Berwisata Keliling Taman Mangrove Pekalongan Jawa Tengah

Berwisata mengelilingi hutan mangrove bukan hanya dapat menikmati pemandangan alam saja, namun juga akan menyadarkan kita bagaimana tanaman ini sangat penting sebagai penahan gelombang air laut agar tak menggerus daratan.
Berwisata Keliling Taman Mangrove Pekalongan Jawa Tengah

Pekalongan yang terkenal dengan batiknya, ternyata juga mempunyai destinasi wisata alam yaitu Taman Mangrove Pekalongan atau dengan kata lain Pekalongan Mangrove Park. Ini merupakan tempat wisata alam yang menyuguhkan pemandangan tanaman mangrove yang menakjubkan, sehingga patut Anda kunjungi.

Destinasi wisata alam yang berada pada pantai utara di pulau Jawa ini tepatnya terletak di Jalan Panjang Indah, Panjang Baru, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Propinsi Jawa Tengah.

Ketika memasuki pintu gerbang kawasan wisata yang banyak ditumbuhi oleh tanaman mangrove yang telah beroperasi pada tahun 2005 ini, pengunjung akan mendapati Kantor Pusat Informasi Taman Mangrove Pekalongan.

Di seberang jalan tepatnya depan kantor tersebut terdapat shelter di atas air yang dapat Anda gunakan untuk menikmati indahnya hamparan air yang ditumbuhi tanaman mangrove. Anda dapat berfoto ria pada shelter-shelter itu sehingga sungguh dapat dijadikan sebagai kenangan yang sangat berkesan.

Jika ingin mengarungi lebih dalam taman mangrove ini, Anda dapat menaiki perahu yang telah disediakan bersandar di dekat shelter. Sampai saat artikel ini ditulis, untuk berkeliling cukup hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp. 10.000 (sepuluh ribu rupiah) untuk setiap orangnya. Ini sungguh tarif yang murah sekali, bila dibanding dengan apa yang akan di dapatkan dari pemandangan alam yang disuguhkan.

Bukan hanya pemandangan hamparan tanaman mangrove yang sesekali terlihat burung camar terbang, kemudian hinggap di antara batang-batang dan akar-akar mangrove itu. Namun Anda juga akan disuguhi dengan bekas bangunan yang telah rusak dan usang, yang kini telah terendam air laut.

Dengan melihat secara langsung terhadap beberapa bangunan yang terendam itu, sungguh dapat menyadarkan kita betapa benar adanya bahwasanya air laut dari hari ke hari semakin menggerus daratan saja. Sehingga ini juga menjadi bukti bahwa tanaman penahan gelombang air laut ini memang sangat bermanfaat.

Berwisata dengan mengunjungi tempat-tempat seperti ini, selain dapat dijadikan sebagai media untuk melepas penat dari rutinitas keseharian juga akan menambah wawasan bagi kita tentang betapa pentingnya menjaga alam ini. Di tempat ini sungguh akan menyadarkan kita, betapa tanaman penahan gelombang air laut ini sangatlah penting keberadaannya.

Silakan lihat video di bawah, menikmati pemandangan alam Taman Mangrove Pekalongan lebih dalam dengan mengelilinginya.

Bagaimana apakah Anda tertarik untuk berkunjung ke sana?

Semoga bermanfaat...

Baca juga :
Menulis dan berbagi sesuatu yang dapat bermanfaat itu menyenangkan.