Penerapan 3 Jenis Lampu pada Rumah Tempat Tinggal Menurut Fungsinya

Penerapan 3 Jenis Lampu pada Rumah Tempat Tinggal Menurut Fungsinya

Penerapan 3 Jenis Lampu pada Rumah Tempat Tinggal Menurut Fungsinya

Lampu dibutuhkan sebagai sumber pencahayaan manakala ruang membutuhkan penerangan, terlebih lagi jika hari telah mulai gelap. Namun jenis lampu berbeda-beda, sehingga perlu ketepatan dalam memilih dan menerapkannya agar dapat berfungsi secara maksimal.


Selain itu estetika juga menjadi pertimbangan, baik aksesoris maupun warna cahaya yang dihasilkannya. Dengan demikian lampu bukan hanya dijadikan sebagai penerang saja, dengan penempatan yang tepat akan tercipta suatu nuansa tersendiri.


Ada 3 jenis lampu menurut fungsinya, yaitu:


General Lamp, merupakan lampu sebagai alat penerangan yang digunakan secara umum hampir pada seluruh ruang di rumah. Cahaya yang dihasilkannya merata ke segala penjuru ruangan, sehingga dapat diterapkan pada seluruh ruang. Lampu jenis ini juga dapat diterapkan untuk penerangan di luar rumah.


Decorative Lamp, merupakan lampu hias yang diperuntukkan untuk menambah estetika baik interior maupun eksterior.


Task Lamp, merupakan jenis lampu khusus yang digunakan untuk menerangi aktivitas tertentu.


Berikut penerapan dari ketiga jenis lampu di atas untuk rumah tempat tinggal:


Ruang Tamu


Bukan hanya untuk tamu saja kadang ruang ini juga difungsikan untuk melaksanakan aktifitas yang melibatkan banyak orang, seperti giliran pengajian atau hajatan misalnya.


Sehingga greneral lamp cocok diterapkan pada ruang ini, karena cahaya yang dihasilkannya merata pada seluruh penjuru ruangan.


Namun jika ingin menghadirkan estetika, decorative lamp dapat pula diterapkan di sini, seperti standing lamp misalnya.


Dengan demikian akan terdapat 2 jenis lampu di sini yaitu ketika menginginkan cahaya yang terang benerang maka gerneral lampulah yang dihidupkan, sedangkan decorative lamp digunakan ketika pada hari-hari biasa.


Ruang Keluarga


Sama halnya dengan ruang tamu, ruang keluarga juga membutuhkan cahaya yang merata namun juga perlu dihadirkan nuansa yang indah di dalamnya. Pada saat-saat tertentu juga diperlukan lampu khusus, seperti ketika membaca misalnya. Maka ketiga jenis lampu di atas dapat diterapkan pada ruang untuk berkumpul keluarga ini, namun penggunaan lampu tentu harus disesuaikan dengan kebutuhan saja.


Ruang Kerja


Pencahayaan yang terang dan merata diperlukan di sini, pada saat tertentu juga dibutuhkan cahaya yang terang dan lebih fokus. Maka general lamp dan task lamp adalah jenis lampu untuk tempat ini.


Kamar Tidur


Pada dasarnya ruang ini berfungsi sebagai tempat untuk beristirahat, namun aktifitas yang lain juga sering ada di sini yaitu berias, belajar, dan membaca. Maka dibutuhkanlah task lamp pada tempat ini, hanya saja penggunaannya perlu disesuaikan dengan aktifitasnya. Seperti ketika tidur menggunakan lampu meja.


Ketika tidur akan menggunakan lampu dengan cahaya yang redup, karena membutuhkan ketenangan. Sedangkan ketika berias membutuhkan cahaya yang terang, dan ketika belajar atau membaca dibutuhkan cahaya yang lebih terang lagi.


General lamp juga diperlukan pada kamar tidur, karena ruang ini juga membutuhkan cahaya yang merata dan task lamp hanya akan dihidupkan sesuai aktifitas yang dilakukan pada tempat ini.


Ruang Makan


General lamp adalah lampu utama yang cocok digunakan pada tempat ini. Namun pada saat-saat tertentu kadang juga perlu menghadirkan keindahan bahkan suasana romantis pada tempat ini, sehingga decorative lamp perlu juga diterapkan pada ruang makan. Penggunaan kedua jenis lampu tersebut disesuaikan dengan kebutuhan.


Dapur


Diperlukan cahaya yang terang dan merata pada ruang untuk memasak ini, maka general lamp adalah jenis lampu yang digunakan pada tempat ini. Task lamp juga dapat digunakan ketika membutuhkan pencahayaan yang terang dan fokus, seperti saat memotong atau mengiris bahan masakan.


Kamar Mandi


Ruang ini membutuhkan cahaya yang merata agar aktifitas di sini dapa dilakukan dengan baik, maka jenis lampu yang diperlukan adalah general lamp.


Teras


Decorative lamp cocok diterapkan pada teras rumah, dapat dipasang pada samping kanan dan kiri pintu atau lampu gantung yang dipasang tempat di atas teras. Sedangkan tangga dapat diterangi dengan menggunakan task lamp atau general lamp.


Taman


Taman akan semakin indah pada malam hari dengan menghadirkan cahaya yang berasal dari decorative lamp yang berupa lampu taman.


Halaman dan Jalan


Halaman perlu pencahayaan yang merata, begitu pula dengan jalan terutama yang berada di depan rumah. Maka general lamp diperlukan sebagai alat penerang pada tempat ini.


Itulah 3 jenis lampu yang biasa ditemukan pada rumah sebagai tempat tinggal, dimana masing-masing mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Tempatkan secara tepat, kemudian gunakanlah dengan bijak sesuai dengan kebutuhan saja agar tidak terjadi pemborosan pemakaian energi listrik.


Semoga bermanfaat...

Load comments