Memodifikasi Meja Kerja Biasa Menjadi Meja Komputer

Memodifikasi Meja Kerja Biasa Menjadi Meja Komputer

Memodifikasi Meja Kerja Biasa Menjadi Meja Komputer

Di zaman modern ini penggunaan komputer semakin pesat saja, terlebih lagi untuk bekerja. Dahulu mengetik menggunakan mesin tik, namun sekarang telah beralih menggunakan komputer. Perangkat ini juga dapat digunakan untuk menyimpan berbagai file, seperti tulisan, gambar, serta video bahkan dapat dihubungkan dengan internet.


Lazimnya untuk menggunakan perangkat ini maka diperlukan meja khusus, atau meja kerja/kantor yang memang telah didesain untuk dapat difungsikan juga sebagai meja komputer.


Perangkat komputer setidaknya terdiri dari CPU, monitor, dan keyboard. Belum lagi untuk urusan audio dibutuhkan salon, sehingga sudah semsetinya jika perangkat komputer diletakkan pada meja khusus agar nyaman ketika digunakan.


Jika belum memiliki meja komputer tentu saja dapat membelinya di toko-toko furniture atau memesannya pada tukang furniture.


Tetapi jika ingin irit tempat dan biaya, Anda dapat memodifikasi meja kerja yang ada menjadi meja dapat difungsikan sebagai meja komputer.


Dengan demikian tak perlu membeli meja komputer. Cukup mengeluarkan sedikit biaya saja, meja biasa dapat disulap menjadi meja kerja sekaligus meja komputer.


Caranya cukup mudah, intinya hanya membuat tempat untuk meletakkan keyboard komputer dan melubangi meja sebagai tempat kabel penghubung antar perangkat penyusun komputer.


Siapkan bahan-bahan berikut:

  • Sediakanlah papan (bisa menggunakan kayu atau playwood) setidaknya berukuran 45 cm x 25 cm

  • 2 buah rel (bisa dibeli di toko bahan bangunan)

  • baut


Keyboard komputer rata-rata berukuran 45 cm x 15 cm, maka panjang papan dapat dibuat 45 cm atau lebih, bisa juga disesuaikan dengan panjang kolong meja. Untuk lebarnya bisa dibuat minimal 25 cm, karena lebar keyboard komputer juga bervariasi.


Setelah papan dipotong sesuai ukuran yang diinginkan, pasanglah rel pada kedua sisi papan dan meja menggunakan baut. Sesuaikan letak rel agar ketika papan itu ditarik ke luar, minimal 80% permukaan keyboard dapat berada di luar.


Langkah selanjutnya adalah melubangi meja sebagai tempat kabel penguhung antara CPU dan monitor atau CPU dan keyboard. Lubang bisa dibuat di samping, depan, atau pada permukaan meja. Ini tergantung dimana CPU akan diletakkan, apakah pada kolong atau di luar meja.


Itulah cara untuk memodifikasi meja kantor biasa agar dapat difungsikan juga sebagai meja komputer.


Dengan cara ini maka tak perlu membeli meja baru bukan?


Semoga bermanfaat...

Load comments