknya mengumpulkan beberapa informasi dari beberapa biro wisata, agar dapat membandingkannya.


Legalitas Perusahaan


Periksa kelengkapan atas ijin usahanya secara teliti, jika tidak memilikinya maka berpikirlah dua kali jika ingin menggunakannya. Jika memiliki, ini menunjukan kelegalitasannya sehingga akan menandakan keprofesionalannya.


Paket Wisata


Mereka biasanya memiliki beberapa paket wisata, yang terdiri dari objek wisata tujuan dan fasilitas yang ditawarkan lengkap dengan harganya. Biasanya ini bisa dinego, maka sesuaikanlah dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Kemudian bandingkan antara biro yang satu dengan lainnya, pilihlah yang paling wajar. Artinya semakin mewah fasilitas yang ditawarkan, tentu akan semakin mahal biayanya. Begitu pun sebaliknya, semakin murah tentu akan sebanding fasilitas yang akan Anda dapatkan.


Jadi jangan percaya dengan harga murah namun fasilitas mewah. Lebih baik sedikit mahal namun benar-benar memuaskan, daripada lebih murah tapi mengecewakan.


Track Record/Rekam Jejak


Ini sangatlah penting maka bertanyalah kepada orang-orang yang pernah menggunakan jasanya, bagaimana fasilitas dan pelayanan yang diberikan.


Apakah memuaskan apa tidak, sesuai dengan apa yang dijanjikan atau tidak. Jika tidak ada, carilah informasi melalui internet karena di zaman modern ini seharusnya mereka memiliki situs sendiri. Di sana biasanya ada komentar-komentar dari konsumen yang pernah memanfaatkan jasanya.


Carilah informasi sebanyak-banyaknya, bukan hanya melalui situs miliknya saja. Intinya carilah informasi mengenai track recordnya dari berbagai sumber, dan pastikan itu bukan dari orang-orang yang nota bene adalah bagian dari biro wisata itu sendiri. Dengan mengetahui rekam jejaknya, maka Anda akan mengetahui bagaimana pelayanan dan fasilitas yang diberikan oleh mereka.


Itulah beberapa Tips Memilih Biro Wisata, ingatlah jangan percaya begitu saja terhadap apa yang ditawarkannya apalagi jika tidak wajar. Artinya janganlah mudah percaya dengan kata-kata manisnya, justru jika proses negoisasi biaya berjalan alot maka itulah yang benar-benar ingin memberikan yang terbaik. Bukankah ada harga, ada rupa?


Jadi jangan memilih jika harga yang ditawarkan jauh di bawah standar biaya yang berlaku secara umum, karena ini biasanya berhubungan dengan fasilitas dan pelayanan yang akan Anda dapatkan.


Semoga bermanfaat...

Load comments