Inilah Alasan Kucing Memakan Rumput

Inilah Alasan Kucing Memakan Rumput

Inilah Alasan Kucing Memakan Rumput

Pada dasarnya kucing termasuk hewan pemakan daging (karnivora). Ini ditandai dengan giginya yang bertaring, sama halnya dengan anjing, harimau, singa, dan hewan-hewan pemakan daging lainnya.


Hewan karnivora tidak akan mengunyah makanannya, namun akan menggigit, merobek, kemudian langsung menelannya. selain daging ia juga sangat menyukai ikan.


Tidak seperti hewan yang tergolong dalam jenis herbivora, dimana hewan pemakan tumbuhan seperti sapi, kerbau, kambing, dan lain-lain ini akan mengunyah makanannya hingga lembut sebelum menelannya. Ini dikarenakan karena ia memiliki gigi geraham yang memang berfungsi untuk mengunyah makanan.


Lalu, apakah aneh jika kucing memakan rumput?


Mungkin memang terlihat aneh, karena sepertinya ini tak lazim. Bukankah gigi kucing tidak seperti hewan herbivora yang mengunyah makanannya hingga lama sebelum menelannya?

Sebenarnya kucing memakan rumput bukanlah merupakan hal yang tak aneh, karena memang ada alasannya kenapa hewan tersebut memakan rumput.


Jadi kucing memakan rumput bukan berarti merupakan sebagai bentuk evolusi dari hewan rumahan yang menggemaskan ini atau bukan karena tidak ada makanan.


Sepertinya ini merupakan pola makan alami, karena rumput seperti halnya sayuran yang dapat berfungsi sebagai sumber serat untuk melancarkan proses pencernaan.


Namun ini bukanlah alasan utama, karena kucing hanya memakan sedikit rumput saja.


Seperti kita ketahui, kucing adalah hewan berbulu yang gemar menjilati tubuhnya. Ini merupakan cara yang ia gunakan untuk membersihkan tubuhnya atau sebut saja itu merupakan cara untuk mandi.


Inilah Alasan Kucing Memakan Rumput

Ketika menjilati tubuhnya, bulu-bulu itu ada yang ikut tertelan sehingga terkumpulah/menggumpal menjadi bola bulu (hairball) di dalam pencernaannya.


Hairball ini tentu saja akan sulit untuk dicerna, sehingga kucing perlu untuk memuntahkannya.


Nah untuk membantu memuntahkan bola bulu itu maka kucing memakan rumput.


Ketika kucing memakan rumput pastinya langsung ditelan tanpa dikunyah terlebih dahulu, sehingga rumput itu tak mudah melewati tenggorokannya.


Ini akan menyebabkan rasa tidak nyaman di tenggorokan si kucing, rasa tak nyaman di tenggorakan ini menimbulkan rangsangan untuk muntah. Ketika kucing itu muntah, maka gumpalan bulu yang berada di dalam tubuhnya juga akan ikut keluar.


Jadi alasan kucing memakan rumput yaitu untuk merangsang rasa ingin muntah, untuk mengeluarkan bola bulu yang berada di dalam pencernaannya.


Tak percaya jika kucing memakan rumput?


Atau belum percaya tapi belum pernah melihatnya?


Berikut videonya jika kucing ternyata memang benar-benar juga memakan rumput.



Bagaimana benar bukan jika kucing itu ternyata juga makan rumput?


Semoga bermanfaat...

Load comments