Cara Cermat Memilih Bus Pariwisata

Jangan asal memilih/menyewa bus pariwisata, karena berhubungan dengan kenyamanan dan kelancaran perjalanan wisata Anda. Jadi cermatlah dalam menentukan pilihan.
Cara Cermat Memilih Bus Pariwisata

Berwisata memang sangat menyenangkan, selain untuk berekreasi juga dapat menambah pengetahuan dan pengalaman. Agar semua itu dapat diperoleh secara totalitas, maka dibutuhkan beberapa sarana sebagai penunjanganya.

Salah satu faktor yang sangat berpengaruh terhadap kelancaran dan kenyamanan dalam perjalanan wisata adalah alat transportasi. Semakin baik dan berkualitas, tentu akan memberikan kenyamanan dan kepuasan.

Bus Pariwisata merupakan salah satu alat transportasi yang paling umum digunakan untuk menghantarkan rombongan wisata. Perusahaan yang bergerak dalam bidang ini akan memberikan penawaran yang beragam kepada calon konsumennya, dan sepertinya memang tidak bisa dipandang sebelah mata dalam memilihnya.

Berikut ini cara cermat dalam memilih bus pariwisata:

Dalam memilih dan menentukan bus pariwata yang akan disewa, dapat berpatokan apakah dana menyesuaikan bus pariwisata atau bus pariwisata yang menyesuaikan dananya. Ada harga ada rupa, semakin berkualitas juga kemungkinan akan semakin mahal bukan?

Tentukan waktu pelaksanaan serta jumlah pesertanya, ini akan sangat berguna untuk menentukan jumlah bus yang hendak disewa serta besaran biayan yang dibutuhkan.

Agar mendapatkan bus pariwisata sesuai dengan harapan, sebaiknya dalam mencari dan menentukan pilihan hingga terjadinya kesepakatan jangan mendadak. Semakin jauh rentang waktunya, akan semakin baik.

Carilah informasi beberapa bus pariwisata sebagai bahan perbandingan dengan bertanya kepada teman, kerabat, dan orang-orang yang pernah menggunakan jasa bus pariwisata, atau melalui media internet. Tanyakan mengenai kualitas bus, fasilitas, pelayanan, dan harga sewanya.

Jika telah mengantongi beberapa informasi yang dibutuhkan, segera hubungi kantor perusahaan bus yang dimaksud. Jika memungkinkan akan lebih baik apabila mendatangi kantornya secara langsung, agar lebih jelas informasi yang didapatkan daripada melalui telepon atau email.

Tanyakan tentang kualitas armada bus yang tersedia, seperti penampakan eksterior, interior, tahun, karoseri, dan lain-lain. Semakin baru teknologi yang ditanamkan, juga akan semakin baik. Kenyamanan juga mungkin dapat dipengaruhi oleh brand, apakah Mercedez Benz, Scania, Hino, atau lainnya.

Tanyakan fasilitas kenyamanan yang disediakan seperti TV/LCD, AC, wifi, reclining seat, dan lain-lain.

Tanyakan juga apa yang akan dilakukan oleh perusahaan bus tentang beberapa kemungkinan terburuk seperti jika AC tidak berfungsi dengan baik/mati total, terjadi kerusakan hingga membutuhkan beberapa waktu untuk memperbaikinya, hingga apabila bus mengalami masalah hingga tidak dapat melanjutkan perjalanan.

Tanyakan juga tentang berbagai biaya yang timbul selain dari sewa bus, seperti parkir, tol, penyeberangan (jika menyebrang). Bagaimana biaya untuk konsumsi sopir juga kernetnya serta penginapannya (jika menginap).

Sampaikan kepada pihak bus jumlah peserta rombongan wisata dan waktu pelaksanaannya, kemudian mintalah saran berapa jumlah bus yang harus disewa agar tidak berdesak-desakan atau untuk menghindari jarak tempat duduk yang terlalu sempit sehingga nyaman dalam perjalanannya.

Setelah mendapatkan informasi beberapa bus pariwisata, kini saatnya menentukan pilihan.

Itulah cara dalam memilih bus pariwisata. Sebelum melakukan kesepakatan dengan perusahaan bus terpilih, tentukan waktu pelaksanaan dan jumlah peserta wisata dengan pasti.

Jika telah terjadi kesepakatan, lakukan pembayaran sesuai teknis yang telah disepakati. Jangan lupa mintalah denah tempat duduknya, karena ini sangat penting untuk mengatur posisi tempat duduk masing-masing peserta.

Semoga bermanfaat...

Baca juga :
Menulis dan berbagi sesuatu yang dapat bermanfaat itu menyenangkan.