Jangan Asal Bikin Tangga untuk Teras Rumah

Jangan Asal Bikin Tangga untuk Teras Rumah


Sungguh penting membuat tangga yang benar-benar memenuhi syarat aman dan nyaman ketika digunakan. Mulai dari desain, tinggi dan lebar anak tangga, serta bagaimana membuat permukaannya agar tidak licin sehingga tidak membahayakan. Terlebih lagi untuk tangga teras rumah walaupun yang hanya terdiri satu atau dua anak tangga saja.


Tangga teras rumah yang langsung bebenturan dengan alam, sering kali akan basah ketika hujan. Entah itu karena saking lebatnya atau hanya terkena percikan air hujan yang memantul dari pelataran, sehingga dapat membuatnya menjadi licin dan ini sepertinya akan sulit untuk di hindari. Tangga yang licin tentu saja akan sangat membahayakan, karena dapat membuat terpeleset.


Foto di atas merupakan contoh tangga yang mudah licin ketika terkena air hujan. Menggunakan keramik dengan permukaan yang halus dan tanpa adanya step nosing telah banyak membuat orang terpeleset hingga terjatuh.


Dengan melihat kondisi di atas, sepertinya permukaan tangga yang kasar akan lebih aman. Paling tidak akan mengurangi kelicinan ketika dalam keadaan basah. Step nosing juga amat sangat diperlukan, karena ini akan memberikan kenyamanan dan keamanan ketika menaiki tangga. Jika anak tangga lebih dari 3 sebaiknya dipasang railing.


Intinya jangan asal ketika membuatnya, perhitungkanlah agar dapat digunakan secara aman dan nyaman dalam segala kondisi. Terutama permukaan tangga yang bisa saja mudah licin ketika basah. Jangan hanya mempertimbangkan dari segi estetikanya saja, karena keselamatan adalah hal yang utama.


Silakan baca juga: Tips Membuat Tangga yang Baik dan Benar


Apalah artinya dengan desain yang wah jika mengabaikan keselamatan penggunanya, namun tentu saja akan sangat baik jika dapat memadukan antara keindahan, keamanan, dan kenyamanan. Jadi berikan perhatian yang serius ketika membuatnya.


Semoga bermanfaat...

Load comments