Tinggi Minimal Teras dan Halaman Rumah dari Permukaan Jalan

Ketinggian teras rumah menjadi kunci ketika harus menaikkan halaman yang harus menyesuaikan dengan permukaan jalan yang naik akibat dari adanya perbaikan.
Tinggi Minimal Teras dan Halaman Rumah dari Permukaan Jalan

Halaman rumah yang lebih rendah dari jalan sangat rentan tergenang air, karena kemungkinan besar akan mendapat limpahan air yang berasal dari jalan.

Jika teras hanya beberapa centimeter lebih tinggi dari halaman, ketika hujan deras dan halaman tak mampu menampung air kemungkinan air hujan dapat memasuki rumah atau paling tidak teras akan mudah kotor.

Maka ketika membangun rumah dimana posisi tanah sama tingginya dengan jalan, perlu ada pertimbangan untuk jangka panjang dalam menentukan seberapa tinggi halaman dan terasnya. Hal ini sebagai antisipasi apabila suatu saat jalan rusak dan ada perbaikan tentu ketinggian jalan akan naik walau hanya beberapa centimeter saja.

Foto di atas adalah sebagai contoh halaman yang tergenang air saat hujan deras. Ini merupakan imbas adanya perbaikan jalan, dimana ketinggian jalan dinaikkan sehingga yang pada awalnya halaman rata dengan jalan kini menjadi lebih rendah.

Idealnya halaman rumah selalu lebih tinggi dari jalan atau paling tidak sama rata dengan jalan di depannya, namun titik aman minimalnya adalah 20 cm lebih tinggi dari permukaan jalan dan apabila memungkinkan akan lebih baik jika lebih dari itu. Sehingga mempunyai banyak kesempatan ketika suatu saat harus menaikkannya.

Jika halaman rumah rata dengan jalan, tentu ketika ada kenaikan dari ketinggian jalan akan membuatnya menjadi lebih rendah dan ketika harus menyesuaikannya maka hal ini juga akan berimbas pada teras rumah.

Jika tinggi teras rumah dari halaman kurang dari 20 cm ini bisa merepotkan, apalagi jika kenaikan jalan lebih terjadi lebih dari satu kali.

Sebagai contoh ketinggian halaman dari jalan 10 cm, sedangkan ketinggian teras dari halaman 20 cm. Ketika ketinggian jalan naik 20 cm karena adanya pengurukan, pengecoran, atau alasan lainnya, maka itu berarti permukaan jalan lebih tinggi 10 cm dari halaman.

Jika halaman dinaikan setinggi permukaan jalan, itu berarti ketinggian teras hanya 10 cm dari halaman rumah.

Ketika hujan deras bisa saja air dari jalan tumpah kehalaman rumah karena sama tingginya, jika ketinggian teras rumah hanya 10 cm dari halaman rumah maka rentan kotor bahkan cipratan air bisa saja membasahi teras sehingga teras menjadi kotor dan licin.

Lalu berapa tinggi minimal teras dan halaman rumah dari permukaan jalan?

Tinggi teras dari halaman minimal 20 cm, idealnya 50 cm sebagai antisipasi jika ada kenaikan tinggi permukaan jalan yang mengharuskan menaikan ketinggian halaman.

Tinggi halaman dari jalan setidaknya sama dengan permukaan jalan atau minimal 10 cm. Semakin tinggi tentu akan semakin baik, karena bukan tidak mungkin suatu saat ada perbaikan jalan yang membuat ketinggian jalan naik.

Jadi intinya halaman rumah seharusnya selalu sama atau 10 cm lebih tinggi dari permukaan jalan, dan kuncinya terletak pada ketinggian teras rumah. Semakin tinggi teras rumah akan semakin leluasa pula ketika suatu saat harus menaikkan ketinggian halaman, namun jangan lupakan estetika.

Semoga bermanfaat...

Baca juga :
Menulis dan berbagi sesuatu yang dapat bermanfaat itu menyenangkan.