Cara Mudah Menghilangkan Bau Cat pada Ruangan

Jangan biarkan berlama-lama bau cat di dalam ruangan yang menganggu, segera usir dengan cara mudah berikut ini
Cara Mudah Menghilangkan Bau Cat pada Ruangan

Wajar jika cat dinding yang baru akan menimbulkan bau yang tidak nyaman di dalam ruangan, apalagi cat kayu dan besi yang menggunakan thinner sebagai pengencernya. Bau thinner yang menyengat seperti menusuk hidung hingga rasanya merambat ke otak, akibatnya dapat menyebabkan mual, pusing, bahkan sesak nafas.

Bau yang ditimbulkan dari cat yang baru ini tentu membuat tidak nyaman, hingga membuat tidak betah berlama-lama di dalam ruangan. Memang jika dibiarkan dalam jangka waktu tertentu, bau itu akan hilang dengan sendirinya. Namun tentu Anda tidak mau menikmatinya setiap hari bukan?

Lalu bagaimana cara mengusirnya agar bau itu segera pergi?

Caranya cukup sederhana, bahkan bisa dengan menggunakan benda-benda yang murah dan mudah didapatkan seperti berikut ini:

Perlancar Sirkulasi Udara

Bukalah pintu dan jendela yang menghubungkan dengan area luar rumah, agar sirkulasi udara menjadi lancar. Nyalakan juga kipas angin untuk memperlancar aliran udara, ini juga berfungsi untuk mempercepat proses pengeringan. Jika hanya dinding ruangan tertentu yang dicat, maka tutuplah pintu penghubung dengan ruang yang lainnya agar bau cat tidak menyebar.

Bubuk Kopi

Aromanya yang khas dan tajam dapat digunakan sebagai pengusir bau cat dinding. Silakan isi beberapa mangkok atau wadah lainnya dengan bubuk kopi, kemudian tempatkan pada sudut-sudut ruangan.

Bubuk Vanili

Tempatkan bubuk vanili dalam mangkok dan letakanlah pada sudut-sudut ruang maka keharuman vanili dapat menetralisir aroma dari cat dinding yang baru.

Air dan Garam

Gunakanlah beberapa ember atau baskom, tergantung dari luas ruangan kemudian isilah dengan air lalu campurkan garam secukupnya. Maka campuran air dan garam itu akan menyerap uap cat, sehingga berangsur-angsur bau menyengat dari cat dinding yang baru pun akan hilang.

Arang

Sama halnya dengan campuran air dan garam, arang juga dapat digunakan untuk menetralkan bau cat yang baru. Tempatkanlah pada ember/baskom, tutuplah pintu serta jendela dan biarkan selama 1 malam.

Bawang Bombay

Belah bawang bombay menjadi 2 bagian, letakan pada sudut ruangan secara melintang. Maka bau cat akan berangsur-angsur hilang, sedangkan aroma bawang bombay juga tak tertinggal pada ruang.

Itulah beberapa cara untuk menghilangkan bau cat yang baru, mudah bukan?

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba...

Baca juga :
Menulis dan berbagi sesuatu yang dapat bermanfaat itu menyenangkan.